10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Solo

Tempat Wisata di Solo – Wisata kuliner, wisata alam dan tempat wisata lainnya bisa Kamu nikmati di Kota Solo. Bahkan wisata seni dan sejarah pun bisa Kamu dapatkan di kota ini. Untuk itu, Kamu harus tahu di mana saja rekomendasi tempat wisata terbaik di Solo yang bisa Kamu datangi. Bukan hanya latar belakang sejarahnya saja yang kental, tetapi Solo juga memiliki tempat wisata dengan daya tariknya yang khas.

Wisata religinya juga cukup kental loh di Kota Solo ini, sehingga Kamu bisa memilih ingin mencoba jenis tempat wisata apa saja yang tersedia di Kota Solo. Tempat-tempat wisata yang ada di Kota Solo ini juga bisa menjadi tujuan liburan Kamu, yang ingin menenangkan diri dari aktivitas yang padat. Bahkan Solo juga memiliki bentang alam yang cantik lengkap dengan pemandangannya yang menawan hati.

Tempat Wisata di Solo

Jika Kamu memutuskan untuk mengunjungi Kota Solo dan berencana untuk berwisata di kota ini, Kamu bisa memilih salah satu atau beberapa rekomendasi tempat wisata terbaik di Solo berikut ini :

1. Grojogan Sewu Tawangmangu

Tempat wisata alam terbaik di Kota Solo adalah Grojogan Sewu Tawangmangu yang menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Solo. Tempat wisata alam ini merupakan air terjun yang tingginya mencapai 80 M. Bahkan air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu ini menjadi air terjun paling tinggi se-Jawa Tengah.

Namun, jika ingin sampai di air terjun ini Kamu harus menaiki 1000 anak tangga. Walaupun rasanya akan sangat melelahkan tetapi pemandangan di sekitarnya sangat indah, sehingga perjalanan Kamu tetap akan terasa menyenangkan. Harga tiker masuk ke tempat wisata ini hanya Rp.20.000,- saja.

2. Keraton Surakarta

Buat Kamu yang senang dengan cerita sejarah dan tempat-tempat bersejarah di Kota Solo, Kamu bisa mengunjungi Keraton Surakarta. Bangunan ini telah dibangun sejak tahun 1744. Tujuan dari dibangunnya Keraton Surakarta ini adalah untuk menggantikan bangunan keraton yang sebelumnya yang telah hancur.

Selain menjadi tempat wisata, bangunan ini juga menjadi tempat tinggal Sri Sunan. Ada beberapa wilayah yang terbagi di dalamnya, yang diantaranya yaitu Sasana Sumewa, Kemandungan Lor Kidul, Alun-alun Lor, Sri Manganti Lor Kidul dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Rekomendasi Hotel Murah di Solo

3. Taman Sriwedari

Objek wisata sejarah lainnya yang ada di Solo adalah Taman Sriwedari, yang menjadi komplek pertamanan di Laweyan Solo. Taman ini telah dibangun sejak kepemimpinan Pakubuwana X yang juga pernah menjadi tempat penyelenggaraan PON di tahun 1948. Gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO) atau tempat pementasan wayang orang juga ada di taman ini.

Sebagai pusat seni, hiburan dan juga kebudayaan, Taman Sriwedari ini sudah menjadi salah satu tempat wisata menarik bagi masyarakat Solo. Harga tiket masuknya pun sangat murah yaitu hanya Rp.3000,- saja.

4. Museum Manusia Purba Sangiran

Lokasi tempat wisata bersejarah ini tidak tepat di pusat kota, tetapi letaknya di Desa Kalijambe Jawa Tengah. Tempat ini tak hanya berfungsi sebagai tempat wisata sejarah saja, tetapi juga sering dijadikan tempat penelitian para arkeolog baik di luar maupun dalam negeri. Arkeolog tersebut biasanya akan meneliti kehidupan manusia purba di zaman prasejarah.

Ada banyak jejak yang ditinggalkan di masa lampau di Museum Purba Sangiran ini, yang usianya sudah mencapai 200.000 sampai 2 juta tahun.

5. Taman Balekambang

Tempat wisata yang memiliki nuansa yang tenang dan asri dengan banyak pepohonan yang hijau yang berada di Kota Solo adalah Taman Balekambang. Taman ini lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani, yang dibagi menjadi dua bagian. Pada bagian pertama taman terdapat banyak sekali jenis flora langka seperti beberapa jenis beringin dan sebagainya.

Selain itu, ada pula kolam dengan beberapa perahu hias yang dapat dinaiki oleh para wisatawan. Sejak tahun 2008 lalu Taman Balekambang ini sudah menjadi tempat wisata untuk umum yang juga menjadi taman botani, taman seni/budaya, tempat rekreasi serta objek wisata edukasi.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Makan Murah di Solo

6. Tugu Lilin

Rekomendasi tempat wisata terbaik di Solo berikutnya yang bisa Kamu kunjungi adalah Tugu Lilin, yang sangat cocok dijadikan tempat bersantai di sore hari. Dalam memperingati hari kelahiran pahlawan kita Boedi Oetomo, dibangunlah simbol kepahlawanan yang berupa tugu yaitu Tugu Lilin tersebut.

Simbol lilin pada tugu ini melambangkan semangat juang pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Tempat wisata ini juga cocok untuk menjadi tempat berfoto sambil mempelajari tempat-tempat bersejarah lainnya di sana. Bahkan ada banyak tempat kuliner yang harus Kamu coba juga di sekitar Tugu Lilin tersebut.

7. Kampung Batik Kauman

Belum lengkap rasanya jika berwisata ke Kota Solo tapi tidak mampir ke Kampung Batik Kauman. Bahkan lokasinya juga cukup dekat dengan Keraton Kasunanan Surakarta. Kebanyakan batik di sini diproduksi langsung pengrajin yang telah berbentuk batik cap, tulis, dan kombinasi yang memiliki warna-warna gelap.

Kualitas hasil batik di Kampung batik Kauman ini sudah dikenal hingga ke luar negeri. Harganya cukup bervariasi, dari yang murah sampai yang mahal semua ada di sini. Kalau Kamu ingin mencoba beragam jenis batik asli Solo, langsung datang deh ke Kampung Batik Kauman.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Nongkrong di Solo

8. Pasar Klewer

Tempat wisata belanja di Kota Solo ini banyak banget loh, salah satunya Pasar Klewer. Kamu juga bisa membeli beragam kain batik di pasar ini. Pokoknya lengkap banget deh di Pasar Klewer ini, dari batik buatan lokal sampai mancanegara ada di sini. Bahkan jumlah pedagang di pasar ini mencapai 2000an pedagang.

Item fashion lainnya yang bisa Kamu temukan di Pasar Klewer ini diantaranya yaitu kaus, jaket, pakaian lainnya, tas, seragam dan masih banyak lagi. Pokoknya di pasar ini kamu bebas berbelanja sampai kenyang.

9. Pura Mangkunegaran

Istana yang dibangun dengan indah dan sangat megah di Kota Solo dinamakan Pura Mangkunegaran. Pemimpin Kadipaten Praja Mangkuneagara tinggal di istana megah ini, dan telah menjadi tempat kediaman resmi. Ada banyak juga koleksi peninggalan dari zaman Kerajaan Mataram serta Majapahit.

Harga tiket masuknya juga cukup murah kok, Kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp.10.000,. Jangan takut kesasar di dalamnya, karena Kamu akan didampingi oleh seorang tour guide.

10. Kebun Binatang Taru Jurug

Tempat wisata yang juga bisa menjadi destinasi wisata Kamu berikutnya di Solo adalah Kebun Binatang Taru Jurug. Harga tiket masuknya juga murah banget, cuma Rp.8000,- saja dan Kamu sudah bisa melihat beraneka ragam satwa bahkan jenis satwa langka sepuasnya. Biasanya Kebun Binatang ini akan ramai dikunjungi pengunjung saat weekend tiba.

Daftar rekomendasi tempat wisata terbaik di Solo ini bisa memberi gambaran untuk Kamu yang ingin berwisata ke Kota Solo, tapi bingung mau mendatangi wisata apa saja dan di mana saja. Siapkan perlengkapan wisatamu sekarang juga ya.