16 Jasa Pengiriman Motor 2024 : Cepat, Murah & Aman

Jasa Pengiriman Motor – Ketika hendak pindah kota yang jaraknya jauh, kamu mungkin akan pusing bagaimana caranya untuk membawa sepeda motor. Saat ini, jasa ekspedisi bisa mengirimkan barang apa saja, termasuk motor dan mobil.

Ketika mencari jasa pengiriman kendaraan, ada banyak hal yang dipertimbangkan seperti harga dan kualitasnya. Kalau ongkos kirimnya murah namun kualitasnya tidak, bisa jadi motormu akan rusak atau hilang selama perjalanan.

Kalau kualitasnya bagus namun harganya mahal, kamu mungkin juga akan pusing karena tidak mampu bayar. Namun tenang saja, kalau kamu bingung mencari rekomendasi layanan pengiriman motor, ada banyak jasa yang kami rekomendasikan.

Jasa kirim motor yang ada di bawah ini bisa membantu kamu dari packing hingga dikirim ke kota tujuan dengan aman. Hampir semua jasa pengiriman kendaraan ini juga sudah menyediakan asuransi yang menjamin motormu aman. Kira-kira apa saja jasa pengiriman terbaik untuk antarkan motor?

Baca juga: 10 Jasa Pengiriman Mobil Terbaik di Indonesia

Cara Memilih Jasa Pengiriman Motor

Cara Memilih Jasa Pengiriman Motor
Cara Memilih Jasa Pengiriman Motor

Sebelum mengirim, kamu harus membandingkan kualitas tiap ekspedisi untuk mengirim motor, mulai dari review, ongkos kirim, estimasi pengiriman, dll. Jika kamu masih bingung, Ahlinesia sudah membuat beberapa parameter untuk memilih jasa pengiriman motor.

  • Pilih jasa pengiriman motor yang sudah terpercaya dan memiliki alamat kantor yang jelas.
  • Jangan lihat harganya yang murah, tapi lihat kualitas pengirimannya.
  • Ongkos kirim motor transparan sehingga tidak akan ada biaya tambahan.
  • Memiliki estimasi pengiriman yang jelas, jadi kamu bisa mengajukan keluhan apabila motor belum sampai melebihi estimasinya.
  • Menyediakan asuransi perlindungan selama pengiriman jadi jika ada kerusakan ataupun cacat kamu bisa mengajukan klaim.
  • Pilih jasa ekspedisi yang biayanya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhanmu.
  • Pastikan jasa pengiriman yang kamu pilih sudah ada sistem tracking atau pelacakan motor secara real time. Jadi kamu bisa selalu memantau pengiriman secara online.
Baca juga: 5 Jasa Pengiriman Paket Bus Murah

Daftar Jasa Pengiriman Motor Terbaik & Terpercaya

Daftar Jasa Pengiriman Motor
Daftar Jasa Pengiriman Motor

Biasanya pengiriman motor dilakukan menggunakan kendaraan berskala angkut besar seperti kapal atau truk. Berbeda dengan pengiriman barang, ongkos kirim motor biasanya lebih mahal karena bobot, dimensi, dan value lebih mahal.

Jasa pengiriman terpercaya pasti menyediakan asuransi sehingga keamanan motor akan terjamin. Jika ada kerusakan atau hilang saat pengiriman, maka kamu bisa mengajukan klaim.

Mau tahu rekomendasi layanan jasa kirim motor terbaik di Indonesia? Berikut daftar jasa pengiriman terbaik untuk antar sepeda motormu:

1. BIA Trans

BIA Trans
BIA Trans

Pertama, ada jasa kirim motor yang melayani area Jakarta dan Tangerang namanya BIA Trans. Perusahaan satu ini menyediakan pengiriman cargo dan ekspedisi yang diangkut dari Jakarta dan Tangerang untuk dikirim ke berbagai kota yang ada di Indonesia.

BIA Trans sendiri menawarkan fasilitas penjemputan dan kirim motor secara door to door. Jika motor diantar ke wilayah Jawa atau sekitarnya, maka tarifnya adalah Rp 200.000 per satu motor dengan estimasinya 2 hari.

Adapun syarat mengirim motor dengan BIA Trans adalah:

2. Cargonesia

Cargonesia Motor
Cargonesia Motor

Cargonesia adalah salah satu ekspedisi yang berpengalaman dalam menyediakan layanan pengiriman motor. Perusahaan ini juga memiliki jangkauan luas ke berbagai wilayah Indonesia dengan harga yang sangat kompetitif.

Cargonesia bahkan bisa mengirim hingga ke pulau Papua dan Sumatera karena jangkauan luasnya. Ada 3 jenis pengiriman yang bisa kamu pilih ketika menggunakan Cargonesia yaitu lewat darat, laut atau udara.

Keunggulan Cargonesia daripada ekspedisi lain adalah tarif termurah dengan layanan terbaik, layanan customer service yang bisa dihubungi 24 jam, da menyediakan asuransi yang mudah diklaim.

3. Indone Kargo Ekspres (IKE)

Sesuai dengan namanya, IKE adalah perusahaan ekspedisi yang berspesialisasi dalam pengiriman cargo. Bahkan perusahaan ini sudah ada sejak 16 tahun yang lalu, serta sudah melakukan pengiriman motor lebih dari 1.000 setiap tahun ke berbagai wilayah Indonesia.

Kalau kamu ingin menggunakan jasa pengiriman motor terbaik di Indonesia yang bisa sampai dengan cepat, gunakanlah IKE. Perusahaan juga menawarkan jasa packing aman untuk diantar ke tujuan. Jangkauan IKE sendiri luas hingga ke berbagai daerah terpencil di Indonesia.

Karena IKE ini spesialisasi dalam pengiriman cargo, maka perusahaan juga bisa mengirimkan barang berat lainnya seperti properti, mobil, alat berat hingga peti mayat. Ada juga layanan sewa truk di IKE. Lengkap sekali bukan?

Baca juga: 6 Jasa Cargo Darat Terbaik

4. Indah Logistik Cargo

Logo Indah Cargo
Logo Indah Cargo

Indah Logistik Cargo merupakan salah satu jasa pengiriman cargo yang sudah dikenal oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Perusahaan satu ini bisa mengirimkan sepeda motormu dengan murah dan aman hingga tujuan.

Kamu bisa menemukan kantor cabang Indah Cargo dimana-mana, karena sudah kantornya sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, kamu bisa mengirim motor menggunakan transportasi truk atau kereta api.

Adapun tarif pengiriman dari Indah Logistik sendiri cukup murah dan tidak membatasi unit motor yang hendak kamu kirimkan. Setiap satu unit motor yang dikirim juga sudah termasuk dengan asuransi.

5. TIKI

Logo TIKI
Logo TIKI

TIKI memang populer dengan layanan pengiriman dokumen atau paket. Namun, perusahaan ini juga bisa mengirim sepeda motor ke berbagai wilayah Indonesia dengan harga yang terbilang cukup terjangkau.

Jasa pengiriman motor dari TIKI menggunakan layanan trucking service dan ada dua pilihan jalur yang bisa kamu pilih yaitu via darat maupun laut. 

Selain ongkos kirim TIKI yang murah, keunggulan lain dari jasa pengiriman ini adalah menyediakan asuransi. Jadi kalau ada kerusakan pada sepeda motor saat pengiriman, maka kamu bisa mengklaimnya.

6. JNE Trucking (JTR)

JNE Trucking (JTR)
JNE Trucking (JTR)

Daftar jasa kirim kendaraan yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah JNE-JTR. Berbeda dengan layanan JNE lainnya yang lebih berfokus pada paket dengan skala kecil, JNE-JTR ini lebih ke cargo termasuk pengiriman sepeda motor. JNE-JTR sendiri adalah singkatan dari JNE Trucking.

Ada dua jalur yang bisa pengguna pilih yaitu darat dan laut. Kalau ingin menggunakan JNE-JTR, kamu wajib untuk menyertakan dokumen penting lainnya. Biaya pengiriman JNE JTR juga terbilang murah jika dibandingkan dengan perusahaan ekspedisi lainnya.

Baca juga: 11 Jasa Cargo Udara Murah

7. J&T Express

Logo J&T
Logo J&T

Perusahaan selanjutnya yang juga bisa mengirimkan sepeda motor ke berbagai wilayah adalah J&T Express. Biaya kirim motor dengan J&T terbilang murah dengan kualitas yang terpercaya.

Beberapa layanan pengiriman motor dengan J&T sendiri adalah:

  • Layanan J&T EZ, dengan estimasi waktu sekitar 2-3 harian dan bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia.
  • Layanan J&T Super, dengan estimasi sehari hingga 2 hari yang menjangkau seluruh Indonesia kecuali Papua.
  • Layanan J&T ECO, estimasi seminggu hingga 2 minggu yang menjangkau wilayah dan Bali, Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi,

8. Rosalia Express

Rosalia Express
Rosalia Express

Jasa pengiriman motor terbaik selanjutnya adalah Rosalia Express. Kamu bisa mengirim berbagai jenis sepeda motor seperti motor gede, matic sampai bebek sampai ke lokasi tujuan dengan estimasi pengiriman mulai 2 hingga 3 hari. 

Biaya pengirimannya juga sudah termasuk dengan asuransi yang menjamin barangmu aman. Selain itu, Rosalia Express juga menyediakan fasilitas repacking yang disesuaikan dengan standar pengiriman dari Rosalia.

9. Himeji Express

Himeji Express
Himeji Express

Perusahaan selanjutnya yang bisa diandalkan untuk mengirim sepeda motor adalah Himeji Express. Jasa ekspedisi ini berspesialisasi dalam hal pengiriman motor dan bisa mengirimkan hingga ke luar pulau.

Himeji Express dikenal dengan tarifnya yang murah dan layanan yang cepat. Selain sepeda motor, Himeji Express juga bisa mengirimkan berbagai macam barang besar mulai material, mobil, mesin, furniture, alat berat dan sebagainya.

Jasa pengiriman Himeji Express juga melayani door to door, jadi cocok untuk orang yang tidak punya banyak waktu untuk mengantar atau mengambil motor ke kantornya langsung.

Baca juga: 9 Jasa Pengiriman Paket Cairan

10. Wahana Kargo

Logo Wahana
Logo Wahana

Selain mengirim barang berupa dokumen ataupun paket, ternyata ekspedisi Wahana juga melayani kargo. Nah, salah satu layanan kargo yang disediakan oleh Wahana adalah pengiriman sepeda motor.

Keunggulan dari Wahana Kargo adalah bisa melayani pengiriman sepeda motor hingga ke berbagai daerah di Indonesia. Kalau ingin sepeda motor sampai dalam satu hari, kamu bisa menggunakan layanan Next Day.

Selain itu, tarif pengiriman motor dari Wahana juga cukup terjangkau, jadi layak untuk kamu pertimbangkan.

11. Saga Movers

Saga Movers
Saga Movers

Nama perusahaan ekspedisi satu ini mungkin belum terlalu familiar untuk didengar, namanya adalah Saga Movers. Namun, perusahaan ini berspesialisasi dalam pengiriman barang bermuatan besar.

Saga Movers juga sudah mengirimkan berbagai macam barang hingga ke wilayah Indonesia. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh Saga Movers sendiri adalah tarifnya yang murah dengan kualitas terjamin.

Kalau kamu ingin konsultasi terlebih dahulu, perusahaan juga menyediakan layanan konsultasi gratis. Selain pengiriman motor, Saga Movers juga bisa antarkan berbagai macam barang meliputi: mobil, jasa pindahan gudang, dan jasa pindahan kost, rumah, toko atau apartemen.

12. Dakota Cargo

Dakota Cargo
Dakota Cargo

Kalau kamu mencari sebuah jasa pengiriman motor terbaik express dengan sertifikasi halal dan terjamin bagus kualitasnya, maka Dakota Cargo bisa menjadi salah satu pilihanmu. Layanan cargo satu ini memang selalu mengedepankan keamanan, kenyamanan dan harga yang relatif murah.

Jadi tidak heran jika banyak masyarakat yang menggunakan Dakota Cargo untuk mengirim sepeda motor hingga ke luar daerah. Saking terkenalnya Dakota Cargo, perusahaan ini juga sudah bermitra dengan berbagai macam perusahaan besar seperti Phapros, Infomedia, Kalbe, dll.

Baca juga: 8 Jasa Pengiriman Barang ke Luar Negeri

13. Herona Express

Herona Express
Herona Express

Tidak kalah terkenalnya dengan Dakota Express, ada jasa pengiriman motor selanjutnya bernama Herona Express. Perusahaan satu ini menjadi jasa pengiriman kargo terpercaya di Indonesia dan bisa diandalkan untuk mengirimkan sepeda motor.

Kalau kamu mengirim sepeda motor dengan Herona Express, maka ada 4 pilihan jalur yang bisa menjadi pertimbanganmu, yaitu:

  • Station to Station (STS), untuk kamu yang mau mengantarkan sepeda motor ke stasiun dan penerima mengambil ke stasiun tujuan.
  • Station to Door (STD), pengirim antar ke stasiun dan diantar hingga ke lokasi rumah.
  • Door to Station (DTS), perusahaan pick up sepeda motor dan diantar ke stasiun tujuan.
  • Door to Door (DTD), jasa ekspedisi melakukan pickup motor dan diantar langsung ke lokasi rumah.

Selain menyediakan tarif yang murah, Herona Express juga sudah dilengkapi dengan fasilitas tracking sehingga kamu bisa memantau perjalanan sepeda motormu secara real time.

14. Pos Indonesia

Logo Pos Indonesia
Logo Pos Indonesia

Walau Pos Indonesia dikenal dengan layanan pengiriman barang dan dokumen, ternyata jasa ekspedisi terlama di Indonesia ini juga sudah menyediakan jasa kirim motor. Selain motor, kamu yang mengirim barang berat lainnya seperti mobil, properti, dll.

Namun lain halnya dengan jasa pengiriman motor pada umumnya, kalau ingin menggunakan jasa pengiriman barang besar, kamu perlu bernegosiasi terlebih dahulu dengan pihak kantor Pos Indonesia.

Oleh sebab itu, kamu perlu datang langsung ke kantor cabang Pos Indonesia untuk sampaikan pengiriman barang besar. Nah, untuk kapasitas sepeda motor yang dikirimkan, maksimal mesin berkapasitas 250 cc. Adapun berat motor maksimal 150 kg dengan jenis sport, matic hingga bebek.

Baca juga: Jasa Forwarder China ke Indonesia

15. Indah Jaya Express (IJX)

Indah Jaya Express (IJX)
Indah Jaya Express (IJX)

Cari rekomendasi jasa pengiriman motor terbaik selanjutnya? Cobalah untuk menggunakan ekspedisi IJX Express. Ada dua layanan pengiriman motor yang disediakan oleh IJX Express, di antaranya:

Keunggulan dari IJX Express adalah ada harga spesial kalau kamu bergabung sebagai member tetap di perusahaan ini.

16. Klik Logistics

Klik Logistik
Klik Logistik

Jasa pengiriman motor dengan harga terjangkau yang terakhir adalah Klik Logistics. Perusahaan satu ini sudah berpengalaman dalam hal pengiriman logistik, termasuk sepeda motor.

Klik Logistics juga menyediakan fasilitas pick up gratis untuk beberapa layanan pengiriman tertentu. Selain itu, Klik Logistics juga menyediakan jaminan asuransi. Selain sepeda motor, Klik Logistics juga menyediakan beberapa layanan seperti sewa kontainer, kirim mobil, sewa pesawat, kirim alat berat, dan proyek logistik.

Baca juga: 12 Jasa Pengiriman Makanan Terbaik

FAQ

FAQ
Apakah motor bisa dijemput di rumah ?

Ya untuk beberapa ekspedisi seperti TIKI, JNE, Cargonesia dan Indah Cargo.

Bagaimana cara kirim motor lewat jasa ekspedisi?

Silahkan siapkan persyaratan seperti dokumen motor, identitas diri serta biaya ongkir kemudian bawa motor ke jasa ekspedisi terdekat.

Bagaimana cek tarif kirim motor?

Beberapa jasa pengiriman sudah menyediakan fasilitas cek tarif pada website resmi atau aplikasi, silahkan kunjungi.

Baca juga: 10 Jasa Kirim Dokumen Berasuransi

Hal yang perlu kamu ketahui dari jasa pengiriman sepeda motor dibandingkan dengan barang pada umumnya adalah menggunakan layanan ekspedisi kargo. Jadi, jasa pengiriman akan mengandalkan sebuah angkutan barang besar.

Karena akan mengirim sebuah kendaraan berukuran besar, maka moda transportasi yang digunakan adalah kontainer, truk atau kapal dengan jalur pengiriman lewat darat maupun udara.

Itu tadi rekomendasi jasa pengiriman motor ke seluruh Indonesia di beberapa jasa ekspedisi Cargo. Perlu kamu ketahui, hampir semua jasa pengiriman di atas sudah disertai dengan asuransi, ongkos kirim terjangkau, dan sudah terpercaya. Jadi silahkan pilih sesuai kebutuhanmu.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Ahlinesia, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.