Kirim Paket Buah Lewat Pos, Mudah dan Cepat

Kirim paket buah lewat pos adalah cara termudah dan tercepat yang banyak dilakukan oleh para bakul sayur dan buah online. Jadi, apakah jual beli sayur dan buah secara online aman?

Pos adalah salah satu jasa pengiriman paket yang menyediakan berbagai layanan, salah satunya layanan kirim paket buah terbaik dengan harga yang bersahabat. Untuk mengetahui lebih jauh tentang kirim paket buah lewat pos, simak ulasannya sampai selesai.

Kirim Paket Buah Lewat Pos

Kirim Paket Buah Lewat Pos
Kirim Paket Buah Lewat Pos

Saat ini Pos Indonesia telah menyediakan layanan pengiriman berbagai jenis makanan, diantaranya buah-buahan. Pengiriman makanan seperti buah melalui Pos bisa menjadi solusi yang efektif bagi para pelanggan yang ingin mengirimkan paket makanan kepada keluarga atau teman ke kota lain.

Selain itu juga akan memudahkan para pengusaha kuliner dalam memperluas jangkauan pasar mereka. Nah, berikut ini cara aman melakukan pengiriman paket buah lewat pos serta cara cek ongkirnya.

1. Cara Aman Packing Paket Buah 

Mengirim makanan ke luar kota seringkali menjadi pertimbangan banyak orang, karena khawatir makanan akan rusak di perjalanan atau makanan sudah tidak bisa dikonsumsi ketika sampai. Kabar baiknya, saat ini Pos Indonesia sudah menyediakan layanan yang aman untuk pengiriman paket makanan seperti buah dan sayur.

Namun, sebelum melakukan pengiriman paket buah lewat Pos Indonesia, sebaiknya Anda memastikan sudah melakukan pengemasan dengan baik. Berikut ini cara packing paket buah supaya aman selama proses pengiriman:

  • Mengemas buah dengan plastik yang tersegel.
  • Jika akan menggunakan box, maka beri selotip di setiap sisi agar keamanan dan kesegarannya tetap terjaga.
  • Klasifikasikan jenis buah segar sesuai dengan jenisnya, misal buah salak dalam satu plastik dan buah jeruk dalam satu plastik lainnya.
  • Jika akan mengirimkan jenis buah yang keras seperti apel atau jeruk, maka sebaiknya packing menggunakan kotak kayu. 
  • Sedangkan untuk buah yang kecil dan rapuh, seperti anggur atau strawberry, bisa menggunakan kontainer plastik.
  • Untuk melakukan packing jenis buah segar yang fragile atau rapuh dan mudah lebam, seperti peach, bisa menambahkan soft foam.
  • Tambahkan ekstra plastik untuk menjaga temperatur tetap dingin.
  • Sebaiknya hindari penggunaan koran untuk membungkus buah, karena bisa membuat buah bertambah lembab.

2. Memilih Layanan Pos Kirim Buah

Setelah Anda melakukan packing dan memastikan paket buah yang akan Anda kirim ke luar kota aman, selanjutnya memilih jenis layanan pengiriman yang bisa mengirimkan paket buah Anda dengan baik.

Pos Indonesia adalah salah satu jasa pengiriman barang yang menjamin keamanan paket Anda. Ekspedisi ini memiliki beragam pilihan layanan yang bisa dipilih oleh pelanggan.

Untuk pengiriman buah dan sayur, penting mengetahui proses waktu dan pengiriman ekspedisi tersebut. Pos Same Day merupakan layanan yang sangat cocok untuk pengiriman bahan mentah, seperti ikan, buah/sayur segar dan lainnya. Karena layanan ini mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya:

  • Proses pengiriman dan penerimaan paket dilakukan di hari yang sama.
  • Paket sampai maximal 9 jam (Same Day Service).

Namun, jika Anda ingin pengiriman yang lebih kilat, maka Anda bisa memilih Instant Delivery dengan estimasi waktu kedatangan paket maksimal 4 jam. Sayangnya, layanan ini hanya untuk pengiriman di dalam kota saja.

3. Ongkos Kirim Paket Buah Lewat Pos

Sama seperti prosedur pengiriman barang lain pada umumnya, biaya kirim paket buah lewat Pos juga sesuai dengan berat paket dan jarak tempat tujuan pengiriman. Semakin jauh tujuan pengiriman, tentu ongkirnya pun semakin mahal.

Namun, yang perlu Anda ketahui bahwa biaya kirim paket buah menggunakan layanan Same Day Service juga lebih mahal, yakni 100%. Misalnya, jika menggunakan reguler service biaya pengiriman paket sekitar Rp.12.000, maka dengan Same Day Service bisa kena ongkir sekitar Rp.45.000 atau lebih.

Selain biaya ongkos kirimnya mahal, layanan ini juga tidak tersedia di seluruh wilayah, melainkan hanya pada radius beberapa kilometer saja.

Nah, jasa layanan Same Day Pos ini biasanya dimanfaatkan oleh mereka yang membeli barang urgent di online shop atau mengirimkan makanan, sayuran, buah, daging dan ikan segar. Karena memang barang yang dikirim menggunakan layanan ini sudah pasti akan tiba di hari yang sama.

Jadi, meskipun biaya kirimnya mahal, cukup banyak juga orang yang mengandalkan layanan ini untuk pengiriman paket mahan mentah seperti daging, ikan, sayur dan buah segar. Apalagi bagi yang sibuk, sehingga tidak sempat membeli ke pasar secara langsung. Maka, membeli secara online menggunakan layanan ini menjadi solusi yang tepat.

Akhir Kata

Kirim paket buah lewat Pos adalah solusi bagi Anda yang ingin mengirim buah-buahan secara cepat, sehingga tidak khawatir buah akan busuk atau tidak fresh. Meski ini adalah solusi mudah dan tepat dalam pengiriman buah, tetapi biaya ongkir layanan terbaiknya tentu tidak murah. Anda perlu menyediakan sejumlah uang lebih besar dari biaya pengiriman barang dengan layanan reguler.

Devi Permata

Tinggalkan komentar