10 Makanan Khas Solo yang Enak

Makanan Khas Solo – Kota Solo tidak hanya terkenal dengan aneka ragam seni dan budayanya saja, tapi juga berbagai makanan khas Solo yang enak, lezat dan tentunya punya cita rasa tersendiri yang tak dimiliki oleh makanan dari daerah lainnya di Indonesia. Kalau Kamu sedang berkunjung atau berwisata ke Solo, Kamu wajib mencicipi makanan khas Solo tersebut.

Setiap kita berkunjung ke suatu kota tertentu di Indonesia, yang akan kita cari dalam wisata kulinernya tentu makanan khas dari kota tersebut. Sama halnya dengan Kota Solo yang menggunakan makanan khas kota tersebut sebagai daya tarik untuk para wisatawan. Makanan khas Solo ini sangat variatif, sehingga kota ini selalu menjadi kota yang menarik untuk dikunjungi.

Rekomendasi Makanan Khas Solo yang Enak

Pokoknya saat Kamu datang ke Kota Solo hal pertama yang harus Kamu lakuin adalah langsung menyantap makanan khas Solo yang rasanya enak dan lezat. Lalu, apa saja makanan khas Solo yang enak dan rekomended? Berikut penuturannya :

1. Nasi Liwet

Mungkin hampir di berbagai kota atau daerah di Indonesia memiliki makanan khas nasi liwet. Namun nasi liwet khas Solo ini beda dari yang lain. Bahkan makanan ini sudah memiliki reputasi tersendiri di wisata kuliner Solo. Nasi liwet ini disajikan dalam pincuk daun pisang yang dilengkapi dengan lauknya seperti ayam suwir, sayur labu, telur rebus, dan santan yang kental sedikit saja.

Kalau Kamu ingin mencoba nasi liwet khas Solo kamu bisa datang langsung ke Nasi Liwet Wongso Lemu. Nasi liwet ini sudah dikenal rasanya yang enak dan lauknya yang lengkap. Harganya mulai dari Rp.19.000 per setiap porsinya.

2. Selat Solo

Makanan khas yang satu ini sudah menjadi hidangan khas Pulau Jawa khususnya Kota Solo. Selat Solo ini adalah makanan tradisional yang berupa satu porsi sup yang dilengkapi dengan tomat, buncis, acar bawang goreng, wortel, telur pindang iris, kentang goreng yang dipotong-potong, daging bistik plus sayur mayones.

Jadi, makanan ini merupakan jenis makanan tradisional Indonesia yang dipadukan dengan gaya makanan western. Bisa dilihat dari potongan daging bistik, sayur mayones dan kentang gorengnya yang dipadukan dengan sayuran khas Indonesia. Konon makanan ini merupakan kombinasi makanan lokal dengan Belanda yang sudah ada sejak zaman Belanda.
Harga per porsinya mulai dari Rp.16.000,- dan bisa kamu peroleh di Warung Selat Mbak Lies di Jalan Veteran.

Baca Juga: Perbedaan Solo dan Surakarta

3. Timlo

Kota Solo punya banyak jenis makanan khas yang punya cita rasanya sendiri di lidah masyarakat setempat. Salah satunya adalah Timlo yang merupakan sup dengan rasa yang lezat dan segar, yang dilengkapi dengan mi soun, telur iris, potongan sosis solo, kecap, dan ayam suwir. Pokoknya rasa Timlo ini juara banget deh, makanya Kamu wajib nyoba.

Biar makin terasa enak Kamu juga bisa menambahkan bawang goreng, hati ayam dan bahkan telur dadar. Paduan rasanya akan sangat menggugah selera makan selama di Kota Solo deh, dan dijamin Kamu pasti ketagihan. Harga Timlo ini mulai dari Rp.7000 per porsi hingga Rp.18.000,-

4. Sate Buntel

Makanan khas dari Kota Solo yang disebut dengan sate buntel ini, menjadi salah satu makanan kesukaan mendiang Soeharto Bapak Presiden Indonesia yang ke-2. Sate buntel ini dibuat dari bahan daging kambing yang dicacah, kemudian dibungkus kembali dengan lapisan lemak yang tipis, setelah itu barulah olahan sate buntel ini dibakar hingga matang.

Bukan hanya cita rasanya yang luar biasa lezat, tetapi sate buntel ini juga memiliki nuansanya tersendiri. Aroma yang muncul dari lapisan lemak pembungkus yang dibakar membuat selera dan nafsu makanmu menjadi bertambah. Harganya mulai dari Rp.35.000,- dan bisa Kamu dapatkan di Sate Buntel Mbok Galak yang sudah terkenal.

5. Lenjongan

Bukan hanya makanan berat saja yang menjadi makanan khas Solo yang enak yang harus Kamu coba, tapi juga jenis makanan lainnya yang merupakan jajanan tradisional yang berupa tiwul, cenil, ketan hitam, klepon, ketan putih, sawut dan gethuk yang digabungkan. Rasanya luar biasa manis dan cemilan ini cocok untuk menemani sore Kamu di Kota Solo.

Harga Lenjongan ini juga beragam, yaitu mulai dari Rp.4000,- dan Kamu bisa memilih rupanya sesuka hati.

6. Kue Lapis Mandarin

Kue lapis yang terkenal di Kota Solo adalah kue lapis mandarin yang telah menjadi oleh-oleh makanan khas Solo, dan sudah terkenal sejak beberapa dekade yang lalu. Makanan yang satu ini sudah menjadi jenis makanan legendaris yang rasanya lembut, manis dan sangat manis. Selain itu teknik pembuatannya pun fresh form the oven sehingga bisa dimakan hangat-hangat.

Kue lapis mandarin khas Solo ini menggunakan selai nanas yang lembut, dan selai itulah yang membuat kue ini semakin terasa manis. Harganya mulai dari Rp.75.000,- hingga Rp.180.000,- (ukuran besar dan spesial) dan bisa Kamu dapatkan di Toko Kue Orion.

7. Es Dawet Telasih

Ingin makanan khas tetapi yang menyegarkan dan pas disantap saat cuaca panas? Kamu harus coba es dawet telasih yang menjadi kuliner favorit banyak orang, terutama masyarakat Solo. Konon katanya, Bapak Presiden Jokowi juga suka dengan es dawer telasih ini.

Untuk bisa menikmati es dawet ini kamu bisa membelinya di Mbok Darmi. Tapi harap bersabar ya, karena pembelinya banyak banget jadi antriannya juga cukup panjang. Harganya mulai Rp.8000,- per porsi saja.

8. Es Gempol Pleret

Jajanan tradisional lainnya yang termasuk jenis makanan khas Solo adalah es gempol pleret. Sama seperti es dawet, jajanan ini juga cocok dimakan saat cuaca sedang panas menyengat.

Santapan segar ini dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan cendol dawet, memiliki rasa yang manis, ditambah aromanya yang wangi dari daun pandan. Harganya mulai dari Rp.3000,- per porsi, cukup murah kan?

9. Tahok

Kuliner khas Solo ini sebenarnya merupakan makanan asal Tionghoa yang sudah muncul sejak zaman Belanda. Teksturnya lembut banget dan hampir mirip sama puding, rasanya manis sekaligus hangat. Bahan pelengkapnya dibuat dari gula merah, daun pandan, daun sereh, dan jahe yang membuah tahok ini semakin lezat, harganya mulai dari Rp.4000,- per porsi.

10. Tengkleng

Salah satu sajian kuliner yang khas dari Kota Solo berikutnya adalah Tengkleng, yang dimana jenis makanannya hampir mirip dengan gulai tetapi kuahnya lebih cair dan isinya adalah tulang kambing dengn daging yang melekat sedikit di bagian tulang tersebut. Tengkleng ini memiliki keunikan, karena disajikan di atas pincuk. Harganya mulai dari Rp.25.000,- per pincuknya.

Dari 10 rekomendasi makanan khas Solo yang enak dan lezat ini, Kamu paling suka yang mana? Kalau masih penasaran sama rasanya, artinya Kamu harus datang ke Solo sekarang juga untuk berburu sajian kuliner tersebut.