Cara Cek Ongkir J&T Cargo, Lebih Mudah dan Murah

Cek ongkir J&T Cargo adalah penting dilakukan sebelum memutuskan untuk mengirim paket dalam ukuran besar. J&T sendiri merupakan salah satu perusahaan logistik di Indonesia yang memudahkan pengiriman barang, baik ukuran kecil, sedang maupun besar.

J&T juga telah menyediakan layanan pengiriman Cargo, yaitu layanan pengiriman barang bervolume besar. Jadi, para pebisnis online akan lebih mudah melakukan proses pengiriman barang dengan ukuran besar.

Cek Ongkir J&T Cargo, Apakah Sulit?

Cek Ongkir J&T Cargo
Cek Ongkir J&T Cargo

Sebelum melakukan pengiriman barang memang sebaiknya Anda melakukan cek biaya ongkir terlebih dahulu. Agar nantinya tahu jumlah biaya yang harus dikeluarkan.

Nah, untuk lebih memahami tentang J&T Cargo dan cara cek ongkirnya, simak ulasan berikut ini.

1. Perbedaan J&T Cargo dengan J&T Express

Saat mendengar nama J&T Express pasti Anda sudah tidak asing, bukan? Namun, apakah Anda sudah mengenal layanan J&T Cargo?

Terdapat beberapa perbedaan antara J&T Express dengan J&T Cargo. Salah satunya, J&T Cargo memiliki identitas brand berwarna hijau. Agar Anda tidak keliru, berikut ini perbedaan J&T Express dengan J&T Cargo lainnya:

  • Pengiriman Cargo sangat cocok untuk pengiriman dalam jumlah besar, sedangkan pengiriman express untuk jumlah kecil.
  • Biaya pengiriman Cargo lebih kecil daripada pengiriman express dengan perbedaan mencapai 50% dari total.
  • Layanan Kargo cocok untuk pengiriman barang ke tujuan yang jauh dengan volume besar. Sedangkan layanan express cocok untuk pengiriman dalam atau luar kota yang lokasinya mudah dijangkau.

2. Ongkir J&T Cargo

Sama halnya dengan layanan logistik pada umumnya, J&T Cargo juga memiliki tarif ongkir yang berbeda-beda, sesuai dengan berat barang dan jarak lokasi tujuan. Adapun berat maksimal pengiriman J&T Cargo yaitu 500 kg dan berat minimalnya 10 kg.

Jika berat barang yang ingin dikirim sebesar 5 kg, maka biaya ongkir yang ditanggung akan sama dengan berat 10 kg. Namun, jika lebih dari 10 kg, maka biaya ongkir akan disesuaikan dengan ketentuan dari pihak J&T Cargo sendiri.

Selain berdasarkan berat barang, jarak juga mempengaruhi biaya ongkir. Semakin jauh dan sulit pihak J&T menjangkau lokasi tujuan, maka biaya ongkirnya pun semakin mahal. Selain itu juga akan mempengaruhi waktu pengiriman.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa ongkir akan semakin murah jika beratnya semakin besar. Misalnya, Anda mengirimkan barang dengan berat 100 kg dari Jakarta ke Tangerang dikenai ongkir Rp. 235.000. Sedangkan barang dengan 10 kg dikenai ongkir Rp.40.000.

Bagi pengusaha online yang biasa mengirim barang bervolume besar, tentu pengiriman dengan J&T Cargo sangat disarankan. Karena perbandingan biaya ongkos kirimnya lumayan fantastis jika dibandingkan dengan menggunakan layanan J&T Express.

Untuk masalah keamanan, tentu tidak perlu diragukan. Karena J&T Cargo juga menyediakan layanan pengiriman via udara dan darat yang dilengkapi dengan sistem full tracking. Sistem yang berfungsi untuk mengetahui posisi barang dengan cepat. 

3. Cara Cek Ongkir J&T Cargo

Untuk memastikan beban biaya ongkir yang harus Anda keluarkan saat akan pengiriman barang, Anda bisa melakukan cek ongkir J&T Cargo sendiri. Cara pengecekannya sangat mudah, bisa melalui aplikasi resminya di Play Store J&T CARGO atau melalui website resmi J&T Cargo seperti berikut:

  • Buka website resmi J&T Cargo di https://www.jtcargo.id/
  • Pada halaman utama, silahkan klik menu “Cek Ongkir” yang ada di bagian sebelah kanan.
  • Selanjutnya, masukkan lokasi pengiriman, lokasi tujuan, berat, dimensi, cara pembayaran serta metode pengiriman sesuai keinginan.
  • Jika sudah, klik tombol “Cek”.
  • Geser potongan puzzle yang ditampilkan pada posisi yang kosong untuk proses verifikasi.
  • Terakhir akan muncul secara lengkap biaya ongkir beserta estimasi pengiriman yang dibutuhkan.

4. Layanan Pengiriman J&T Cargo

Setelah memahami tentang cara melakukan cek ongkir J&T Cargo, selanjutnya ketahui pula beberapa layanan pengiriman J&T Cargo yang tersedia, agar tidak salah pilih layanan. Karena, pada setiap layanan memiliki ketentuan berat yang berbeda.

  • Layanan SLA (Service Level Agreement), yaitu layanan yang menawarkan estimasi waktu pengiriman yang mendukung kecepatan. Misalnya, paket sampai ke lokasi tujuan pada esok pagi hari, hari berikutnya atau hari lusa.
  • Kargo Kecil, yaitu layanan pengiriman barang skala kecil untuk produk-produk pasar grosir, seperti barang-barang elektronik 3C, kosmetik, produk fashion hingga makanan segar ke seluruh wilayah Indonesia. Ini merupakan layanan pengiriman barang dengan berat antara 50-100 kg.
  • Kargo Standar, yaitu layanan dengan tarif ongkir ekonomis, tetapi tetap berkualitas. Ini merupakan layanan pengiriman dengan berat antara 100-300 kg untuk H300 dan 300-500 kg untuk H500.

Akhir Kata

Cek ongkir J&T Cargo adalah hal penting yang biasa dilakukan oleh orang yang hendak mengirimkan barang dengan volume besar. Bagi pebisnis online tentu J&T Cargo menjadi pilihan terbaik, karena menawarkan biaya ongkir yang lebih murah dan layanan yang berkualitas.

 

 

Devi Permata

Tinggalkan komentar