3 Cara Cek Ongkir Paxel Makanan dan Ukurannya

Era digitalisasi yang terus berkembang, kini telah merambah ke dunia perkulineran. Maka dari itu, cek ongkir Paxel makanan adalah salah satu informasi yang akhir-akhir ini menempati topik populer pada mesin pencarian.

Sebab, ruang lingkupnya tidak lagi terbatas pada pengiriman makanan kering saja, tetapi juga basah dengan masa expired cenderung singkat. Misalnya saja kue basah, frozen food, brownies, jamu, dan berbagai makanan dan minuman yang lain.

Cara Cek Ongkir Paxel Makanan dan Layanannya

Cara Cek Ongkir Paxel Makanan
Cara Cek Ongkir Paxel Makanan

Ini dia yang menjadi alasan kepopuleran Paxel, yakni pengguna bisa icip-icip makanan dari tempat jauh, tanpa perlu datang ke sana. Selain itu, Paxel juga menyediakan berbagai layanan yang bisa pengguna pilih sesuai kebutuhan.

3 Cara Cek Ongkir Paxel Makanan

Adapun jenis-jenis layanan di Paxel, yaitu Instant (dalam kota), Sameday (sehari sampai), hingga PaxelBig. Selain layanan beragam, ternyata cara untuk cek ongkir Paxel makanan sangatlah mudah:

  • Melalui Website

Teknik pertama untuk mengecek ongkos kirim menggunakan Paxel ialah melalui website resmi. Tidak jauh berbeda dengan cara cek ongkir JNE, berikut tahapan-tahapannya:

  • Pertama-tama, silakan jalankan browser untuk membuka website Paxel atau tekan langsung tautan https://paxel.co/#track-check-rates-shipment 
  • Masukkan berat pesanan pada kolom yang tersedia, begitu juga dengan bagian lokasi penjemputan paket beserta tujuan
  • Selanjutnya, tekan pada opsi “Tambah Tujuan” untuk menambahkan alamat tujuan yang lainnya (jika ada dan maksimal sampai 3 tempat)
  • Akhiri langkah ini dengan menekan “Cek Ongkir” dan captcha sebagai konfirmasi, bahwa pengecek bukanlah robot
  • Selesai, informasi mengenai ongkos pengiriman sudah tertera pada layar
  • Cek Ongkir Paxel Makanan Melalui Aplikasi

Sebagai informasi tambahan, bahwa Paxel kini sudah mempunyai aplikasi resmi yang bisa diunduh melalui Play Store. Penggunaan aplikasi ini adalah pilihan paling tepat, terutama bagi pengguna yang sering melakukan transaksi makanan.

Selain bisa pengguna gunakan berulangkali, cara pengecekan ongkos kirimnya pun sangat mudah. Berikut step by step yang bisa diikuti:

  • Silakan unduh aplikasi Paxel terlebih dahulu, kemudian jalankan
  • Setelah aplikasi terbuka, tekan pada menu “Lainnya”
  • Klik opsi “Cek Ongkir” untuk memasukkan informasi pengiriman, seperti berat paket, alamat pengirim, serta tujuannya
  • Lanjutkan dengan menekan tombol “Cek Ongkir”, lalu selesaikan permintaan kode captcha sesuai perintah yang tertera di layar
  • Proses telah berakhir, kini informasi yang pengguna butuhkan sudah terpampang dengan jelas

Jika ingin melanjutkannya dengan mengirim barang, pengguna bisa menekan opsi “Kirim Sekarang” yang ada di bagian bawah informasi pengiriman tersebut. Maka sistem akan membuatkan data pengiriman, sesuai informasi yang tadi dimasukkan.

  • Melalui Website Lainya

Selain kedua poin di atas, masih ada satu cara lagi yang bisa pengguna terapkan, yakni melalui website cek ongkir lainnya. Berkat kemajuan teknologi, kini semakin banyak situs yang menyediakan fitur untuk pengecekan ongkos kirim beserta resi pengiriman.

Menariknya lagi, pengguna tidak wajib melakukan registrasi untuk bisa menggunakan fitur di dalam situs tersebut, sehingga sangatlah praktis. Di samping itu, secara teknis juga tidak jauh berbeda dengan cara cek ongkir SiCepat, yaitu:

  • Gunakan peramban pada laptop atau HP untuk memuat situs pengecekan ongkos kirim berbagai ekspedisi
  • Masukkan alamat pengirim, tujuan, serta berat paket, kemudian tekan saja pada tombol “Cek Ongkir”
  • Selesai, estimasi biaya sudah tertera di layar, silakan scroll sampai bawah untuk mencari nama ekspedisi yang diinginkan

Apabila tidak tertera nama ekspedisi Paxel, berarti ada dua kemungkinan. Pertama, situs tersebut belum terhubung dengan Paxel. Kemungkinan kedua, mungkin saja alamat belum terjangkau oleh layanan Paxel.

Ukuran Paket Paxel

Setiap ekspedisi mempunyai kebijakan dan aturan sendiri, termasuk mengenai dasar penghitungan ongkos kirim. Umumnya, dasar penghitungan tersebut adalah jarak, berat, dan ukuran atau dimensi paket.

Hal yang sama berlaku pada Paxel, dimana ongkos kirim juga dipengaruhi oleh ukuran paket yang terbagi menjadi 4 kategori:

  • Small

Paket small ialah kategori barang yang berat maksimalnya hanya 5 kilogram atau dengan ukuran 20 x 20 x 8cm. Contohnya jam tangan, kacamata, skincare, kosmetik, dokumen, perhiasan, dan lain-lain.

  • Medium

Dari segi bobot, berat paket medium sama seperti small, yakni hanya 5 kilogram. Namun, ukuran maksimalnya menjadi 20 x 22 x 12cm, seperti paket kamera, kaos, celana, boneka, sampai frozen food. Selain ukuran, tarifnya juga sedikit lebih tinggi dari paket small.

  • Large

Sesuai namanya, paket large ialah layanan pengiriman untuk barang-barang yang berukuran besar atau maksimal 35 x 30 x 25cm. Meski demikian, berat maksimalnya tetaplah sebesar 5 kilogram, seperti tas, jaket, sepatu, dll.

  • Custom

Kategori layanan Paxel yang terakhir, yaitu paket custom. Di sini, pengguna boleh menyesuaikan ukuran paket sesuai kebutuhan, tetapi tidak lebih dari 50 x 50 x 50cm. Adapun berat maksimalnya tetap berada di angka 5 kilogram dan tidak boleh lebih.

Pengguna bisa memanfaatkannya untuk mengirim tas besar, helm, sparepart kendaraan, dan lain-lain. Sementara dari segi harga tentu berbeda dengan ketiga kategori di atas, tetapi masih tetap terjangkau.

Akhir Kata

Pada dasarnya, cara cek ongkir Paxel makanan dan jasa pengiriman yang lain adalah sama. Selain praktis, ekspedisi ini juga menjamin keselamatan makanan sampai di tujuan. Cek keuntungan lainnya hanya di Ahlinesia.

Devi Permata

Tinggalkan komentar