10 Tempat Angker di Solo Yang Bikin Merinding

Tempat Angker di Solo – Saat kamu mendengar tentang Kota Solo, apa yang pertama kali terlintas di pikiranmu? Mungkin kamu akan memikirkan tentang suasana Kota Solo yang seru dan menyenangkan. Atau kamu akan memikirkan dengan budaya dan tradisi Kota Solo yang menarik?

Sama dengan Yogyakarta, Kota Solo memiliki beragam tempat wisata budaya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tempat-tempat ini akan membuatmu merasa kembali ke masa lalu. Setiap sudut Kota Solo tentu akan menyuguhkan keindahan dan keasriannya.

Tapi, tahukah kamu jika Kota Solo memiliki beberapa tempat angker yang menjadi momok bagi masyarakat sekitar? Memang di setiap wilayah tentu memiliki tempat angker, tak terkecuali dengan Kota Solo. Di balik kemewahan Kota Solo, ternyata ada beberapa tempat yang tidak disarankan untuk dikunjungi.

Berani Uji Nyali Di Tempat Angker Kota Solo Berikut Ini?

Jika kamu merupakan seorang yang menyukai hal-hal yang memicu adrenalin, tempat-tempat horror dan angker di Kota Solo ini wajib untuk kamu kunjungi. Kisah misteri yang ada di balik tempat ini akan membuat bulu kuduk merinding. Berikut daftarnya :

1. Gamelan Lokananta

Lokananta merupakan tempat rekaman yang digunakan oleh para musisi yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Selain digunakan sebagai studio rekaman, Lokananta juga dijadikan sebagai tempat penyimpanan galeman tua. Namun, sayagsekali gemelan tua ini hanya teronggok di salah satu sudut Lokananta.

Sesuai dengan pengakuan pengelola Lokananta dan warga setempat, gamelan tersebut kerap kali berbunyi sendiri pada malam-malam tertentu. Suaranya yang begitu khas terdengar jelas dari ruang tempat penyimpanan gamelan itu. Setelah dicek, tidak ada seorang pun yang berada disana saat gamelan berbunyi. Lalu siapa yang membunyikan gamelan tersebut?

2. Rel Bengkong Slamet Riyadi

Saat kamu melintas di pusat Kota Solo, khususnya di Jalan Slamet Riyadi, kamu akan menemukan sebuah tikungan perlintasan kereta api. Hal ini dinilai tidak lazim mengingat biasanya rel kereta api tidak berada di luar kota. Dengan ketidak laziman ini, banyak sekali tragedi kecelakaan yang merenggut korban jiwa di Rel Bengkong Slamet Riyadi ini.

Selain memakan korban jiwa yang cukup banyak, ada kesaksian dari beberapa pengendara tentang sosok penampakan makhluk astral yang ada di sekitar perlintasan kereta api. Menurut pernyataan, penampakan tersebut merupakan arwah dari pekerja paksa yang dulu membuat rel kereta api hingga para korban kecelakaan yang meninggal.

Artikel Terkait:

Warisan Budaya di Kota Solo
Tokoh nasional dari Solo

3. Fakultas Pertanian dan Kedokteran UNS

Kisah misteri yang terjadi di salah satu kampus ternama di Kota Solo ini berawal dari Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran yang letaknya tidak jauh dari Bukit Kendil.

Beberapa mahasiswa dari kedua fakultas ini mengaku pernah melihat penampakan kereta kencana dan kusir gaibnya. Kadang juga muncul penampakan wanita dengan rambut panjang terurai.

4. Fakultas Hukum UNS

Selain Fakultas Pertanian dan Kedokteran UNS, ada kisah misterius yang sering terjadi di Fakultas Hukum UNS. Dari beberapa pernyataan dari mahasiswa dan petugas lainnya, seringkali pada malam hari terdengar suara dari kelas yang sangat gaduh padahal tidak ada kegiatan belajar dan mengajar yang dilakukan pada malam hari.

5. Taman Balekambang

Tempat ini sempatmenjadi tempat uji nyali dari salah satu program TV Nasional. Hampir sebagian masyarakat Kota Solo mengetahui jika Taman Balekambang memang terkenal angker sejak dulu. Bahkan seringkali pengunjung mendapatkan interaksi dengan makhluk astral yang ada di tempat ini.

6. Bekas Mess Arseto Solo

Bangunan ini sudah berdiri sejak tahun 1977 dan menjadi bangunan yang ditinggalkan. Konon sempat terjadi peristiwa gantung diri yang menyebabkan tempat ini ditinggalkan dan berubah menjadi tempat yang angker. Tempat ini juga sempat dijadikan sebagai lokasi uji nyali dari salah satu program TV nasional, namun tidak mendapatkan ijin.

7. Pabrik Tua Gembongan

Pabrik tembakau yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda yang terletak di kawasan Gembongan, Kartasura , Sukoharjo ini memang menjadi pabrik yang sudah lama terbengkalai. Beberapa orang mengatakan pernah melihat penampakan hantu anak-anak yang kerap bermain saat larut malam.

Artikel Terkait:

Museum di Solo yang Paling Favorit Dikunjungi
Sejarah Persis Solo

8. Taman Sekartaji

Taman Sekartaji sekilas tampak seperti taman pada umumnya dan ramai dikunjungi. Namun, ketika sore dan malam hari suasana menyenangkan berubah menjadi angker. Dipercaya ada sesosok penunggu gaib yang ada di taman ini seperti sosok perempuan yang diyakini adalah kuntilanak dan makhluk halus lainnya.

9. Solo Paragon Hotel

Keindahan dan kemewahan Solo Paragon Hotel ternyata tidak lepas dari cerita misteri. Hotel bintang 4 ini termasuk dalam salah satu tempat angker yang ada di Solo. Hal ini disebabkan karena dulu tempat ini menjadi rumah sakit yang sudah ada sejak zaman Belanda.

Beberapa pengunjung mengaku sering mendengar tangisan perempuan, sofa kamar yang tiba-tiba bergeser, dan kisah angker lainnya.

10. Stasiun Solo Kota

Kisah misteri yang terjadi di Stasiun Solo Kota berawal dari munculnya penampakan perempuan misteriys dengan bau yang sangat harum yang duduk di dinding pembatas antara stasiun dan jalur rel. Selain itu ada juga sosok tinggi besar hitam dengan kepala botak dan mata melotor serta taring yang tajam sering dijumpai di langit-langit stasiun.