Review Wahana 2023 : Layanan, Kelebihan & Kekurangan

Ahlinesia.com – Kamu ingin kirim barang ke teman atau saudara jauh tapi belum tahu ekspedisi yang bagus? Maka salah satu pilihan terbaik adalah Wahana Express. Agar lebih yakin, kamu bisa baca-baca review Wahana Express terlebih dulu untuk mengetahui jenis layanan dan fasilitas apa saja yang ditawarkan.

Perkembangan dunia digital memang membuat aktivitas belanja online semakin meningkat dan hal ini memberi dampak besar pada jasa pengiriman barang. Di Indonesia memiliki banyak pilihan jasa ekspedisi mulai dari yang harganya ramah anggaran hingga layanan super lengkap.

Salah satu ekspedisi yang familiar di Indonesia adalah Wahana Express, perusahaan ini sudah memiliki cabang dimana-mana dan dengan jumlah agen mitra mencapai ribuan. Jenis layanan pengirimannya juga lengkap dan terus ditingkatkan sehingga bisa tetap eksis sampai sekarang.

Baca juga: Lama Pengiriman Wahana Express

Sejarah dan Transformasi Wahana Express

Logo Wahana
Logo Wahana

Jika membahas mengenai review Wahana Express, sepertinya tidak akan lengkap jika tidak membahas mengenai sejarah dan perkembangan Wahana dari waktu ke waktu hingga bisa menjadi sebesar dan sesukses sekarang.

Memiliki pengiriman cepat, hemat, dan bersahabat, inilah sejarah dan transformasi dari Wahana Express Indonesia:

  • Perusahaan didirikan pada 11 Juni 1998 dengan nama pertamanya adalah Wahana Prestasi Logistik, yang kala itu lebih banyak melayani pelanggan bisnis berupa B2B.
  • Pada dekade kedua, yang kala itu merupakan awal perkembangan industri e-commerce, Wahana Express mulai mengembangkan sayap dengan menyediakan layanan kurir untuk sektor retail.
  • Grafik pertumbuhan perusahaan semakin meningkat sampai akhirnya saat ini sudah memiliki 3.500 mitra agen dan 53 kantor cabang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.
  • Layanan logistik dari Wahana menerima pengiriman untuk paket dan dokumen yang sudah dilengkapi dengan sistem tracking sehingga lokasi terkini dari paket atau dokumen bisa langsung dilacak sendiri oleh pengirim secara online.
  • Bukan itu saja, Wahana Express juga memiliki jenis layanan lain yaitu penyewaan armada untuk kebutuhan angkut barang berupa CDE Box, van, dan CDD Box khusus untuk area Jabodetabek. Ada juga penyewaan gudang di area Surabaya dan Cikarang dengan layanan floor, racking, dan special handling.
  • Seiring dengan perkembangan pasar dan teknologi, Wahana Express mencoba tantangan baru dengan masuk ke industri kurir serta logistik yang layanannya dapat diakses secara online.
  • Sistem corporate online dari Wahana sudah dilengkapi berbagai fasilitas yang dibutuhkan pelanggan dan semuanya dapat digunakan secara gratis karena sama sekali tidak ada biaya admin. Sistem pembayaran pun sangat mudah seperti top up debit, tagihan, hingga kredit.
  • Layanan pengiriman dari Wahana Ekspress bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi atau juga perusahaan dengan jenis layanan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan, apakah ingin pengiriman sehari sampai atau pengiriman yang lebih hemat ongkos.
  • Jika tidak ingin repot packing sendiri, maka kamu bisa memanfaatkan layanan packing yang sudah disediakan oleh wahana dengan tambahan bubble wrap, kardus/box, styrofoam, hingga kayu untuk memastikan barang tetap aman sampai ke alamat tujuan.
  • Jangkauan pengiriman Wahana Express sangat luas karena area kirimnya mencakup lebih dari 5000 wilayah di Tanah Air dan bahkan juga ke negara tetangga yaitu Singapura.
Baca juga: Tarif Wahana

Review Wahana Express dalam Jenis Layanan 

Layanan Wahana
Layanan Wahana

Wahana Express menerima pengiriman berbagai jenis barang (selama barang tersebut tidak berbahaya) mulai dari ukuran kecil, sedang, dan bahkan yang super besar atau berat. Ada beberapa jenis pengiriman yang bisa kamu pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan seperti berikut:

1. Wahana Express

Layanan jenis ini adalah yang paling standar dan paling sering digunakan oleh pebisnis untuk mengirim barang berukuran kecil atau sedang, jika menggunakan layanan ini estimasi waktu pengiriman sekitar 1-3 hari dengan cakupan area seluruh wilayah Indonesia.

2. Wahana NextDay

Layanan Wahana NextDay

Jika kamu ingin mengirim barang secara mendadak dan ingin cepat sampai karena barang tersebut sangat dibutuhkan atau akan segera dipakai misal, maka kamu bisa memilih Wahana NextDay. Layanan ini menawarkan pengiriman kilat 1 hari sampai tujuan.

Namun sebanding dengan kecepatannya, ongkos kirim layanan ini biasanya akan lebih mahal daripada opsi pertama tadi.

3. Wahana Ekonomis

Layanan Wahana Ekonomis

Kebalikan dari jenis layanan sebelumnya, Wahana Ekonomis justru menawarkan opsi pengiriman dengan ongkos kirim yang lebih ramah anggaran dan tidak ada minimal berat. Jadi barang berukuran kecil atau paket yang jumlahnya sedikit pun tetap bisa menggunakan jenis layanan ini.

Wahana Ekonomis juga cocok nih untuk pengiriman dengan tujuan ke luar pulau misalnya dari Jawa ke Sumatera dengan tujuan Kota Padang, Jambi, Bandar Lampung, Palembang, Medan, atau Pekanbaru.

4. Wahana Kargo

Layanan Wahana Kargo

Ingin mengirim atau membeli furniture dari luar kota? Maka kamu bisa memilih layanan kargo dari Wahana yang dikenal ramah anggaran.

Bobot minimal paket agar bisa masuk ke jenis layanan kargo di Wahana adalah 10 kg dan maksimal 500 kg. Tidak hanya pengiriman antar kota, namun Wahana Kargo juga banyak dimanfaatkan para pebisnis untuk mengirim barang ke Sumatera atau Bali.

5. Wahana Gedung dan Apartemen

Persis seperti namanya, jenis layanan pengiriman yang satu ini memberikan layanan kirim dokumen atau barang dengan tujuan khusus seperti gedung/perkantoran dan apartemen.

Namun, jenis layanan ini hanya bisa dinikmati di area Jakarta dan dengan alamat penerima juga di Jakarta.

6. Wahana Singapore

Wahana Singapore menerima pengiriman khusus untuk tujuan Singapura dengan perkiraan waktu sampai paling lama 7 hari. Kelebihannya adalah biaya ongkos kirim yang tidak mahal.

Baca juga: Cara Komplain Wahana Express

Review Kelebihan Wahana Express

Kelebihan Wahana Express
Kelebihan Wahana Express

Selain karena jenis layanan yang lengkap dan mencakup berbagai kebutuhan, Wahana Express juga memiliki sejumlah fasilitas. Fasilitas ini untuk menunjang kenyamanan pelanggan dan keamanan paket agar tetap dalam kondisi baik ketika sampai ke alamat tujuan:

1. Perlindungan Asuransi

Setiap barang dikirimkan lewat Wahana akan diasuransikan dengan biaya premi 0.5% dari harga barang.

Jika nantinya terjadi kerusakan pada barang karena suatu hal seperti kelalaian petugas atau paket hilang, maka kamu tidak perlu cemas karena bisa langsung klaim asuransi. Setelah itu, kamu akan mendapat biaya ganti rugi seharga barang yang rusak atau hilang tadi.

2. Jaringan Luas

Wahana Express memiliki jaringan yang luas hingga ke pelosok negeri termasuk ke desa-desa kecil sehingga kamu bisa mengirim barang kemana saja di seluruh Indonesia. Bahkan, kamu juga bisa mengirim ke Singapura.

3. Cek Resi Wahana Mudah dan Banyak Pilihan

Seperti yang sudah kamu tahu, resi memiliki peran penting untuk setiap barang yang dikirim. Resi berfungsi sebagai identitas paket dan menjadi alat utama agar kamu bisa tracking paket secara real time.

Cara cek paket Wahana lewat nomor resi sangat mudah, yaitu bisa langsung dari situs resmi wahana.com, atau bisa juga menggunakan situs pihak ketiga seperti:

  • Cekresi.com
  • Resi.id
  • https://berdu.id/cek-resi
  • Pluginongkoskirim.com
  • Cek ke agen Wahana terdekat

4. Ongkir Terjangkau

Salah satu alasan banyak orang menggunakan Wahana adalah ongkos kirim yang murah untuk semua jenis layanan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan gratis ongkir jadi akan menghemat pengeluaran.

Review Kekurangan Wahana

Kekurangan Wahana
Kekurangan Wahana

Setelah review kelebihan Wahana, saatnya membahas kekurangannya. Sebagai jasa pengiriman, Wahana memiliki beberapa kelemahan dari sisi pengantarannya. Untuk lebih jelasnya, baca ulasan berikut.

1. Tidak Tepat Waktu

Berdasarkan review dari google maps, banyak orang mengeluh mengenai barang tidak sampai sesuai waktu yang sudah ditentukan. Bahkan ada yang memberi ulasan, jika pengiriman Wahana bisa terlambat sampai 1 minggu.

2. Kurangnya Agen

Meski termasuk salah satu jasa ekspedisi lama dan banyak cabang dan agen, namun di beberapa wilayah belum ada agen dan kantor cabangnya. Jadi ketika ada kiriman kadang mengandalkan kurir ataupun agen dari kota sebelah sehingga memakan waktu.


Berdasarkan seluruh review Wahana Express di atas dapat disimpulkan bahwa jasa ekspedisi ini termasuk salah satu yang terbaik untuk mengirim barang.

Terdapat beberapa jenis layanan pengiriman yang lengkap mulai dari yang tarifnya standar, opsi sehari sampai, versi ekonomis, pengiriman kargo, hingga luar negeri.

Fasilitas pengiriman paket di Wahana juga tergolong lengkap karena ada pilihan asuransi paket. Dengan begitu, kamu tidak perlu was-was jika barang mengalami kerusakan selama di perjalanan atau bahkan paket kamu hilang. 

Corry Luqma Zunira

Corry adalah pebisnis yang sering menggunakan jasa pengiriman J&T, TIKI, Anteraja, Wahana, ID Express dan Ninja Xpress untuk mengirimkan paketnya.

Satu pemikiran pada “Review Wahana 2023 : Layanan, Kelebihan & Kekurangan”

  1. kiriman dengan wahana express bisa terjadi kehilangan yang di sebabkan oleh kurir mereka sendiri, dan tidak ada bentuk pertanggung jawaban dari pihak wahana. tidak disarankan untuk menggunakan jasa ekspedisi ini

    Balas

Tinggalkan komentar