Lama Pengiriman Grab Express 2024 (Same Day, Instant Bike/Car)

Ahlinesia.com – Grab Express adalah salah satu ekspedisi yang bisa mengirim barang ke lokasi tujuan dengan cepat. Jika sebelumnya Grab hanya melayani pengangkutan penumpang, kini kamu bisa mengirim paket juga. Jadi tidak heran kalau banyak orang menanyakan berapa lama pengiriman Grab Express.

Perlu kamu ketahui, estimasi waktu pengirimannya berbeda-beda tergantung layanan yang kamu pilih (Instant Bike, Same Day Bike, dan Instant Car). Jika ingin cepat sampai, kamu bisa pilih Instant Bike atau Instant Car. Jika ingin hemat, maka pilih Same Day Bike.

Grab memiliki dua jenis kendaraan yang digunakan untuk mengangkut barang maupun penumpang, yakni roda dua dan roda empat. Khusus barang yang jumlahnya banyak dan ukurannya besar, bisa memakai kendaraan roda empat.

Baca juga: Cara Cek Resi Grab Express

Berapa Lama Pengiriman Grab Express?

Berapa Lama Pengiriman Grab Express?
Berapa Lama Pengiriman Grab Express?

Sama dengan jasa ekspedisi barang pada umumnya, Grab juga menyediakan beberapa layanan yang bisa dipilih pelanggan sesuai kebutuhannya. Setiap layanan memiliki kelebihan masing-masing yang mempengaruhi ongkos kirimnya.

Setiap layanan Grab juga menawarkan estimasi waktu pengiriman yang berbeda. Berikut lama pengiriman Grab Express 2024 yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.

Tipe Pengiriman Estimasi Pengiriman Ketentuan
Instant Bike (maksimal 3 jam) 50 x 50 x 50 cm dan berat maksimal 15 kg
Same Day Bike (maksimal 6 jam) 50 x 50 x 50 cm dan berat maksimal 15 kg
Instant Car (maksimal 3 jam) 100 x 100 x 80 cm dan berat maksimal 150 kg

1. Grab Express Instant Bike

Grab Express Instant Bike
Grab Express Instant Bike

Layanan pertama adalah Instant bike dengan waktu pengiriman maksimal 3 jam setelah barang diserahkan pada kurir dengan pengangkutan sebelum pukul 4 sore.

Sesuai namanya, layanan pengiriman barang jenis ini menggunakan kendaraan roda dua atau motor sebagai alat pengangkutnya. Menariknya, layanannya bisa dipakai untuk mengantar paket dengan jangkauan yang sangat luas yakni ke lebih dari 50 kota besar di Indonesia.

Instant bike termasuk layanan yang paling banyak digunakan. Karena hanya memakai kendaraan roda dua, tentu saja bobot dan volume barang untuk layanan ini dibatasi. Adapun dimensi maksimal paket yang bisa dikirim dengan Instant bike adalah 50cm x 50cm x 50cm, sedangkan bobot maksimal 15 kg.

2. Grab Express Same Day Bike

Grab Express Same Day Bike
Grab Express Same Day Bike

Grab juga memiliki layanan ekspedisi dengan waktu pengiriman di hari yang sama. Adapun estimasi waktu pengirimannya adalah sampai di hari yang sama (maksimal 6 jam).

Adapun daerah yang bisa dijangkau dengan Grab Same Day adalah Kota Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Solo, Malang, Yogyakarta, Semarang, dan kota-kota besar lainnya.

Lama pengirimannya cukup bervariasi tergantung kondisi di jalan dan lokasi tujuan pengiriman, namun pengiriman paling lama yaitu 6 jam sesudah paket diterima oleh kurir.

Ketentuannya sama dengan Instant Bike, yakni pengangkutan maksimal sampai pukul 4 sore dengan bobot barang maksimal 15 kg karena diangkut dengan kendaraan bermotor.

3. Grab Express Instant Car

Grab Express Instant Car
Grab Express Instant Car

Banyak yang bertanya berapa lama pengiriman Grab Express Instant Car? Pertanyaan ini muncul karena layanan Grab Instant memberikan waktu pengiriman yang berbeda-beda. Ini disebabkan layanan Grab Instant dibagi menjadi dua, yakni by car dan by bike.

Tentu saja pengiriman dengan motor bisa lebih cepat di perkotaan karena bisa menembus macet, berbanding terbalik dengan menggunakan mobil yang rentan terjebak macet.

Meski begitu, layanan Grab Express Instant Car sangat diminati karena mampu mengirimkan paket dengan ukuran dan bobot yang jauh lebih besar. Berat maksimal paket yang bisa dikirim adalah 150 kg dengan dimensi 100cm x 100cm x 80cm.

Lama pengiriman layanan Grab Express Instant Car adalah maksimal 3 jam sejak barang diterima oleh kurir yang bertugas.

Baca juga: Cara Komplain Grab Express

Jadwal Pengiriman Grab Express

Jadwal Pengiriman Grab Express
Jadwal Pengiriman Grab Express

Lamanya pengiriman barang yang dilakukan oleh berbagai ekspedisi sangat dipengaruhi oleh waktu pengemasan atau pick up. Jika pengiriman barang dilakukan saat sudah memasuki waktu pick up, tentu barang bisa lebih cepat sampai atau sesuai estimasi.

Sebaliknya kalau barang dikirim jauh melewati dari waktu pick up, tentu pengiriman juga bisa lebih lama dari estimasinya. Bahkan bisa dikirim sampai satu atau 2 hari setelahnya kalau terpotong hari libur.

Untuk itulah, kamu juga harus jeli dalam memperhatikan waktu pick up Grab Express agar paket bisa segera diproses. Berikut tabel jadwal waktu pengiriman Grab Express yang bisa dijadikan pertimbangan.

Jenis Pesanan Waktu Pickup Instant Waktu Pickup Same Day
Order di Grab 09.00-16.00 maksimal 2 jam setelah pickup
Grab Express Tokopedia 07.00-17.00 08.00-18.00
Grab Express Shopee 09.00-16.00 09.00-18.00
Grab Express Bukalapak 09.00-16.00 09.00-16.00

Dari tabel di atas, dapat diketahui bahwa rata-rata batas waktu pick up adalah sampai pukul 4 sore. Jadi, hindari melakukan pengiriman barang di atas jam tersebut agar barang bisa dikirim di hari yang sama tanpa harus menunggu esok hari.

Baca juga: Arti Status Pengiriman Grab Express

Masalah yang Bisa Memperlambat Pengiriman Grab Express

Semua ekspedisi pengiriman pasti pernah mengalami kendala yang memperlambat proses pengiriman paket, begitu juga dengan Grab Express. Ada beberapa kendala yang biasa terjadi pada jasa pengiriman ini, di antaranya:

Apabila berbagai kendala di atas terjadi, pelanggan bisa langsung menghubungi layanan pelanggan Grab Express agar segera diproses dan perjalanan paket tidak terhambat.

Baca juga: Cara Kirim Barang Lewat Grab Express
Grab Express Instant berapa lama ?

Maksimal pengirimannya 3 jam setelah barang di ambil kurir


Meskipun estimasi pengiriman Grab Express terbilang cepat, tapi tidak semuanya mampu mengirimkan paket tepat waktu. Hal ini terjadi karena pengiriman barang sangat dipengaruhi oleh kondisi selama di jalan.

Kalau dijalan banyak kendala macet atau kendaraan mengalami masalah diluar dugaan, bisa saja pengiriman Grab Express lebih lambat sehingga melewati estimasi pengiriman yang sudah disepakati.

Untuk mencegah kondisi keterlambatan yang tidak diharapkan, pastikan kamu sudah memiliki kerja sama dengan Grab terdekat dan terpercaya untuk mengirimkan barang ke berbagai rute. Jadi saat ada kendala, pihak Grab akan segera memberikan konfirmasi sehingga tidak merugikanmu dan pembelimu.

Raissa Sarita Saraswati

Raissa (caca) adalah admin marketplace yang sering mengirim paket menggunakan ekspedisi Sicepat, JNE, Shipper, SAP Express, Alfatrex, Indopaket, GoSend, Grab Express dan lainnya.

Tinggalkan komentar