6 Pasar di Solo, Tempat Berburu Barang Antik hingga oleh-oleh

Pasar di Solo – Berbicara tentang Kota Solo yang damai dan menenangkan, ada banyak sekali destinasi wisata yang wajib untuk kamu kunjungi. Selain memiliki beragam tempat indah dan bersejarah, kamu tentu tidak boleh melewatkan destinasi wisata belanja dong! Ada banyak sekali tempat di Kota Solo yang akan sangat cocok khususnya bagi kamu yang doyan banget belanja nih!

Jika kamu penggemar wisata belanja dengan harga yang sangat murah, kamu bisa membelanjakan uang sakumu dan menukarnya dengan beragam jenis barang yang bisa kamu dapatkan di pasar-pasar yang ada di Kota Solo. Meskipun judulnya pasar, namun barang yang ditawarkan memiliki kualitas yang bisa diadu dengan barang-barang yang ada di Mall-mall lho!

Pasar Yang Wajib Kamu Kunjungi di Solo

Sama dengan kota-kota lain yang memiliki tempat khusus untuk membeli oleh-oleh, Kota Solo juga memilikinya. Di Kota Solo kamu tidak hanya akan menjumpai satu atau dua tempat saja, bahkan bisa sampai membuatmu bingung. Saking bingungnya mungkin kamu akan mengunjungi semuanya karena penasaran hehe.

Selain itu, disini kamu juga bisa mendapatkan oleh-oleh yang antimainstream. Jika di daerah lain oleh-oleh yang ditawarkan berupa pakaian atau makanan, makan di Kota Solo kamu akan mendapatkan oleh-oleh yang berbeda. Kamu bisa menemukan beragam jenis barang antik yang bahkan beberapa diantaranya merupakan barang-barang yang berasal dari Keraton Surakarta.

Apakah kamu bisa membayangkan memiliki barang dari Keraton Surakarta? Bukankah sangat seru dan menyenangkan? Berikut ini beberapa daftar pasar di Solo dimana kamu bisa berburu barang antik hingga oleh-oleh :

1. Pasar Klewer

Pasar Klewer adalah pasar yang menyediakan beragam jenis sandang mulai dari baju santai hingga formal. Harga yang ditawarkan di Pasar Klewer juga relatif murah. Tak heran jika Pasar ini dijadikan sebagai pusatnya kulakan pakaian untuk para penjual.

Meskipun sempat mengalami kebarakan beberapa tahu lalu, kini Pasar Klewer justru berkembang dengan sangat pesat dan dibangun menjadi lebih modern yang dilengkapi dengan lift dan eskalator. Lokasina yang berada dekat dengan Keraton Solo dan Masjid Agung Solo juga membuat Pasar Klewer menjadi pilihan para wisatawan untuk membeli beraneka oleh-oleh.

2. Pasar Gede

Pasar Gede adalah salah satu pasar yang ada di Kota Solo dan menjual beragam jenis barang. Disini kamu bisa menjumpai beragam jenis sandang dan pangan seperti sayur, buah-buahan, daging, dan lainnya. Pasar ini juga dikenal sebagai tempat untuk mencari simplisia atau tumbuhan untuk membuat jamu.

Tak hanya itu, bagi kamu yang mencari plastik atau peralatan dapur juga bisa mencarinya disini. Disini ada beragam jenis plastik dan peralatan dapur dengan harga yang relatif murah.

Artikel Terkait:

11 Festival di Solo
6 Pasar di Solo

3. Pasar Kabangan

Jika kamu mencari peralatan masak, anglo, ember, atau properti rumah dengan bahan plastik mungkin Pasar Kabangan akan sangat cocok untuk menjadi tujuanmu. Kamu bisa menemukan pasar ini di dekat Kampung Batik Laweyan, di seberang jalan Hotel Malioboro. Tidak sulit untuk menemukan pasar ini karena letaknya yang berada di tepi jalan raya.

4. Pasar Oleh-oleh Jongke

Pasar Oleh-oleh Jongke merupakan salah satu pasar yang ada di Kota Solo dan menyediakan berbagai jenis panganan yang biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh. Disini kamu akan menjumpai banyak toko-toko yang berjajar dan menawarkan aneka macam oleh-oleh. Selain menawarkan oleh-oleh khas Kota Solo, kamu juga bisa menjumpai oleh-oleh dari berbagai daerah disini.

5. Pasar Klithikan Notoharjo

Lokasi Pasar Klithikan Notoharjo berada di daerah Semanggi dan menjadi pasar yang menjual beragam jenis barang bekas yang sudah tidak terpakai namun tetap dalam kondisi yang layak pakai. Mulai dari onderdil bekas, kipas angin, maupun printilan alat-alat elektronik lainnya bisa kamu jumpai disini.

Artikel Terkait:

Tempat belanja di Solo
Tempat Makan Enak dan Murah di Solo

6. Pasar Triwindu

Pasar yang berada di kawasan Ngarsopuro ini menjadi salah satu pasar yang cukup terkenal di Kota Solo. Pasar ini menjadi pasar yang kerap dikunjungi oleh turis-turis asing karena menjual barang-barang unik dan antik. Bahkan disini kamu bisa menjumpai barang antik yang berasal dari Keraton Surakarta lho!

Barang-barang unik dan antik yang ditawarkan mulai dari berbagai jenis tembaga, perunggu yang terwujud dalam alat-alat kuno seperti untuk menakar minyak tanah, alat masak, atau koin-koin kuno. Untuk sistem pembayarannya juga bisa dilakukan dengan sistem barter. Kamu bisa menukar barang antik milikmu dengan barang yang kamu inginkan dari penjual, tentunya dengan harga yang setara ya!

Nah, itu dia ke-6 pasar di Solo dimana kamu bisa berburu barang antik hingga oleh-oleh khas Kota Solo. Kurang lengkap rasanya jika ke Solo namun kamu tidak sempat melakukan wisata belanja. Banyaknya pusat perbelanjaan di Kota Solo tentu akan membuatmu kalap dan ingin membeli setiap barang yang ditawarkan.