10 Rekomendasi Tempat Makan Enak dan Murah di Solo

Makan Enak di Solo – Solo selalu menjadi tempat yang asyik untuk dijadikan tempat liburan, berwisata atau bisa juga berwisata kuliner. Kamu juga bisa melakukan wisata kuliner di Kota Solo, karena Solo juga dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki banyak rekomendasi tempat makan atau kuliner terkini. Beberapa rekomendasi tempat makan terbaik di Solo ini bisa Kamu coba satu per satu.

Solo dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki seni dan kebudayaan yang sangat beragam. Nah, keragaman kulinernya juga terlihat jelas di kota ini. Wisata kuliner yang ada di Solo ini banyak banget pilihannya. Kamu bisa memilih jenis makanan western, tradisional dan masih banyak lagi. Bukan cuma makanan berat aja, kamu juga bisa menemukan banyak jenis camilan di kota ini.

Rekomendasi Tempat Makan Terbaik di Solo

Bukan hanya terbaik, tetapi rekomendasi tempat makan di Solo ini juga menjadi yang paling enak. Beberapa tempat makan terbaik ini bahkan sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, berikut ini rekomendasi tempat makan terbaik di Solo yang harus kamu ketahui :

1. Timlo Sastro

Makanan jenis timlo ini memang mirip sup kalau dilihat sekilas, karena kuahnya sama-sama berupa kaldu yang bening. Namun timlo yang ini punya isian yang beda dari yang lain, yaitu ampela, sosis solo, hati, telur pindang dan juga daging ayam. Supaya makin enak Kamu bisa menambahkan nasi putih hangat, perasan jeruk nipis dan ekstra sambal.

Timlo yang paling enak dan terkenal legendaris di Kota Solo adalah Timlo Sastro yang ada di Jalan Pasar Gede. Harga satu porsinya pun murah banget, cuma Rp.25.000,-. Konon katanya Timlo Sastro ini bahkan sudah berdiri sejak tahun 1952 silam, gak heran kalo Timlo Sastro ini sudah sangat dikenal di Kota Solo.

2. Soto Gading Solo

Tempat kuliner yang satu ini jauh lebih tua lagi, karena sudah berdiri sejak tahun 1874. Sampai sekarang, Soto Gading Solo ini selalu menjadi soto favorit bagi hampir seluruh warga Solo. Tak terkecuali bagi para wisatawan yang berwisata kuliner ke Kota Solo, pasti akan ketagihan dengan cita rasa sedap dari Soto Gading ini.

Harga soto ini jauh lebih murah lagi, hanya dengan Rp.10.000,- Kamu sudah merasakan nikmatnya soto yang dilengkapi dengan nasi putih, daging ayam suwir, mi soun, dan juga kentang. Selain itu, masih ada lagi siraman kuah beningnya yang menggoda dan membuat rasa dari Soto Gading ini semakin segar.

Kalau Kamu masih merasa kurang dengan lauknya, Kamu boleh kok menambahkan tempe, tahu, ampela plus hati, dan sosis solonya. Kalau penasaran dengan rasanya, Kamu bisa ke Jalan Brigjen Sudiarto No 75.

Baca Juga: Rekomendasi Hotel Murah di Solo

3. Tengkleng Klewer Bu Edi

Sambil berbelanja di Pasar Klewer, Kamu harus mampir ke Tengkleng Bu Edi yang juga udah terkenal banget di Kota Solo. Tengkleng ini merupakan jenis makanan tradisional yang berupa gulai dengan isi tulang kambing, ditambah dengan kuahnya yang cenderung encer. Warung Tengkleng ini sudah berdiri sejak 40 tahun yang lalu loh.

Harga Tengkleng di Warung Bu Edi ini hanya Rp.25.000,-, dan yang paling unik dari Tengkleng ini adalah cara penyajiannya yang menggunakan daun pisang. Tradisional banget kan?

4. Sate Buntel Bu Bejo

Sama dengan Tengkleng Klewer Bu Edi, Sate Buntel Bu Bejo ini juga sudah berdiri sejak 40 tahun yang lalu. Makanan ini merupakan sate daging kambing yang dicincang lalu dibungkus dengan lemak kambing, kemudian dililit melalui lidi setelah itu baru dibakar dan harga jual per satu porsinya yaitu Rp.40.000,-.

Sedangkan untuk sate bundel yang hanya dilengkapi dengan seporsi gulai kambing saja harganya lebih murah, yaitu Rp.25.000,-. Sate Bundel Bu Bejo ini lokasinya yaitu di daerah Lojiwetan Solo.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Solo

5. Gladag Langen Bogan

Makanan yang satu ini menjadi sentra kuliner yang terletak di Jalan Mayor Sunaryo, yang bernama Gladag Langen Bogan. Salah satu rekomendasi tempat makan kuliner terbaik di Solo ini merupakan kumpulan menu kuliner khas Solo seperti misalnya Tengkleng, Sate Kere, Wedang jahe dan sebagainya.

Kamu bisa nongkrong semalaman di sini karena Gladag Langen Bogan ini buka hingga pukul 24.00 malam. Ada wifi gratis juga loh di Gladag Langen Bogan ini.

6. Selat Solo Mbak Lies

Sesuai dengan asal kotanya, makanan Selat Solo cukup banyak dijual di Solo. Namun, yang paling dikenal dengan cita rasanya yang khas adalah Selat Solo Mbak Lies yang lokasinya berada di Jalan Veteran. Ada dua macam Selat Solo yang paling menjadi favorit masyarakat Solo, yaitu Selat Gelatin dan Bistik.

Satu porsi Selat Gelatin ini meliputi beberapa potong daging rolade, acar bawang, buncis rebus, dan juga kentang goreng. Ditambah dengan siraman kuah yang membuat Selat Solo ini rasanya lebih gurih yang juga bisa disajikan dengan daging sapi.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Nongkrong di Solo

7. Tahu Kupat Solihin

Nama tempat kuliner di Solo ini bernama Warung Sido Mampir, tetapi banyak orang menyebutnya Tahu Kupat Solihin karena lokasinya tak jauh dari Masjid Solihin Solo. Rasa Tahu Kupat ini dikenal sangat lezat, yang disajikan dengan bakwan, kacang disiram kuah kecap, tahu goreng, kol dan mi kuning.

Kamu juga bisa menambahkan pelengkapnya yaitu nasi putih dan kerupuk gendar yang semakin menambah selera. Kalau ingin mencoba makanan ini Kamu bisa langsung datang ke Jalan Gajah Mada.

8. Brambang Asem Yu Sum

Bagi masyarakat di luar Kota Solo makanan bernama Brambang ini mungkin belum terlalu familiar, dan bahkan sudah jarang ditemui di Kota Solo. Namun, Kamu bisa mencicipi makanan tradisional bernama Brambang ini di Brambang Asem Yu Sum yang lokasinya di Pasar Gede.

Makanan tradisional ini merupakan daun ubi yang dicampur dengan sambal asam jawa, lalu bagaimana rasanya? Pastinya sangat lezat karena akan terasa pedas sekaligus manis di dalamnya. Penyajiannya juga bisa ditambah dengan tempe gembos yang dimasak secara bacem. Tahu nggak harga Brambang ini berapa? Hanya Rp.4000,- saja. Murah banget kan?

Baca Juga: Makanan Khas Solo

9. Serabi Notosuman

Ingin mencoba camilan yang tidak terlalu berat? Nah, ini saatnya Kamu mencoba makanan serabi yang lokasinya berada di Jalan M. Yamin. Nama tempat kuliner ini adalah Serabi Notosuman.

Bukan hanya rasanya saja yang luar biasa, tetapi cara penyajiannya yang khas juga menjadikan makanan ini terkenal. Cara penyajiannya yaitu dengan digulung lalu dibungkus daun pisang.

10. Tahok Pak Citro

Makanan ini berupa sari kacang kedelai yang cara penyajiannya yaitu dengan disiram oleh air jahe gula. Makanan ini berasal dari Tiongkok, dan sudah menjadi camilan favorit masyarakat Solo khususnya di Pasar Gede Solo.

Masih banyak rekomendasi tempat makan terbaik di Solo yang bisa Kamu coba. Tapi setidaknya Kamu bisa mencoba beberapa makanan yang telah disebutkan tadi untuk mengetahui masakan tradisional Solo yang khas di lidah.