Biaya Pengiriman Elektronik JNE 2024, Apakah Wajib Diasuransikan?

Di zaman yang serba online seperti sekarang ini, membeli produk apa saja menjadi lebih mudah. Demikian halnya dengan produk elektronik, misalnya saja laptop. Pengiriman laptop saat ini sudah lebih mudah dan bisa menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE. Untuk itu, biaya pengiriman elektronik JNE adalah informasi yang penting.

Wajib bagi customer JNE untuk memenuhi berbagai persyaratan ketika hendak mengirimkan laptop. Berbagai persyaratan tersebut tentunya berhubungan dengan pengiriman barang elektronik itu sendiri. Salah satunya adalah melengkapi informasi tentang kondisi laptop, seperti merk, warna, hingga harganya.

Persiapan Sebelum Mengirim dan Biaya Pengiriman Elektronik JNE 

Persiapan Sebelum Mengirim dan Biaya Pengiriman Elektronik JNE
Persiapan Sebelum Mengirim dan Biaya Pengiriman Elektronik JNE

Biaya pengiriman elektronik JNE adalah informasi yang akan customer dapatkan setelah memenuhi beberapa persyaratannya. Oleh karena itu, sebaiknya calon customer mengetahui informasi ini sebelum melakukan pengiriman. Misalnya saja customer akan mengirimkan laptop, maka siapkan terlebih dahulu segala informasi tentang barang tersebut. 

Syarat Mengirim Laptop Menggunakan JNE

Berikut langkah-langkah yang wajib customer penuhi sebelum melakukan pengiriman laptop menggunakan JNE. Beberapa poin berikut ini yang nantinya akan menentukan biaya pengiriman elektronik JNE :

  1. Memastikan Kondisi Laptop
Memastikan Kondisi Laptop
Memastikan Kondisi Laptop

Setiap barang yang akan melalui proses pengiriman tentunya harus dalam kondisi siap kirim. Lebih khusus untuk alat elektronik seperti laptop, pastikan kondisinya baik dan lengkap. Pastikan laptop berfungsi dengan baik serta kelengkapan lainnya juga tersedia, yaitu charger laptop, buku panduan penggunaan dan kartu garansi.

Sebaiknya pihak pengirim memiliki bukti pemeriksaan kondisi laptop tersebut yang memperlihatkan bahwa produk dalam kondisi baik dan siap kirim. Bukti tersebut bisa berupa video pada saat melakukan pengecekan kondisi laptop sebelum pengiriman.  

  1. Cara Packing
Cara Packing Paket Barang Elektronik
Cara Packing Paket Barang Elektronik

Melakukan packing untuk elektronik seperti laptop membutuhkan kehati-hatian. Lakukan packing dengan baik agar laptop tetap aman sampai ke tujuan pengiriman. Setelah menggunakan bubble wrap, styrofoam dan kardus, gunakan juga kayu sebagai bahan packing terakhir agar laptop tetap aman dari benturan.

Pihak JNE sendiri sudah menyediakan jasa packing kayu untuk barang-barang elektronik seperti laptop. Customer hanya perlu menambahkan biaya khusus untuk packing kayu tersebut.

  1. Kirim Paket Laptop Menggunakan JNE Tercepat
JNE
JNE

Jenis pengiriman tercepat dari ekspedisi ini adalah JNE YES. Gunakan pilihan layanan JNE YES agar laptop lebih cepat sampai ke tempat tujuan pengiriman. Pengiriman tercepat ini tentunya minim risiko karena layanan berdurasi lebih cepat sampai. 

  1. Biaya Pengiriman Elektronik JNE

JNE

Biasanya JNE melakukan perhitungan biaya dengan dua cara, yaitu secara aktual dan volumetrik. Pada umumnya, paket dengan packing kayu menggunakan perhitungan biaya secara volumetrik. Selain itu, tambahan biaya juga berlaku apabila customer menggunakan jasa packing kayu dari pihak JNE.

Biaya packing kayu JNE yaitu sebesar Rp.50.000. Pihak JNE akan menimbang paket kiriman setelah menggunakan packing kayu. Berikut ini contoh menghitung berat paket dengan cara volumetrik.

Apabila berat laptop adalah 3,5 kg, setelah menggunakan packing kayu secara otomatis akan terjadi perubahan pada berat dan volumenya. Cara menghitung secara volumetrik sebagai berikut:

Panjang: 40 cm

Lebar: 35 cm

Tinggi: 30 cm

Maka, volumetrik = ((p x l x t)/6000) x 1 kg = ((40 x 35 x 30)/6000) x 1 kg = 7 kg.

Jadi, untuk mengetahui biaya pengiriman elektronik JNE rumusnya adalah:

(Volumetrik x ongkos kirim per 1 kg) + biaya asuransi + biaya packing kayu. 

  1. Asuransi
Asuransi Pengiriman
Asuransi Pengiriman

Selain packing kayu, pengiriman elektronik JNE juga sebaiknya menggunakan asuransi yang berfungsi sebagai jaminan. Dengan demikian, customer juga perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk asuransi tersebut. Sebagai informasi, asuransi menerapkan biaya 0,2% dari harga laptop. Selain itu, asuransi juga memberlakukan biaya administrasi sebesar Rp.5.000.

Biaya asuransi pengiriman lumayan terjangkau bagi customer. Simak contoh menghitung biaya asuransi untuk mengirimkan laptop berikut ini:

Apabila harga laptop 11 juta rupiah, maka perhitungan biaya asuransinya sebagai berikut:

0,2% x Rp.11.000.000 + Rp.5.000 = 27.000

Jadi, biaya asuransi sebesar Rp.27.000.

Penggunaan asuransi ini penting untuk menjamin  keamanan paket elektronik. Misalnya saja terjadi kerusakan pada barang elektronik saat proses pengiriman maka customer dapat melakukan klaim asuransi dengan cara menghubungi pihak JNE secara langsung atau bisa melalui email.

  1. Resi Pengiriman Barang
Resi Pengiriman Barang jne
Resi Pengiriman Barang jne

Pihak JNE akan memberikan resi pengiriman barang kepada customer. Resi merupakan bukti pengiriman yang penting dan wajib bagi customer untuk menyimpannya hingga paket kiriman sampai di tujuan. Customer dapat menggunakan nomor resi untuk memantau posisi terakhir paket kirimannya. 

Selain itu, nomor resi juga akan berguna apabila customer akan melakukan klaim asuransi. Karena, resi merupakan salah satu syarat kelengkapan dokumen apabila hendak melakukan klaim asuransi. Karena itu, pastikan resi pengiriman tidak rusak atau bahkan hilang. 

Akhir Kata

Biaya pengiriman elektronik JNE adalah informasi yang penting bagi calon customer jasa ekspedisi tersebut. Para calon customer bisa mendapatkan informasi tersebut dengan mudah. Pastikan untuk memenuhi setiap persyaratan pengiriman paket elektronik agar dapat segera mengetahui informasi biaya tersebut.

 

Devi Permata

Satu pemikiran pada “Biaya Pengiriman Elektronik JNE 2024, Apakah Wajib Diasuransikan?”

Tinggalkan komentar