Tips Kirim Buah Lewat JNE: Buah Fresh Sampai ke Konsumen

Bisnis buah merupakan bisnis yang sangat menguntungkan, apalagi mampu menjangkau hingga ke luar kota dalam keadaan fresh. Nah, hadirnya kirim buah lewat JNE adalah solusi tepat agar buah yang dikirim sampai dengan keadaan yang layak.

Salah satu penyebab kerugian pebisnis buah karena buah tidak bertahan lama, cepat layu dan busuk. Selain itu, sering terjadi refund pada saat buah dikirim ke luar kota karena buah yang diterima tidak layak untuk dijual.

Tips Kirim Buah Lewat JNE Agar Tetap Segar 

Tips Kirim Buah Lewat JNE Agar Tetap Segar 
Tips Kirim Buah Lewat JNE Agar Tetap Segar

Salah satu kunci yang harus dikuasai seorang pebisnis buah adalah menguasai teknik pengemasan/packing dan pengiriman buah ke luar kota. Karena kebanyakan kegagalan dalam bisnis buah-buahan disebabkan oleh buah busuk terlebih dahulu selama proses pengiriman sebelum sampai ke konsumen.

Terdapat beberapa cara sukses dalam bisnis buah-buahan. Di bawah ini beberapa tips mengirimkan buah agar tetap segar.

1. Pilih Buah yang Cocok untuk Dikirim

Perlu diketahui bahwa tidak semua buah dapat dikirim ke luar kota melalui jasa kirim buah lewat JNE. Hal ini dikarenakan setiap jenis buah mempunyai ciri yang berbeda-beda. Baik dari segi ketahanan terhadap suhu maupun kualitas daging.

Misalnya, buah mangga tentu kurang tahan dibandingkan semangka. Karena daging buah mangga lembut dan empuk, buah ini jauh lebih mudah rusak dibandingkan semangka, yang mempunyai umur simpan 3 hingga 4 minggu jika tidak dipotong.

Oleh karena itu, jika menggunakan jasa kirim buah lewat JNE reguler harap berhati-hati, jangan mengirimkan buah yang lunak atau buah yang mudah penyok.

2. Pilih Buah yang Berkualitas

Cara kedua yaitu memastikan buah yang dikirim ke konsumen adalah buah yang berkualitas. Hal ini karena buah berkualitas biasanya bertahan lebih lama dibandingkan buah kurang berkualitas. 

Ciri-ciri buah yang berkualitas dapat dikenali dari tingkat kematangannya yang biasanya terjadi pada waktu yang bersamaan/serentak. Untuk memperoleh buah yang berkualitas, sebaiknya buah dipanen pada saat sudah matang 90-98% sehingga pada saat dikirim ke pembeli sudah matang sempurna.

3. Pilih Kemasan Buah

Selain dari buahnya yang berkualitas, tips kirim buah lewat JNE adalah dengan memilih dan menentukan kemasan untuk jenis buah itu sendiri. Karena buah termasuk bisnis musiman dan menguntungkan. Oleh karena itu, perhatian khusus harus diberikan saat mengemasnya.

Berikut beberapa kemasan yang biasa digunakan untuk mengemas buah:

Buah potong dikemas dalam styrofoam dan lapisan plastik.

Buah-buahan kecil dikemas dalam kotak mika tertutup atau wadah plastik.

Buah bertekstur keras seperti apel, jeruk, salak dan pear dikirim menggunakan packing kayu agar aman. 

Tambahkan sheet atau soft foam pada buah lunak seperti mangga matang, peach, dan anggur.

Tambahkan jaring buah busa (foam net) untuk buah-buahan seperti apel, jeruk, alpukat, pear, dan sejenisnya.

Gunakan bubble wrap untuk mengemas buah agar tahan dari benturan.

Buah dipotong / siap makan hendaknya dibungkus dan ditempatkan di tempat pendingin untuk menjaga suhu dan mempertahankan kelembapan ruang.

Hindari penggunaan koran bekas untuk membungkus buah. Karena suhu ruangan akan naik dan buah akan cepat busuk.

Pengemasan buah yang baik akan melindungi buah dari kerusakan pada saat pengiriman melalui jalur darat, laut, atau udara.

4. Menentukan Jasa Pengiriman dan Perhatikan Estimasi Pengiriman

Tips yang paling penting berikutnya agar buah tetap segar adalah dengan memilih jasa kirim buah lewat JNE yang menjamin keamanan. Selain itu, layanan pengiriman ini juga dapat diandalkan.

Gunakan layanan pengiriman dengan waktu estimasi paling singkat agar buah tidak terlalu lama di perjalanan. Kecuali Anda dapat menjamin bahwa buah akan tetap segar selama beberapa hari sebelum sampai ke penerima.

Untuk paket yang pengirimannya relatif cepat, biasanya paket JNE YES. Artinya Yakin Esok Sampai ke alamat tujuan Anda melalui kurir JNE.

Perkiraan Biaya Kirim Buah Lewat JNE

Biaya Kirim Buah Lewat JNE
Biaya Kirim Buah Lewat JNE

Nah, bagi yang ingin mengirim buah melalui JNE, namun masih bingung dan khawatir biayanya mahal, penting untuk mengetahui biaya pengiriman yang diperlukan dan memperkirakan biaya yang akan Anda keluarkan jika mengirimkan buah melalui layanan JNE.

Di bawah ini adalah informasi lengkap mengenai biaya kirim buah lewat JNE.

1. Berat Barang

Biaya pengiriman yang harus Anda bayarkan saat mengirimkan buah melalui JNE dipengaruhi oleh berat barang. Jadi, semakin berat barangnya semakin mahal ongkos kirim yang harus Anda bayar. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui berat barang yang Anda kirim agar Anda dapat menghitung biaya pengiriman dengan benar.

2. Asuransi

JNE memiliki asuransi dengan jumlah premi yang bervariasi. Tujuan dari asuransi ini adalah untuk melindungi barang Anda selama proses pengiriman. Meski tidak diwajibkan, namun disarankan untuk menggunakan layanan asuransi ini demi menghindari kerugian jika barang Anda rusak atau hilang selama pengiriman. 

3. Jenis Layanan Pengiriman

JNE menawarkan berbagai jenis jasa pengiriman antara lain: JNE Reguler, JNE OK, dan JNE YES. Untuk biaya pengiriman bervariasi tergantung pada jenis layanan yang dipilih.

Layanan JNE Reguler merupakan jasa pengiriman termurah, namun sampainya lebih lama. Sedangkan JNE OK merupakan layanan pengiriman yang lebih cepat dibandingkan JNE Reguler, namun biayanya lebih mahal. Dan JNE YES saat ini merupakan layanan pengiriman tercepat dengan biaya pengiriman tertinggi.

4. Jarak Pengiriman 

Biaya pengiriman juga dipengaruhi oleh jarak antara tempat pengirim dan penerima. Makin jauh jaraknya, makin tinggi pula biaya pengiriman yang harus Anda bayar. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui jarak antara pengirim dan penerima agar perkiraan biaya pengiriman lebih akurat. 

5. Jenis Tanaman

JNE mempunyai aturan khusus mengenai jenis buah yang boleh dikirim. Jenis buah-buahan yang mudah rusak, tidak diperbolehkan untuk dikirim. Jadi, pastikan untuk memahami peraturan ini untuk menghindari kesalahan dalam memilih jenis buah yang Anda kirim.

Akhir Kata

Demikian informasi lengkap mengenai jasa kirim buah lewat JNE. Jadi, jika Anda berencana menjual buah secara online atau ingin memesan melalui jasa pengiriman JNE, jangan ragu karena pengiriman akan dilakukan sesuai syarat dan kebijakan. Terakhir, pastikan Anda melakukan packing dengan baik dan mengikuti aturan yang berlaku untuk memastikan barang Anda sampai di tujuan dengan selamat dan tidak rusak.

 

Devi Permata

Tinggalkan komentar