4 Cara Komplain aCommerce 2023 (Terlambat, Rusak, Hilang)

Berbelanja di online shop lokal maupun luar negeri secara kredit semakin digemari oleh pengguna Akulaku. Fintech sekaligus platform belanja online tersebut bermitra dengan aCommerce sebagai jasa ekspedisi. Sayangnya, banyak pengguna yang masih belum paham mengenai cara komplain aCommerce 2023 ketika pengirimannya bermasalah.

Kamu perlu mengetahui cara komplain ke jasa ekspedisi aCommerce, karena terkadang terjadi kesalahan sehingga paket bermasalah seperti pengiriman terlambat, barang hilang ataupun rusak. Kamu bisa melakukan tracking pada paket sehingga ketika ada masalah, kamu bisa langsung menghubungi customer service.

Terkadang sistem tracking paket aCommerce tidak real time dan status pengirimannya telat untuk di update sehingga hasilnya tidak akurat. Bagi pengguna Akulaku yang membeli barang dari luar negeri seperti China, pasti sangat khawatir dengan keberadaan paket. Terlebih, jika paket berisi barang elektronik seperti handphone dan laptop. Kini, tidak perlu panik karena ahlinesia.com akan membahas cara komplain ke aCommerce.

Mengapa Jasa Pengiriman aCommerce Lama?

Mengapa Jasa Pengiriman aCommerce Lama
Mengapa Jasa Pengiriman aCommerce Lama?

Biasanya, orang yang memakai aCommerce adalah orang-orang yang sering berbelanja kredit di Akulaku. Namun, masih ada marketplace lain yang juga bermitra dengan aCommerce.

Area jangkauan aCommerce mencakup Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina. Sebagai e-commerce enabler terbesar di Asia Tenggara, ternyata layanan aCommerce tidak hanya pengiriman paket, tetapi juga hal lain seperti produksi, marketing dan customer care.

Walaupun menawarkan layanan lengkap dan memiliki reputasi yang baik di skala Asia Tenggara, kenapa proses pengirimannya lama? Terdapat 3 alasan utama yang menjawab pertanyaan tersebut, yaitu: 

1. Kantor aCommerce Hanya Ada di Beberapa Kota

Salah satu faktor cepatnya pengiriman paket adalah banyaknya kantor cabang atau agen jasa ekspedisi yang lokasinya tersebar di seluruh Indonesia. Dengan begitu, kurir dapat langsung menjangkau alamat penerima tepat waktu.

Sayangnya, jumlah kantor aCommerce sangat sedikit dan hanya berada di Jakarta, Bandung, Bekasi dan Semarang. Keterbatasan kantor cabang menyebabkan aCommerce tergolong lambat dalam pengantaran paket karena tidak dapat menjangkau seluruh daerah di Indonesia.

Sebelum kamu memakai layanan aCommerce, sebaiknya cek dulu apakah ada kantor cabang yang berlokasi di area domisili atau tidak. Tujuannya untuk menghindari keterlambatan paket atau risiko lain, misalnya kerusakan dan kehilangan.

Sedikitnya jumlah kantor cabang menjadi hambatan yang menyebabkan banyak pengguna mengeluh. Paket yang seharusnya bisa sampai dalam hitungan hari, justru bisa mundur hingga satu bulan.

2. Kurir Masih Sedikit

Jika kantor operasionalnya sedikit, maka kemungkinan jumlah kurirnya pun tidaklah banyak. Keterbatasan jumlah kurir tersebut juga menjadi penghambat perjalanan paket untuk sampai ke lokasi tujuan dengan cepat.

Kekuatan ekspedisi untuk mengirim paket tepat waktu ke pembeli di seluruh wilayah Indonesia dipikul oleh kurir. Wajar apabila aCommerce tergolong lebih lambat dibandingkan jasa ekspedisi populer lain karena jumlah kurir tidak sebanding dengan banyaknya paket yang harus diantar.

Lalu, bagaimana cara komplain aCommerce paket belum sampai? Kamu bisa melakukannya dengan menghubungi kantor pusat aCommerce yang ada di Jakarta. Lamanya pengiriman dalam kota yang umumnya memakan 1-2 hari, bisa bertambah lama antara 5-10 hari.

3. Sering Dialihkan ke Ekspedisi Lain

Alasan lain dari lamanya pengiriman aCommerce yakni paket sering dialihkan ke ekspedisi lokal. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan kantor cabang atau agen dan kurir aCommerce sehingga harus memindahkan proses pengiriman ke ekspedisi lokal seperti JNE, J&T dan Pos Indonesia.

Jadi, aCommerce ternyata bekerjasama dengan jasa pengiriman lain yang ada di Indonesia untuk menjangkau area tujuan yang tidak bisa dijangkau oleh mereka. Kerjasama tersebut memang bagus demi meningkatkan pelayanan, namun memakan waktu yang lebih lama.

Proses pengalihan paket tersebut bahkan bisa lebih lama lagi apabila terkendala oleh cuaca atau masalah teknis tertentu. Salah satu review kurang mengenakkan yang pernah diberikan pengguna yakni pengiriman dari Jakarta ke Tangerang yang butuh 1 minggu dari waktu ideal 2 hingga 3 hari.

Cara Komplain aCommerce 2023

Daftar Cara Komplain aCommerce
Daftar Cara Komplain aCommerce

Ada beberapa cara untuk komplain ke pihak aCommerce yakni menghubungi Call Center, mengirim email, menghubungi via akun medsos dan mendatangi kantor aCommerce. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Kontak Call Center aCommerce Jakarta

Call Center aCommerce Jakarta -> (021) 295 585 00

Cara komplain aCommerce melalui Call Center bisa kamu lakukan dengan menghubungi nomor (021) 295 585 00 saat jam kerja. Isi keluhan yang disampaikan dapat berupa lama pengiriman, masalah pengecekan resi, status pengiriman paket yang tidak kunjung berubah atau hal lain yang relevan.

Pastikan untuk menggunakan kalimat yang jelas, langsung ke inti dan sopan sehingga respons dari CS akan cepat. Apabila kamu merasa kurang puas dengan jawaban CS, maka jangan sungkan untuk menanyakan lebih lanjut karena keberadaan dan keamanan paket sangat penting.

2. Hubungi Email aCommerce

Apabila tidak bisa menelepon atau ingin mencoba cara lain, maka pertimbangkan untuk mengirim email berisi keluhan yang dialami. Ada dua alamat email yang disediakan oleh pihak aCommerce yakni [email protected] dan [email protected].

Untuk kata-katanya, kamu bisa memakai contoh template komplain berikut ini:

Subjek Email : Komplain Layanan Pengiriman aCommerce

Selamat Pagi,

Melalui email ini, saya menyampaikan permasalahan terkait pengiriman paket dari kota A ke kota C. Saya mengalami kesulitan dalam pengecekan nomor resi sehingga tidak dapat melacak keberadaan paket yang harusnya sampai 4 hari yang lalu sesuai estimasi waktu pengiriman maksimal.

Berikut identitas saya:

  • Nama:
  • Nomor Resi:
  • Alamat:
  • Nomor Handphone:

Mohon pihak aCommerce untuk membantu saya menangani kendala tersebut. Terima kasih.

Salam

(Nama kamu)

3. Melalui Media Sosial CS aCommerce

Facebook https://web.facebook.com/aCommerce.Indonesia/
Twitter https://twitter.com/aCommerceASIA

Cara komplain untuk pengiriman terlambat, barang hilang atau rusak juga dapat kamu lakukan lewat media sosial aCommerce di Facebook dan Twitter. Berikut cara komplain aCommerce melalui media sosial aCommerce:

  • Buka aplikasi Facebook, lalu ketikkan nama akun “aCommerce Indonesia” pada kolom pencarian. Jika menggunakan Twitter, maka cari akun bernama “@aCommerceASIA”.
  • Setelah ketemu, masuk ke menu Messenger di FB atau Direct Message (DM) di Twitter untuk mengirim pesan pribadi ke aCommerce.
  • Ketikkan pesan dengan kalimat yang formal dan jelas. Awali dengan salam pembuka, kemudian cantumkan informasi lengkap mulai dari nama, alamat, nomor handphone, alamat email, nomor resi dan isi komplain.
  • Tunggu balasan dari admin terkait komplain yang sudah kamu kirimkan lewat fitur pesan pribadi di media sosial.

4. Komplain ke Kantor aCommerce

Jika lokasimu dekat dengan kantor aCommerce, kamu bisa mendatangi kantor pusat maupun cabang aCommerce. Berikut alamatnya:

Berikut alamat kantor aCommerce di Jakarta dan kota besar lainnya:

Kantor Alamat
Kantor Pusat Indonesia PT aCommerce Solusi LestariSahid Sudirman Center Lantai 17AJl. Jendral Sudirman No.86 Jakarta Pusat 10220
Kantor Fulfillment Center Indonesia aCommerce Distribution Center (ACDC)Pergudangan Widya Sakti Kusuma Blok A7-10Jl. Wahab Affan Pondok Ungu Bekasi, 13650, Indonesia
Jakarta Timur Intirub Business Park,Warehouse Phase 1 Ground Floor,Jl. Cililitan Besar No.454, Jakarta Timur, 13650
Bandung Jl. Pratista Tim. I Blok A No 16, Antapani Kidul, Antapani, 40291
Semarang Perum Graha Prasetya No.B62,Jl. Graha Prasetya IV, Pedalangan, Banyumanik, 50268

Ada 4 cara komplain aCommerce 2023 terkait waktu pengiriman yang melebihi estimasi atau masalah lain yaitu menelpon Call Center, mengirim pesan via email, mengirim pesan via FB atau Twitter dan mendatangi kantor pusat atau kantor cabang.

Komplain dengan mendatangi kantor aCommerce tidak bisa dilakukan secara online sehingga jadikan sebagai alternatif terakhir saja. Walaupun jasa pengiriman tersebut sering menerima komplain, namun aCommerce tetap menawarkan banyak kelebihan.

Beberapa kelebihannya yaitu layanan gratis ongkos kirim, jumlah mitra marketplace yang banyak sehingga memudahkan pembeli untuk berbelanja, dan layanan belanja COD. Karena sudah tahu cara komplain, maka kamu tidak perlu bingung apabila paket tidak kunjung sampai di alamat tujuan.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Ahlinesia, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar