Ekspedisi untuk Pengiriman Makanan Terpercaya di Indonesia

Sejak pandemi, jual beli makanan dalam bentuk frozen mengalami banyak peningkatan. Terutama penjualan online bahkan naik secara signifikan. Hal ini merupakan imbas dari pembatasan aktivitas di luar ruangan pada saat pandemi. Sementara itu, ekspedisi untuk pengiriman makanan adalah jasa kurir yang menjadi partner kerja para pebisnis kuliner tersebut.

Pada kenyataannya, fasilitas belanja makanan secara online ini telah memudahkan setiap lapisan masyarakat. Karena itu bisnis kuliner tidak pernah sepi pelanggan. Kurir ekspedisi secara tidak langsung ikut meraup keuntungan dari bisnis kuliner. Pengiriman tidak hanya di dalam kota, saat ini bahkan mencapai berbagai provinsi di seluruh Indonesia. 

Cara Memilih Ekspedisi Makanan dengan Tepat

Cara Memilih Ekspedisi Makanan dengan Tepat
Cara Memilih Ekspedisi Makanan dengan Tepat

Ekspedisi untuk pengiriman makanan adalah jasa kurir yang sebaiknya memberikan layanan profesional. Hal tersebut akan menjadi jaminan kepuasan bagi para pelanggan. Produk kuliner merupakan paket kiriman yang wajib sampai tepat waktu untuk menjaga kualitas dari makanan tersebut.

Oleh karena itu, pelanggan wajib mengetahui berbagai jenis ekspedisi yang melayani pengiriman makanan agar tidak salah pilih kurir. Tentunya jarak tempuh ke tempat tujuan, jenis makanan yang dipesan, serta jumlah paket menjadi penentu ketika pelanggan memilih ekspedisi.

Dalam hal ini, jenis ekspedisi untuk pengiriman di dalam kota tentu akan berbeda dengan kurir antar provinsi. Berhati-hatilah dalam memilih ekspedisi agar produk tidak rusak dalam pengiriman. Terutama untuk pengiriman frozen food dengan tujuan luar provinsi. 

Pilihan Ekspedisi untuk Mengirimkan Makanan

Di Indonesia terdapat beberapa pilihan ekspedisi untuk makanan, mulai dari pengiriman dalam kota, antar kota, hingga ke provinsi lain seperti berikut ini:

  1. GoSend

GoSend adalah jasa ekspedisi yang sudah banyak pelanggannya. Untuk pengiriman dalam dan luar kota dengan jarak 40 km bisa menggunakan GoSend. Sejak kemunculan ekspedisi yang identik dengan warna hijau ini, pelayanannya sangat memuaskan bagi para pelanggan.

Hal tersebut sudah terbukti dengan hadirnya GoSend di seluruh wilayah Indonesia. Cara menggunakan GoSend juga cepat dan mudah, pelanggan cukup mengunduh aplikasi khusus kemudian melakukan pemesanan kurir GoSend melalui aplikasinya.

  1. GrabExpress

Ekspedisi untuk pengiriman makanan yang berikutnya adalah GrabExpress. Pengiriman menggunakan GrabExpress melayani kirim paket makanan di dalam dan luar kota dengan batas jarak hingga 40 km. Pelanggan melakukan pemesanan kurir melalui aplikasi Grab.

Pada dasarnya berbagai pilihan kuliner sudah terdaftar pada aplikasi Grab itu sendiri. Hal ini memudahkan customer saat memesan makanan. Tak perlu khawatir, untuk kuliner yang belum terdaftar pada aplikasi tersebut tetap bisa menggunakan jasa kurir GrabExpress. 

  1. Paxel

Apabila menginginkan ekspedisi dengan pelayanan lebih lengkap, maka Paxel adalah pilihan yang tepat. Paxel menyediakan box freezer dan cold truck untuk menjaga kualitas makanan yang akan dikirimkan. Saat ini Paxel melayani pengiriman makanan antar kota, luar kota, bahkan sampai ke luar provinsi.

  1. JNE 

Selain mengirimkan paket berupa barang dan dokumen, JNE adalah ekspedisi untuk pengiriman makanan. Pengiriman menggunakan JNE sudah berlaku untuk seluruh Indonesia dengan tarif yang terjangkau.

  1. J&T

Seperti JNE, ekspedisi J&T juga melayani pengiriman barang, dokumen, hingga makanan ke seluruh Indonesia. Tarif J&T cukup terjangkau dan pelanggan dapat menambahkan perlindungan asuransi.

  1. SiCepat

Layanan SiCepat untuk mengirim makanan mulai dari jasa reguler dan same day atau pengiriman sehari sampai. Untuk makanan atau minuman dapat dikirimkan dengan tarif ongkos kirim yang menyesuaikan beratnya barang.

  1. Anteraja

Bagi pengguna aplikasi belanja online, misalnya saja Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Blibli dapat menggunakan ekspedisi Anteraja. Untuk makanan sendiri area pengirimannya terbatas hanya wilayah Jabodetabek saja.

  1. Lalamove

Lalamove merupakan ekspedisi lainnya yang dapat mengirimkan makanan untuk wilayah Jabodetabek. Pengiriman sehari sampai atau same day adalah layanan yang banyak penggunanya. Karena paket makanan akan sampai pada hari yang sama.

  1. Rail Express PT KAI

Rail Express adalah ekspedisi dengan tarif ongkos kirim paling murah, yaitu Rp.600 untuk 1 kilogram. Hanya saja pengirim wajib mengantarkan paket kirimannya ke stasiun. Hal sama juga berlaku untuk penerima paket yang akan menerima paket tersebut di stasiun tujuan.

  1. NCS Kurir

Ekspedisi untuk pengiriman makanan lainnya yang khusus melayani wilayah Jabodetabek adalah NCS Kurir. NFD atau Nusantara Food Delivery memberlakukan tarif ongkos kirim yang lumayan terjangkau. Tak heran rata-rata penjual makanan secara online di Jabodetabek menggunakan ekspedisi ini.

Akhir Kata

Ekspedisi untuk pengiriman makanan adalah jasa kurir yang tentunya menerima banyak orderan setiap hari. Karena pasar kuliner menjadi bisnis yang tidak pernah sepi. Pilih salah satu ekspedisi yang sesuai dengan kebutuhan. Yaitu yang sesuai dengan wilayah pengirimannya.

 

Devi Permata

Tinggalkan komentar