Bagaimana Cara Cek Resi Pengiriman JNE? Ini Cara Mudahnya

Bagaimana cara cek resi pengiriman JNE adalah tahapan yang bisa dilakukan untuk mengecek perjalanan paket yang dipesan. Cara cek resi ekspedisi ini bisa pelanggan lakukan melalui website resmi atau aplikasi JNE. Pelanggan hanya perlu menyiapkan smartphone dan nomor resinya.

Nomor resi adalah urutan angka unik atau kode yang diberikan JNE setiap kali melakukan pengiriman paket. Kodenya berfungsi sebagai identifikasi pada setiap paket yang dikirim sehingga lebih mudah untuk memantau status pengiriman.

Bagaimana Cara Cek Resi Pengiriman JNE?

Bagaimana Cara Cek Resi Pengiriman JNE
Bagaimana Cara Cek Resi Pengiriman JNE

JNE adalah salah satu ekspedisi di Indonesia yang cukup populer dan banyak digunakan untuk mengirim barang atau belanja online. Bermula dari paket kecil sampai merambat ke logistik, bisnis transportasi, hingga penanganan ekspedisi kiriman import. 

Perusahaan yang sudah berdiri sejak 1990 ini telah melayani pengiriman paket ke seluruh Indonesia. Saat ini JNE sudah memiliki beragam jenis layanan untuk menjangkau pengiriman paket ke berbagai daerah. Dimana pelanggan juga bisa untuk mengecek perjalanan paket dengan nomor resi.

Nomor resi biasanya diberikan oleh pihak pengirim barang saat belanja online atau pihak ekspedisi saat paket telah dikirimkan. Adanya nomor resi, membuat pengirim dan ekspedisi bisa membuktikan bahwa paket sudah dikirim dan lebih bertanggung jawab dengan keberadaan paket.

Letak nomor resi berada di bawah barcode atau angka yang ada pada kolom e-connote. Kalau belanja online bisa mendapatkan nomornya dari penjual atau pihak lain.

Mengirim paket atau belanja online bisa lebih terjamin jika memiliki nomor resi supaya bisa mengecek perjalanan paket. Jadi, bagaimana cara cek resi pengiriman JNE? Ada beberapa cara yang bisa pelanggan lakukan untuk mengecek lokasi paket, berikut di antaranya:

1. Cara Cek Resi JNE Melalui MyJNE

Aplikasi MyJNE adalah aplikasi yang terhubung dengan nomor telepon pelanggan JNE, baik itu pengirim maupun penerima. Pelanggan bisa mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Fungsi utama aplikasi ini adalah mengecek tarif pengiriman, mengecek status pengiriman, mengecek lokasi, hingga melakukan transaksi jual beli. Jika kamu ingin melakukan cek resi di sini caranya mudah, sebagai berikut:

  • Unduh aplikasinya ke smartphone di Playstore atau Appstore.
  • Jika sudah terinstal, buka aplikasinya dan silahkan lengkapi semua informasi yang diminta.
  • Pihak MyJNE akan mengirim email konfirmasi yang harus di klik linknya. Akun akan aktif setelah mengisi semua informasi dan nomor telepon akan langsung tersambung dengan kiriman JNE.
  • Pelanggan sudah bisa mengecek resi dengan memasukkan nomor dari paket yang dikirim.
  • Bisa juga langsung pindai barcode yang ada di resi paket.
  • Setelah itu, informasi paket yang muncul.

2. Bagaimana Cara Cek Resi Pengiriman JNE Melalui Website

Paket yang pelanggan pesan bisa dipantau dengan cara cek nomor resi. Pada pengiriman JNE bisa mengeceknya melalui website resminya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, buka browser dan cari JNE
  • Saat masuk di halaman pertama browser langsung saja klik laman ini.
  • Untuk mengecek resi, tekan kolom “Lacak Kiriman”, lalu masukkan nomor resi JNE.
  • Kemudian klik enter, nanti akan muncul pencarian paket yang tersedia.
  • Klik nomor resi untuk mengecek detail status paket.

Selain melalui website resmi JNE, pelanggan juga bisa mengeceknya melalui situs website CSS. CSS (Customer Self Service) JNE adalah one stop aplikasi untuk memenuhi kebutuhan customer terbaik. Berikut cara mengecek resi melalui website tersebut.

  • Pertama, akses websitenya di mesin pencarian yang biasa digunakan.
  • Setelah masuk, langsung klik laman ini.
  • Lalu, scroll ke bawah hingga terdapat menu “Lacak Kiriman”.
  • Langsung masukkan nomor resi dan klik “Lacak”.
  • Nanti layar akan menampilkan perjalanan dan keberadaan paket kamu.

3. Cara Cek Resi JNE Melalui Cekresi.com

Pilihan lain yang bisa kamu lakukan untuk mengecek resi pengiriman JNE adalah melalui website cekresi. Bagaimana cara cek resi pengiriman JNE melalui cekresi? Berikut caranya:

  • Buka browser dan cari cekresi.
  • Pada halaman awal, langsung klik websitenya.
  • Setelah berhasil mengakses lamannya, langsung masukkan nomor resi JNE dengan benar di kotak yang tersedia dan klik “Cek Resi”.
  • Kemudian pilih ekspedisi JNE.
  • Status pengiriman paket akan tampil secara lengkap dan detail.

4. Cara Cek Resi JNE Melalui Sosial Media

Cek resi JNE melalui sosial media bisa pelanggan lakukan jika curiga saat paket berhenti lama. Hanya perlu memberikan nomor resi ke pusat layanan customer service JNE, seperti Twitter dan Facebook milik JNE.

Selain itu pelanggan juga bisa mengeceknya dengan menghubungi hotline JNE di nomor (021) 2927 8888 dan emailnya [email protected].

5. Cara Cek Resi JNE Datang ke Cabang

Cara terakhir untuk mengecek resi pengiriman JNE adalah melalui kantor cabang JNE terdekat. Jika kamu ingin hasil yang lebih akurat, bisa bertanya langsung ke petugas yang akan membantu pelacakan nomor resi kiriman tercantum untuk mengetahui status pengiriman.

Istilah-istilah Dalam Pengiriman JNE

Dalam pengecekan resi JNE akan ditemukan beberapa istilah penting yang menunjukkan perpindahan paket dari satu tempat ke tempat lain. Berikut beberapa istilahnya:

  1. Manifest, ini artinya JNE sudah menerima paket dan siap menunggu proses pengiriman.
  2. On Transit, istilah menunjukkan paket sedang singgah di kota lain dan akan diikutsertakan pada jadwal pengiriman ke kota tujuan.
  3. On Process, berarti paket sedang dalam proses pengiriman dan update-nya cukup lama.
  4. Received on Destination, artinya JNE kota tujuan sudah menerima paket namun belum dikirim ke alamat tujuan penerima.
  5. Delivered, memiliki arti paket sudah tiba di alamat tujuan.
  6. AU (Antar Ulang), memiliki arti paket sudah dibawa namun belum sempat diantar ke alamat tujuan dan akan diantar pada hari berikutnya.

Akhir Kata

Jadi, bagaimana cara cek resi pengiriman JNE? Mengecek nomor resi bisa melalui website atau aplikasi resmi JNE seperti cara-cara di atas. Mengecek nomor resi sangat membantu untuk memantau keberadaan paket yang sedang dalam pengiriman. Silahkah pilih cara yang paling mudah.

Devi Permata

Tinggalkan komentar