Kirim Tanaman Lewat Pos: Syarat & Langkah Pengiriman

Tanaman hias dan tanaman kecil kini menjadi tren yang mendunia. Namun, bagaimana jika Anda menemukan tanaman favorit Anda di tempat yang jauh dan ingin membawanya pulang? Kirim tanaman lewat pos adalah solusi yang mungkin terlintas dalam pikiran Anda. 

Meskipun terdengar unik, tetapi dengan perkembangan teknologi pengemasan dan pengiriman, opsi ini menjadi semakin umum. Dalam artikel ini, Anda akan menjelajahi segala yang perlu Anda ketahui tentang mengirim tanaman melalui layanan pos. 

Jenis Tanaman yang Bisa Dikirim Lewat Pos

Jenis Tanaman yang Bisa Dikirim Lewat Pos
Jenis Tanaman yang Bisa Dikirim Lewat Pos | id.pinterest.com

Jenis tanaman yang dikirim melalui kirim tanaman lewat pos biasanya termasuk tanaman kecil atau tanaman hias dalam pot yang relatif ringan dan mudah diatur. Beberapa jenis tanaman yang sering dikirim lewat pos melibatkan karakteristik tertentu yang membuat mereka lebih cocok untuk pengiriman jarak jauh. 

Berikut adalah beberapa contoh jenis tanaman yang umumnya dapat di kirim lewat pos:

  • Sukulen: Sukulen adalah tanaman yang memiliki kemampuan menyimpan air dalam daun dan batangnya. 
  • Kaktus: Seperti sukulen, kaktus juga memiliki kemampuan menyimpan air dan dapat bertahan dalam kondisi pengiriman yang kurang ideal.
  • Tanaman Gantung: Tanaman yang memiliki daun yang menjulur, Anda bisa mengirimkannya lewat pos karena dapat dengan mudah dikemas dan diatur.
  • Tanaman Hias dalam Pot Kecil: Tanaman hias kecil seperti pilea, snake plant, atau peace lily dalam pot kecil adalah pilihan umum untuk pengiriman lewat pos.
  • Bonsai Mini: Bonsai mini atau tanaman bonsai yang memiliki ukuran kecil dan mudah pengaturannya dalam kemasan ringan cocok untuk pengiriman lewat pos.
  • Air Plants (Tillandsia): Tanaman tanpa akar ini dapat bertahan hidup tanpa tanah dan cenderung ringan, membuatnya cocok untuk Anda kirim lewat pos.
  • Herba atau Tanaman Aromatik dalam Pot: Tanaman herbal seperti mint, basil, atau rosemary dalam pot kecil dapat Anda kirim lewat pos dan memberikan nilai tambah berupa aroma segar.
  • Tanaman Mini Berbunga: Beberapa tanaman mini berbunga seperti kalancoe atau begonia dalam pot kecil dapat memberikan warna dan keceriaan saat terkirim lewat pos.

Persyaratan Kirim Tanaman Lewat Pos

Kirim tanaman lewat pos juga melibatkan beberapa persyaratan yang perlu Anda perhatikan. Penting untuk memahami aturan dan persyaratan yang berlaku untuk menghindari masalah selama pengiriman. Beberapa persyaratan yang perlu Anda pertimbangkan yaitu:

  • Pilih Tanaman yang Memperoleh Izin: Pastikan tanaman yang akan Anda kirim tidak termasuk dalam daftar tanaman terlarang atau berbahaya yang tidak mendapat izin untuk dikirim melalui layanan pos.
  • Persiapkan Tanaman dengan Baik: Periksa tanaman untuk memastikan keadaan kesehatannya dan pastikan tidak ada hama atau penyakit yang dapat merugikan. Potong bagian yang berlebihan dan pastikan tanah dalam kondisi baik.
  • Pilih Metode Pengemasan yang Tepat: Pilih kemasan yang sesuai dengan ukuran dan jenis tanaman. Gunakan bahan pelindung seperti bubble wrap atau serat kelapa untuk melindungi tanaman dari kerusakan selama pengiriman.
  • Sertifikat Kesehatan Tanaman: Beberapa jenis tanaman mungkin memerlukan sertifikat kesehatan tanaman dari otoritas pertanian setempat. Pastikan untuk memahami persyaratan ini dan memperoleh sertifikat jika diperlukan.
  • Pilih Layanan Pos yang Tepat: Pilih layanan pos yang menyediakan opsi asuransi dan pelacakan pengiriman. Pastikan untuk menggunakan layanan yang dapat diandalkan dan memiliki pengalaman dalam mengirimkan tanaman.
  • Informasi Penerima yang Lengkap: Isi formulir pengiriman dengan informasi penerima yang lengkap, termasuk alamat yang jelas dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
  • Periksa Layanan Pelacakan: Pastikan layanan pos yang Anda pilih menyediakan pelacakan pengiriman. Ini memungkinkan Anda memantau posisi tanaman selama perjalanan.
  • Berikan Panduan Perawatan: Sertakan petunjuk perawatan tanaman bersama dengan paket, sehingga penerima dapat memberikan perawatan yang sesuai setelah tanaman tiba.
  • Hubungi Layanan Pelanggan: Sebelum mengirim, dapatkan informasi lebih lanjut atau konfirmasi persyaratan khusus dengan menghubungi layanan pelanggan dari penyedia layanan pos yang Anda pilih.

Dengan mematuhi persyaratan ini, Anda dapat meningkatkan peluang keberhasilan kirim tanaman lewat pos.

Langkah untuk Kirim Tanaman Menggunakan Pos 

Kirim Tanaman Menggunakan Pos 
Kirim Tanaman Menggunakan Pos  | id.pinterest.com

Kirim tanaman lewat pos melibatkan beberapa langkah yang harus diikuti dengan hati-hati untuk memastikan tanaman tiba dengan selamat dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

1. Pilih Tanaman yang Cocok untuk Pengiriman

Pilih tanaman yang cocok untuk kirim tanaman lewat pos. Tanaman kecil dalam pot atau tanaman yang dapat bertahan dalam perjalanan pengiriman biasanya lebih disarankan.

2. Persiapkan Tanaman dengan Baik

Periksa tanaman untuk memastikan tidak ada hama atau penyakit. Persiapkan tanaman agar siap dikemas dengan aman.

3. Pilih Metode Pengemasan yang Tepat

Pilih metode pengemasan yang sesuai dengan jenis tanaman. Pastikan pot terpasang dengan baik agar tidak bergeser selama perjalanan.

4. Packing yang Aman

Gunakan bahan pengemas yang aman untuk melindungi tanaman. Bubble wrap, serat kelapa, atau kertas khusus untuk tanaman dapat digunakan untuk melindungi tanaman dari guncangan dan perubahan suhu. Pastikan tidak ada bagian yang tertekan atau patah selama pengiriman. Pastikan semua packing material ditempatkan dengan rapi untuk melindungi tanaman.

5. Pilih Layanan Pos yang Tepat

Pilih layanan kirim tanaman lewat pos yang menawarkan opsi asuransi dan pelacakan pengiriman. 

6. Isi Formulir Pengiriman dengan Benar

Isi formulir pengiriman dengan benar dan lengkap. Pastikan untuk mencantumkan informasi penerima dengan jelas, termasuk alamat yang lengkap dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

7. Jadwalkan Pengiriman 

Pilih waktu pengiriman yang sesuai dengan karakteristik tanaman dan kondisi cuaca di tempat asal dan tujuan. Hindari pengiriman selama musim atau kondisi cuaca yang dapat merugikan tanaman.

8. Hubungi Pos Indonesia untuk Konfirmasi

Sebelum mengirim, Anda dapat menghubungi Pos Indonesia untuk konfirmasi persyaratan dan petunjuk khusus yang berlaku untuk pengiriman tanaman.

Pastikan untuk selalu memeriksa persyaratan dan peraturan yang berlaku di Pos Indonesia. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan peluang keberhasilan kirim tanaman lewat pos

Kesimpulan

Kirim tanaman lewat pos adalah pilihan yang menarik, tetapi perlu diingat bahwa tidak semua jenis tanaman cocok untuk pengiriman ini. Pastikan juga untuk selalu mematuhi peraturan dan persyaratan yang berlaku untuk menghindari masalah hukum dan menjaga keberlanjutan lingkungan.

 

Devi Permata

Tinggalkan komentar