Kirim Paket Burung Lewat Kereta Api, Mudah dan Cepat

Paket burung lewat kereta api adalah salah satu cara yang dijamin aman dan cepat sampai. Di zaman serba canggih seperti sekarang, apapun bisa dijual secara online. Bukan hanya jenis barang maupun makanan, hewan juga bisa diperjual belikan secara online.

Ada berbagai cara untuk melakukan pengiriman paket burung, salah satunya lewat kereta api. Namun, ada beberapa ketentuan yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan pengiriman paket burung lewat kereta api.

Paket Burung Lewat Kereta Api

Kirim Paket Burung Lewat Kereta Api
Kirim Paket Burung Lewat Kereta Api | id.pinterest.com

Pengiriman paket hewan tentu tidak bisa sembarangan. Anda harus memilih layanan ekspedisi yang dapat memastikan keselamatan hewan yang diangkut.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui prosedur pengiriman paket hewan, agar hewan burung yang dikirimkan tetap dalam kondisi sehat dan selamat sampai ke lokasi tujuan.

1. Syarat dan Ketentuan Kirim Paket Burung Lewat Kereta Api

Tidak semua ekspedisi menerima pengiriman paket hewan, karena prosedur pengiriman paket hewan tidak sama dengan pengiriman paket barang. Namun, Anda bisa kirim hewan lewat kereta api dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  • Anda harus memastikan bahwa hewan yang akan dikirim dalam kondisi sehat. Sebagai bukti, Anda perlu meminta surat keterangan kesehatan hewan dari dokter hewan.
  • Menempatkan hewan di dalam kandang yang kuat dan sesuai ukurannya dengan hewan tersebut.
  • Menyediakan makanan dan minuman yang cukup untuk hewan di dalam kandang.
  • Adanya Surat Rekomendasi Dinas Peternakan atas tujuan pengiriman, yang menyatakan bahwa daerah tersebut boleh atau dapat menerima binatang dari daerah lain.
  • Menyertakan Surat Keterangan Vaksin Hewan dari dokter hewan. Minimal waktu yaitu 3 bulan sebelum hewan dikirim.
  • Untuk pengiriman hewan anjing wajib menyertakan surat keterangan anti rabies yang dikeluarkan oleh dokter hewan.

2. Cara Kirim Paket Burung Lewat Kereta Api

Setelah memenuhi persyaratan pengiriman paket burung lewat kereta api, selanjutnya Anda perlu mengetahui cara mengirimnya. Nah, berikut ini cara mengirim paket burung melalui kereta api:

  • Menyiapkan semua dokumen yang ada di persyaratan seperti di atas. Pastikan Anda mengajukan dokumen sejak jauh-jauh hari dari hari pengiriman, karena beberapa dokumen mungkin diproses lebih lama. 
  • Pastikan kondisi hewan yang akan dikirim sehat dan merasa nyaman.
  • Menyiapkan kandang yang sesuai dengan ukuran hewan, aman, kokoh dan terdapat ventilasi yang memadai.
  • Anda perlu memasang kelambu atau kerudung gelap di sekeliling sangkar burung untuk mencegah burung stress karena lingkungan sekitar yang berbeda.
  • Selanjutnya, mendaftarkan pengiriman ke jasa ekspedisi pengiriman hewan dan membayar biaya pengiriman. Anda juga bisa memilih jasa pengiriman hewan yang menyediakan layanan pendaftaran via online.
  • Paket hewan akan dikirim sesuai jadwal yang telah ditetap diawal.
  • Setelah paket hewan sampai di daerah tujuan, Anda dapat mengambilnya di stasiun kereta api sesuai petunjuk yang diberikan oleh operator atau penyedia jasa ekspedisi.

Itulah beberapa cara mengirim paket hewan melalui kereta api. Selama dalam perjalanan, operator kereta api akan bertanggung jawab terhadap perawatan dan pemantauan hewan. Meskipun begitu, Anda tetap bisa ikut memantaunya dengan cara menghubungi operator kereta api.

3. Biaya Kirim Paket Burung Lewat Kereta Api

Sebelum melakukan pengiriman paket burung lewat kereta api, sangat penting menentukan apakah hewan akan diangkut sebagai cargo atau bagasi. Karena persyaratan dan tarif transportasi keduanya berbeda. Dari segi biaya, biasanya biaya pengiriman cargo lebih murah daripada biaya transportasi sebagai bagasi. 

Untuk biaya kirimnya, biasanya ditetapkan Rp.10.000/kg sampai Rp.20.000/kg, sesuai tujuan pengiriman. Kalau dihitung per kubiknya, yaitu Rp.100.000 sampai dengan Rp.150.000 untuk 1 kubik.

Biaya tersebut diluar ongkos packing dan asuransi jika Anda menggunakannya. Untuk melakukan pengiriman, Anda bisa langsung datang ke stasiun kereta api. Biasanya di sekitar stasiun kereta api besar terdapat tempat informasi pengiriman barang. 

4. Cara Cek Ongkir Lewat Kereta Api

Anda pasti penasaran dan ingin tahu kira-kira berapa tarif ongkir yang harus Anda bayar nantinya saat kirim paket burung. Mengetahui tarif ongkir sebelum kirim barang memang penting, agar bisa menyediakan sejumlah uang yang diperlukan.

  • Untuk itu, Anda bisa melakukan cek ongkir sendiri melalui mengunjungi situs resmi KAI Logistik melalui link ini. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Setelah situs terbuka, pilih Jenis Kiriman Hewan.
  • Jika sudah, pilih Kota Asal.
  • Lanjut, pilih Kota Tujuan.
  • Silahkan tentukan Berat Hewan.
  • Masukkan kode Captcha.
  • Terakhir, klik “Cek”. Nanti akan muncul secara otomatis perkiraan tarif kirim hewan sesuai berat dan lokasi tujuan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, nanti saat proses pengiriman akan ada biaya tambahan jika Anda menggunakan jasa packing dan asuransi dari pihak ekspedisi. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menyediakan budget lebih saat akan mengirim paket Anda.

Akhir Kata

Paket burung lewat kereta api adalah cara mudah dan cepat membawa hewan sampai ke lokasi tujuan Anda. Perlu Anda ingat, bahwa memerhatikan cara packing hewan sangat penting, agar hewan tidak sakit atau mati saat di dalam perjalanan.

 

 

Devi Permata

Tinggalkan komentar