6 Jasa Pengiriman Tanaman Hidup Terbaik, Recommended!

Hadirnya jasa pengiriman tanaman hidup adalah salah satu layanan yang ditunggu-tunggu para penjual tagar bisa mengirim tanaman dengan aman. Bagaimana tidak, keberadaan  layanan ini akan membantu penjual melebarkan pangsa pasarnya hingga ke luar pulau.

Masyarakat yang suka merawat tanaman hidup pun sangat terbantu karena tidak harus pergi langsung untuk membawa tanaman yang disukai. Kamu hanya cukup memesannya secara online, maka penjual akan mengirim tanaman hidup tersebut dengan aman sampai ke tujuan dengan selamat.

6 Jasa Pengiriman Tanaman Hidup

Jasa Pengiriman Tanaman Hidup
Jasa Pengiriman Tanaman Hidup

Tanaman hidup adalah salah satu komoditas yang diperjualbelikan secara online dan pasti membutuhkan ekspedisi untuk mengirimnya agar tidak rusak. Mengirim tanaman hidup pasti memerlukan perlakuan khusus dan ketepatan waktu agar kesegarannya tetap terjaga sampai ke alamat tujuan.

Saat ini sudah banyak jasa pengiriman yang menyediakan layanan kirim tanaman ke berbagai daerah termasuk luar pulau dengan beragam fasilitas terbaik. Berikut ada beberapa jasa pengiriman tanaman hidup yang bisa kamu pilih untuk mengirim tanaman dengan aman dan minim kerusakan:

1. Pos Indonesia

pos Indonesia
Pos Indonesia

Pos Indonesia adalah jasa pengiriman barang BUMN dan menjadi salah satu ekspedisi kepercayaan masyarakat untuk mengirim barang. Ekspedisi ini menyediakan beberapa layanan pengiriman mulai dari dokumen, hingga barang besar termasuk tanaman hidup dengan estimasi pengiriman 3 -7 hari.

Pengiriman tanaman hidup melalui Pos Indonesia harus memenuhi beberapa persyaratan seperti surat karantina. Keamanan tanaman akan terjaga karena pengemasan dan pengiriman sesuai dengan prosedur yang berlaku. Hal tersebut bisa membantu menghindari masalah hukum yang mungkin berlaku.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengirim tanaman hidup adalah memilih kemasan yang tepat, tidak mengirim jenis tanaman yang dilarang, dan memenuhi prosedur pengiriman dari Pos Indonesia. Mengetahui jenis tanaman mempermudah penanganan saat proses pengiriman.

2. Jasa Pengiriman Tanaman Hidup: Lion Parcel

Lion parcel
Lion Parcel

Lion Parcel adalah jasa pengiriman barang milik Lion Air Group dan berdiri pada tahun 2013. Jangkauannya cukup luas mencakup seluruh Indonesia hingga pengiriman internasional dengan estimasi pengiriman 3 – 8 hari.

Menawarkan berbagai jenis layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, mulai dari pengiriman reguler, kilat, hingga express. Di sini kamu juga bisa mengirimkan tanaman hidup dengan pengemasan yang tepat agar tanaman tidak mudah rusak.

Tanaman adalah makhluk hidup yang kondisinya bisa rusak saat melalui proses pengiriman yang panjang. Maka Lion Parcel menawarkan untuk menggunakan layanan ONEPACK karena bisa mengirim barang dalam waktu 1 hari saja.

Pada saat mengirim tanaman melalui Lion Parcel kamu harus memastikan pot dan tanaman dimasukkan ke dalam kardus dengan diameter minimal dua kali lipat ukuran pot. Jangan lupa untuk membuat lubang udara agar tidak layu dan mati selama perjalanan.

3. JNE

JNE
JNE

Salah satu keunggulan JNE sebagai jasa pengiriman barang yang populer adalah ketersediaan layanan yang cukup beragam. Dengan ekspedisi kamu juga bisa mengirim tanaman hidup dengan memenuhi prosedur yang berlaku. Pengiriman bisa menggunakan jenis layanan Reguler, OKE, dan Yes.

Dalam pengiriman tanaman, JNE memiliki aturan khusus karena tidak semua tanaman bisa dikirimkan. Tanaman hidup yang dilindungi atau tanaman buah yang mudah busuk tidak bisa kamu kirim menggunakan ekspedisi ini. Pastikan kamu tahu jenis tanaman yang akan dikirim agar tidak ada masalah selama pengiriman.

JNE juga memberikan kemudahan kepada pelanggan yang membutuhkan surat karantina. Mereka akan membantu untuk menguruskan surat tersebut dan memberikan biaya pengiriman yang cukup terjangkau.

4. J&T

J&T
J&T

Ekspedisi lain yang bisa kamu gunakan untuk mengirim tanaman hidup adalah J&T. Namun, tetap harus memperhatikan jenis tanaman dan cara packing-nya agar tanaman tersebut tidak layu dan mati selama proses pengiriman.

J&T sebagai salah satu jasa pengiriman tanaman hidup memiliki beberapa prosedur yang sudah ditetapkan untuk menjaga tanaman supaya tetap aman sampai tujuan. Prosedur tersebut harus tidak hanya berlaku untuk pengiriman dalam negeri saja juga untuk tanaman yang dibeli dari luar negeri.

Syarat wajibnya adalah surat karantina yang didapatkan dari Balai Karantina atau Dinas Pertanian terdekat. Surat ini berfungsi untuk memeriksa dan menghindari tanaman dari adanya penyakit yang mungkin bisa menjangkit selama pengiriman. 

5. Paxel

Logo Paxel
Paxel

Saat ini Paxel sudah menyediakan layanan pengiriman tanaman hidup untuk mempermudah penjual memasarkan tanamannya ke luar kota. Pada saat mengirim tanaman, jangan lupa untuk mengemasnya dengan packing yang benar dan tepat supaya tanaman tetap segar.

Ada pilihan layanan mulai dari Sameday Delivery, Nextday, Reguler, hingga PaxelBig, kamu tinggal memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Mengirim dengan Sameday hingga reguler bisa kirim tanaman hingga berat 5 kg. Untuk PaxelBig bisa kirim sampai berat 20 kg.

6. Lalamove

Lalamove
Lalamove

Lalamove menjadi salah satu ekspedisi pengiriman tanaman yang bisa kirim dengan aman, mudah, cepat, dan terpercaya. Ekspedisi ini memiliki petugas yang sudah terlatih menangani berbagai jenis barang termasuk tanaman.

Tersedia fitur tas termal dengan desain menjadi wadah kokoh dan tahan cuaca serta suhu. Jadi tanaman akan tetap terjaga kesegarannya hingga ke alamat tujuan. Untuk tanaman yang lebih besar, Lalamove akan mengirimnya menggunakan armada MPV hingga Van untuk menjaga keamanannya.

Biaya kirimnya bisa kamu cek langsung ke website resmi atau aplikasinya. Untuk layanan dan fasilitas tambahan, maka akan ada penambahan biaya. Pembayaran bisa menggunakan pembayaran pascabayar atau prabayar.

Akhir Kata

Jadi, jasa pengiriman tanaman hidup adalah jawaban untuk pelaku bisnis tanaman hidup agar bisa melebarkan pangsa pasar hingga ke berbagai daerah bahkan luar negeri. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan agar tanaman sampai tanpa kerusakan. Pastikan untuk mengikuti semua prosedur yang berlaku.

 

 

Devi Permata

Tinggalkan komentar