Ekspedisi Kirim Motor Via Kereta Api: Syarat & Cara Kirim

Memang tidak dapat dipungkiri jika banyak orang yang mencari jasa pengiriman motor. Jika itu yang Anda butuhkan, ekspedisi kirim motor via kereta api adalah solusinya, apalagi pengiriman motor dengan kereta api lebih murah dibanding ekspedisi lain. 

Kendati demikian, banyak faktor yang harus Anda ketahui sebelum mengirim motor menggunakan ekspedisi KA ini. Jadi sebelum menggunakan ekspedisi kirim motor via kereta api, sebaiknya Anda mengetahui informasi detail syarat, cara kirim dan tarifnya. 

Keuntungan Kirim Motor Lewat Kereta Api

Kirim Motor Lewat Kereta Api
Kirim Motor Lewat Kereta Api

KAI Logistik Express (KALOG) merupakan program dari PT.KAI yang akan membantu masyarakat dalam hal logistik. Berbagai macam paket/barang bisa dikirimkan, termasuk motor.

Layanan ini mencakup area yang luas, PT.KAI menjadikan pengiriman KALOG ini sebagai pilihan terbaik Anda. Hal ini jelas menjadi keuntungan bagi Anda yang ingin mengirim barang bawaan, termasuk motor.

Selain itu, tentunya masih banyak keuntungan lain yang bisa diperoleh pengguna. Oleh karena itu, sebelum membahas lebih jauh, berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh jika menggunakan ekspedisi kirim motor via kereta api.

  • Jasa logistik KALOG milik PT.KAI memiliki jangkauan logistik yang lebih luas, menjangkau pulau Jawa – Bali dengan kurang lebih 79 titik. 
  • Mengirim motor dengan kereta api juga memudahkan paket di antar sampai ke alamat rumah, jadi tidak hanya sampai di stasiun saja. 
  • Selain itu, PT. KAI juga menyediakan layanan packing, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mengemas/mengamankan paket Anda, termasuk motor yang Anda kirim.  
  • Dan tentunya motor akan cepat sampai, karena jalur kereta api tidak terganggu kemacetan lalu lintas seperti pada ekspedisi lain.

Syarat Ekspedisi Kirim Motor Via Kereta Api

Dengan mengetahui keuntungan apa saja yang pasti Anda dapatkan jika mengirim motor melalui ekspedisi kirim motor via kereta api seperti yang disebutkan di atas, membuat banyak orang yang ingin menggunakan jasa pengiriman ini.

Namun jika Anda ingin mengirim motor menggunakan kereta api, ada beberapa persyaratan penting yang perlu Anda persiapkan atau pahami agar proses pengiriman dapat berjalan dengan baik.

Berikut beberapa persyaratan terpenting yang harus dipenuhi sebelum menggunakan ekspedisi kirim motor via kereta api:

  • Pengirim harus dan wajib menginformasikan isi paket yang sebenarnya pada formulir yang disediakan oleh petugas KALOG.
  • Peserta harus melampirkan dokumen motor berupa: STNK asli yang masih berlaku atau invoice pembelian untuk motor baru.
  • Semua pengirim sepeda motor wajib menyertakan kunci pada proses pengiriman motornya.
  • Demi menjaga keamanan, bahan bakar harus kosong selama pengiriman.
  • Lepaskan kaca spion untuk memudahkan penyesuaian motor pada saat pengiriman.

Biaya Kirim Motor Lewat Kereta Api

Biaya Kirim Motor Lewat Kereta Api
Biaya Kirim Motor Lewat Kereta Api

Sekarang setelah mengetahui persyaratan pengiriman motor, saatnya menghitung biaya pengiriman. Tentu saja, ada beberapa faktor yang dipertimbangkan saat menentukan biaya pengiriman.

Biaya kirim motor dengan kereta api tergantung pada beberapa faktor, antara lain: jarak pengiriman, berat motor, jenis layanan pengiriman yang dipilih, dan layanan tambahan apa pun yang diperlukan.

Supaya membantu Anda dalam merencanakan anggaran dengan lebih baik, berikut adalah estimasi biaya kirim dari ekspedisi kirim motor via kereta api.

  • Motor bebek ukuran kecil – sedang
  • Motor sport ukuran sedang – besar
  • Motor 250 cc ke atas atau motor gede (moge)
Kota asal Kota tujuan Jenis motor Biaya kirm
Jakarta Bandung Motor bebek Rp 472.500
Motor sport Rp 577.500
Motor 250 cc ke atas/Moge Rp 707.500
Cirebon Motor bebek Rp 567.000
Motor sport Rp 693.000
Motor 250 cc ke atas/Moge Rp 849.000
Yogyakarta Motor bebek Rp 869.400
Motor sport Rp 1.062.600
Motor 250 cc ke atas/Moge Rp 1.301.800
Semarang Motor bebek Rp 756.000
Motor sport Rp 924.000
Motor 250 cc ke atas/Moge Rp 1.132.000
Surabaya Motor bebek Rp 1.001.700
Motor sport Rp 1.224.300
Motor 250 cc ke atas/Moge Rp 1.499.900
Malang Motor bebek Rp 1.134.000
Motor sport Rp 1.386.000
Motor 250 cc ke atas/Moge Rp 1.698.000

Cara Kirim Motor Lewat Kereta Api

Setelah Anda memahami hal-hal yang penting sebagai langkah pertama kirim motor via kereta api, di bawah ini adalah panduan lengkap tentang cara mengirimkan motor dengan kereta api, pahami dan diikuti untuk menjamin kelancaran proses pengiriman.

  • Tanyakan Biaya Pengiriman 

Setelah mengetahui syarat di atas dan persiapan awal, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek biaya pengiriman dari lokasi Anda ke alamat tujuan. Jika kurang yakin silakan menghubungi ke pihak KALOG terlebih dahulu.

  • Mendaftarkan Motor

Setelah mengetahui biayanya, silakan ke tempat penitipan motor di stasiun. Biasanya terdapat formulir pendaftaran motor yang akan dikirim melalui KALOG. Silakan isi formulir ini dengan benar mulai dari informasi pribadi Anda (pengirim), motor dan detail lengkapnya.

  • Masukkan ID Penerima Motor 

Selain itu, formulir tersebut juga akan meminta Anda memasukkan detail penerima motor yang dikirim melalui KAI. Hal ini agar petugas nantinya akan menghubungi pihak (penerima) yang ada di daftar ketika paket sudah sampai di stasiun tujuan.

  • Serahkan Surat-Surat Motor

Setelah Anda mengisi formulir pengiriman motor, langkah selanjutnya adalah menyerahkan berbagai perlengkapan motor seperti spion termasuk dokumen kepemilikan sepeda Anda kepada pihak ekspedisi.

  • Nomor resi

Setelah semua proses di atas selesai, Anda akan menerima nomor resi. Nomor resi ini sendiri berfungsi sebagai bukti pengiriman dan bisa digunakan untuk tracking nantinya. Selain itu, nomor resi ini juga dapat Anda berikan kepada orang yang mengambil motor Anda, agar nantinya salinan nomor resi tersebut diberikan ke petugas KALOG di lokasi tujuan.

Akhir Kata

Mengirim motor lewat ekspedisi kirim motor via kereta api adalah opsi yang populer dan efisien untuk pengiriman motor dalam skala jarak yang lebih jauh. Artikel ini telah menjelaskan keuntungan, syarat, biaya dan cara kirim yang diperlukan untuk mengirim motor dengan kereta api dengan aman dan efektif. Penting juga untuk mempersiapkan motor Anda sebelum dikirim. Pastikan sepeda Anda dalam kondisi baik.

 

Devi Permata

Satu pemikiran pada “Ekspedisi Kirim Motor Via Kereta Api: Syarat & Cara Kirim”

  1. Bagaimana prosedur untuk mengirim motor apabila sedang tahap pencabutan berkas dan surat seperti stnk asli dan bpkb asli sedang di samsat? yang ada hanya surat bukti pencabutan berkas dan fotokopi STNK

    Balas

Tinggalkan komentar