Daftar Event dan Festival di Solo

Festival di Solo – Sepanjang tahun 2021, khususnya di pertengahan tahun ada banyak sekali festival menarik yang sengaja diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah. Memang tempat asal presiden Joko Widodo ini seringkali menjadikan berbagai festival unik agar dapat menarik para pengunjung wisatawan.

Pihak dari kepala bidang pemasaran Dinas Pariwisata Solo juga berharap bahwa berbagai agenda wisata dan festival yang diadakan mampu menghadirkan banyak wisatawan. berikut ini daftar festival di Solo, diantaranya?

Festival dan Event di Solo Tahun 2021

1. Kampung Ramadan

untuk merayakan event ramadhan, 3 Kelurahan seperti Laweyan, Kauman dan Jayengan menyulap daerahnya agar menjadi kampung Ramadan. Hal ini dilakukan dengan cara menghadirkan bazar.

Selain itu ada kegiatan lain seperti kegiatan Islami yang bertujuan supaya dapat memeriahkan suasana yang ada di bulan Ramadhan 1441 h.

2. Gebyar Bakdan Ing Balekambang

Pada tanggal 24 Mei hingga 1 Juni, Kota Solo mengadakan acara yang dinamakan Gebyar Bakdan Ing Balekambang. Ada banyak sekali acara yang bisa dinikmati ketika berada di taman Balekambang ini.

Misalnya menikmati penampilan seni, merasakan asrinya taman di kota, mencicipi berbagai makanan khas Solo, membeli produk lokal maupun menikmati bazar kuliner kekinian. Setelah selesai bersilaturahmi bersama dengan keluarga maupun saudara maka dapat mampir ke taman Balekambang.

3. Syawalan Jurug Solo Zoo

Bertempat di taman Jurug Solo Zoo maka tidak hanya bisa lebih mengenal berbagai satwa yang ada di dalamnya saja. Namun lokasi yang berada di pinggir sungai Bengawan Solo tersebut akan mengadakan pekan syalayan Jurug.

Nantinya terdapat 2 khas event yaitu pementasan dan grebeg ketupat. Dalam pementasan tersebut menceritakan Joko Tingkir dan kedua kegiatan tersebut dilaksanakan di hari terakhir pekan syawalan.

4. Bakdan Neng Solo

Pemerintah Kota Surakarta menyambut para pemudi dengan cara menggelar pertunjukan kolosal dan acara tersebut diberi nama sebagai Bakdan Neng Solo. Pemerintah Surakarta mengadakan pementasan yang bertujuan supaya dapat menjadi obat rindu bagi para pemudik terhadap kota Solo.

Nantinya akan ada Sendratari Ramayana dan ditampilkan di panggung yang terbuka. Lokasinya yaitu di Benteng Vastenburg.

Artikel Terkait:

10 Wisata Belanja dan Mall di Solo
10 Rekomendasi Tempat Nongkrong Terbaik di Solo

5. Pameran Produk Unggulan Kelurahan

Ada banyak sekali produk yang berasal dari Solo. Hal ini dikarenakan setiap Kelurahan yang ada di Solo memiliki produk unggulannya sendiri. Baik itu dari segi kerajinan, kain batik, kuliner, bahkan sampai potensi wisatanya.

Festival yang ada di Solo ini bertujuan supaya bisa mendorong kemajuan dari setiap produk lokal yang dimiliki oleh setiap Kelurahan. Acara ini digelar di Solo Paragon Mall pada tanggal 4 hingga 7 Juni.

6. Solo Batik Karnaval

Festival yang ada di Solo selanjutnya yaitu acara Solo batik karnaval yang menjadi momen paling ditunggu-tunggu di bulan Juli. Di setiap penyelenggaraannya para masyarakat wajib mematuhi rute karnaval. Tempat festival ini berada di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo.

Batik karnaval adalah event yang akan menampilkan berbagai kostum karnaval dengan bahan batik dan dirancang secara kreatif. Di tahun yang lalu, kostum SBC berhasil menampilkan ikon-ikon yang ada pada Asia Tenggara.

7. Grand Final Putra Putri Solo

Berada di balaikota Surakarta, tepatnya pada tanggal 8 Agustus maka pemerintah Surakarta mengadakan acara Grand Final putra putri Solo tahun 2020. Acara ini merupakan babak puncak pemilihan putra-putri Solo.

Sementara tema penyelenggaraannya yaitu Taman Sari Indonesia. Dalam pemilihan putra-putri Solo menjadi ajang pencarian Duta Wisata Kota Solo.

8. Solo City Jazz

Berada di Benteng Vastenburg pada tanggal 25 hingga 26 September, diadakan festival Solo City Jazz. Memang konser musik jazz yang paling akbar di Kota Solo ini sering kali mendatangkan musisi-musisi terkenal.

Misalnya seperti Tompi, Fariz RM, Ermy Kulit, Gugun Blues Shelter, dan masih ada banyak lagi. Setiap musisi kondang tersebut pastinya dapat menghangatkan suasana panggung dalam acara Solo City Jazz Solo.

9. Batik Fashion

Tanggal 3 hingga 4 Oktober berada di Balaikota Surakarta, para desainer Kota Solo memamerkan koleksi-koleksinya. Melalui acara festival Solo Batik Fashion, pada setiap busana yang ditampilkan diwajibkan untuk menggunakan bahan batik.

Hal ini bertujuan supaya dapat memeriahkan Hari Batik Nasional, karena festival tersebut dilaksanakan tepat pada Hari Batik Nasional.

Artikel Terkait:

10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Solo
6 Perbedaan Solo dan Surakarta

10. Pendidikan Non-Formal Festival

Acara festival ini diadakan pada tanggal 10 hingga 12 Oktober di Balai Kota Surakarta. Event ini adalah ajang untuk lembaga pendidikan non formal agar dapat menarik perhatian para masyarakat.

Terutama bagi masyarakat yang mempunyai keinginan dalam menekuni suatu bidang. Seperti pelayaran, rias pengantin, musik ataupun yang lainnya. Supaya acara festival ini lebih dimeriahkan, maka pemerintah Surakarta juga menambahkan pementasan seni, job fair, lomba dan masih banyak event lainnya.

11. Solo Documentary Film

Supaya dapat mewadahi pihak pencipta film, terutama dokumenter maka Solo Documentary Film Festival atau SODOC diadakan di Museum Keris Nusantara pada tanggal 14 hingga 17 Oktober.

Untuk film yang ditayangkan tidak hanya berupa film fiksi saja, namun juga dokumenter. Apabila Anda penggemar film, maka wajib menyempatkan untuk datang ke festival ini. Melalui acara ini maka ada banyak film-film dokumenter yang ditayangkan dari berbagai kota.

Acara tahunan di Solo memang sudah terkenal, bahkan seringkali dipadati oleh para wisatawan. Untuk setiap event yang diadakan pun sangatlah unik dan menarik. Bahkan hanya dapat dinikmati di Solo saja. Setiap event akan digabungkan dengan sensasi kuliner yang ada di Solo.