Cara Cek Biaya Kirim Buah Lewat J&T

Biaya kirim buah lewat J&T adalah hal yang perlu diketahui sebelum memutuskan mengirim paket buah ke lokasi tujuan. Zaman sekarang apapun bisa dengan mudah diantar ke suatu tempat hanya dalam waktu sebentar. Bukan hanya barang-barang, bahkan berbagai jenis makanan pun bisa dikirim melalui ekspedisi seperti J&T.

Hanya saja untuk pengiriman buah dan sayur tidak semudah pengiriman produk elektronik dengan kemasan atau boxing bawaan. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan secara khusus dalam pengemasannya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengiriman buah lewat J&T, simak ulasannya sampai selesai.

Biaya Kirim Buah Lewat J&T

Kirim Buah Lewat J&T
Kirim Buah Lewat J&T

Sebelum mengirim paket berupa makanan lewat J&T, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis makanannya. Karena jenis makanan akan menentukan jenis layanan pengiriman J&T mana yang cocok untuk Anda pilih. Karena secara umum, terdapat dua jenis makanan yakni makanan kering dan makanan basah. 

Makanan kering, misalnya biskuit, buah kering, nastar dan lainnya. Sedangkan, makanan basah, contohnya bolu, puding, kue tart dan lainnya. Dari jenis-jenis makanan tersebut tentu cara penanganannya berbeda, begitupun dengan pilihan layanannya.

Cara Mengemas Buah Untuk Dikirim

Pengemasan dalam mengirim paket berupa makanan, seperti buah segar termasuk faktor penting. Sebelum buah dikirim, pastikan pengemasannya sudah baik dan benar agar terhindar dari risiko rusak, bocor dan terkontaminasi.

Setelah itu, jangan lupa untuk menempelkan label peringatan makanan (Food Fragile) setelah selesai packing. Misalnya, label stiker dengan tulisan, urgent food delivery, makanan mudah rusak, hati-hati makanan dan lain-lain.

Untuk menghindari kerusakan pada paket buah segar yang dikirim, Anda bisa mengatasinya dengan cara berikut ini:

  • Menggunakan kemasan plastik khusus atau wadah, seperti tupperware untuk membungkus buah yang akan dikirim.
  • Setelah itu lapisi lagi dengan bubble wrap untuk menghindari kerusakan akibat guncangan.
  • Bungkus kembali menggunakan kardus, dan rekatkan dengan isolasi supaya lebih aman dan kuat.

Memperhatikan kemasan yang akan Anda gunakan sangat penting, karena biasanya selama proses pengiriman, paket buah akan ditempatkan bersama dengan paket kiriman lain. Sehingga, mempengaruhi suhu dan temperatur, sedangkan buah sendiri sangat sensitif dengan hal tersebut dan berdampak pada kesegarannya saat paket diterima.

Jadi, buah dan sayur bisa saja dikirim lewat jasa ekspedisi J&T Express. Namun, si pengirim perlu memperhatikan dengan baik kemasan dan kelengkapan dokumen pada beberapa jenis produk makanan.

Memilih Layanan J&T Untuk Pengiriman Buah

Jasa pengiriman J&T Express menyediakan berbagai jenis layanan yang bisa memudahkan proses pengiriman paket. Sebelum memutuskan mengirim paket buah, Anda bisa memilih jenis layanan yang cocok agar cepat sampai dan buah masih tetap segar.

Untuk pengiriman paket jenis makanan, sebaiknya pilih layanan J&T Super yang estimasi waktunya 1-2 hari paket makanan sampai ke tujuan. Apalagi untuk jenis bahan makanan basah, seperti buah segar.

Selain J&T Super, Anda juga bisa menggunakan layanan J&T EZ maupun J&Y ECO untuk jenis makanan yang tahan lama atau memiliki masa kadaluarsa panjang, misalnya seperti buah-buahan kering.

Biaya Kirim Buah J&T Express

J&T Express
J&T Express

Biaya ongkos kirim buah J&T tidak memiliki perbedaan dengan pengiriman paket barang pada umumnya. Beban ongkir J&T Express tetap disesuaikan dengan berat paket buah yang dikirim, jarak lokasi tujuan serta jenis layanan yang dipilih.

Layanan dengan estimasi waktu lebih cepat tentu biaya ongkosnya lebih mahal ketimbang yang biasa. Selain itu, beberapa jenis buah bisa saja memerlukan kelengkapan dokumen dari dinas untuk memastikan Perlindungan terhadap konsumen serta proses pengiriman paket buah tersebut.

Saat melakukan pengiriman paket buah di J&T Express, sebaiknya Anda menggunakan asuransi untuk melindungi pengiriman. Tentunya hal itu akan menambah beban biaya pengiriman nantinya.

Nah, untuk mengecek berapa biaya ongkir buah J&T Express, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Silahkan kunjungi situs resmi J&T terlebih dahulu di alamat https://jet.co.id/
  • Selanjutnya pilih menu “Shipping Rates” pada laman Beranda J&T Express.
  • Setelah  itu akan muncul pop up berisi kolom kota asal kirim barang, kota tujuan, bobot barang.
  • Langsung saja masukkan informasi di dalam kolom isian, kemudian tekan tombol “Search”.
  • Masukkan kode Captcha yang muncul di layar, lalu tekan Verification.
  • Secara otomatis akan muncul tabel informasi daftar ongkir ke alamat yang dituju beserta pilihan layanan kirim yang tersedia.

Selain melalui website, Anda juga bisa menggunakan aplikasi J&T Express yang ada di Google Play Store. Caranya, cukup dengan menginstal aplikasi J&T Express, kemudian pada pilihan menu cari ‘Cek Tarif”. 

Setelah itu, masukkan data pada kolom asal kota, kota tujuan, bobot barang dan tekan tombol Search. Maka, secara otomatis akan muncul daftar ongkir serta layanan kirim yang tersedia.

Akhir Kata

Biaya kirim buah lewat J&T adalah sama saja dengan biaya pengiriman barang pada umumnya. Namun, untuk pengiriman buah J&T harus ada perhatian secara khusus, mulai dari pengemasan, pilihan layanan pengiriman hingga asuransi yang menjamin pengiriman buah aman.

Devi Permata

Tinggalkan komentar