6 Cara Komplain ID Express 2023 (Terlambat, Rusak, Hilang)

Cara komplain ID Express – ID Express sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, karena biaya pengirimannya yang murah dan berkualitas. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa ada beberapa masalah pada pengiriman yang menyebabkan pelanggan melakukan komplain.

Kamu bisa komplain untuk mengajukan keluhan atas permasalahan yang dialami ketika menggunakan pengiriman ID Express. Kendala yang biasanya terjadi pada jasa pengiriman adalah keterlambatan pengiriman, barang rusak, barang hilang, atau alamat salah.

Kendala-kendala tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor, misalnya diakibatkan oleh kurir, operasional, bahkan karena cuaca yang buruk. Untuk mengajukan komplain ID Express, kamu bisa menggunakan beberapa cara seperti lewat call center, live chat, media sosial, email, WA, dan kantor.

Baca juga: Arti Status Pengiriman ID Express

Persiapan Sebelum Komplain ID Express

Persiapan Sebelum Komplain ID Express
Persiapan Sebelum Komplain ID Express

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan komplain ke ID Express yang akan kami bahas nanti. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu siapkan untuk mempermudah pengajuan komplain:

1. Melakukan Pengecekan Resi

ID Express memang menyediakan fasilitas untuk orang yang ingin mengajukan keluhan terkait pengirimannya yang bermasalah. Akan tetapi sebelum mengajukan keluhan, alangkah lebih baiknya jika kamu mengecek resi terlebih dahulu secara berkala.

Hal tersebut berguna untuk mengetahui posisi paket atau barang yang dikirim secara real time. Dengan mengecek resi, kamu juga bisa tahu jika pengiriman mengalami masalah sehingga bisa langsung komplain ke ID Express.

Nah, kamu bisa mengecek status pengiriman secara real time dengan menggunakan nomor resi melalui beberapa cara seperti lewat aplikasi atau website resmi ID Express dan website pihak ke 3.

2. Catat Keluhan yang Dialami

Selain melakukan pengecekan resi, kamu juga perlu mencatat semua keluhan yang ingin disampaikan kepada pihak ID Express. Tak hanya itu saja, kamu juga perlu mencatat informasi penting terkait paket yang mengalami masalah, seperti:

  • Nomor resi pengiriman
  • Nama pengirim
  • Nama penerima
  • Alamat asal pengiriman
  • Alamat tujuan pengiriman
  • Jenis layanan ID Express yang digunakan
  • Kendala yang dialami

Menuliskan identitas paket beserta permasalah yang dialami, akan memudahkan pihak ID Express untuk menemukan solusi terbaik dari permasalahanmu.

Cara Komplain ID Express Online & Offline

Cara Komplain ID Express Online dan Offline
Cara Komplain ID Express Online dan Offline

Jika mengalami masalah pada pengiriman ID Express, kamu bisa langsung menghubungi pihak ID Express untuk mendapat solusi yang tepat. Nah, bagaimana cara komplain ID Express yang tepat? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  • Komplain via Call Center ID Express
  • Cara Mengakses Live Chat ID Express
  • Komplain Melalui Media Sosial ID Express
  • Pengaduan ID Express Lewat WhatsApp
  • Komplain ID Express Lewat Email
  • Komplain ke Kantor ID Express

Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut:

1. Cara Komplain via Call Center ID Express

Call Center 021 8082 3899

Cara pertama ini merupakan langkah yang banyak dipilih oleh pelanggan ketika mengalami kendala pengiriman pada layanan ID Express. Pasalnya, dengan menghubungi call center mereka akan mendapatkan respon yang cepat dan penanganan yang tanggap pula.

Tak hanya itu saja, call center ID Express menyediakan layanan selama 24 jam nonstop, sehingga kamu bisa mengajukan keluhan kapanpun dan dimanapun. Nah, untuk mengajukan komplain melalui call center ini, kamu perlu menghubungi nomor 021 8082 3899.

Sebelum mengajukan komplain dengan cara ini, kamu perlu menyiapkan pulsa terlebih dahulu. Tak hanya itu saja, kamu juga perlu menyiapkan beberapa informasi penting mengenai keluhan yang akan disampaikan, mulai dari nomor resi, data pengirim, data penerima, ciri-ciri paket yang dikirimkan, dan juga jenis layanan yang digunakan dalam pengiriman.

2. Cara Mengakses Live Chat ID Express

Jika kamu merasa menghubungi call center ID Express terasa memberatkan karena harus membeli pulsa, kamu bisa menggunakan cara kedua, yakni komplain melalui Live Chat. Nah, Live Chat ID express bisa diakses dengan mengunjungi website resminya secara langsung.

Komplain lewat fitur Live Chat di website ID Express tidak akan dikenakan biaya alias gratis, namun kamu harus terhubung dengan jaringan internet. Sedangkan untuk mengajukan keluhan menggunakan fitur Live Chat, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka browser yang biasa kamu gunakan.
  • Jika sudah, langsung ketikkan alamat website resmi ID Express pada kolom pencarian atau klik link berikut https://idexpress.com/.
  • Setelah berhasil masuk ke website ID Express, silahkan klik icon atau tombol “Chat” berwarna biru yang terletak di bagian pojok kanan bawah.
  • Kemudian masukkan nama, email dan nomor teleponmu.
  • Jika sudah, silahkan sampaikan semua kendala atau keluhan yang kamu alami terkait layanan ID Express, kemudian lampirkan juga informasi berupa nomor resi, data pengirim dan penerima, serta jenis layanan yang kamu gunakan dalam pengiriman.
  • Setelah itu, kamu bisa klik tombol “Kirim” dan tunggu balasan dari customer service ID Express.
  • Selesai.

3. Komplain Melalui Media Sosial ID Express

Media Sosial
Media Sosial

Cara komplain ID Express yang ketiga bisa memanfaatkan akun sosial media jasa ekspedisi ini. Selain menyampaikan komplain, kamu juga bisa mengirim kritik dan saran untuk membangun serta mengembangkan ekspedisi ID Express.

ID Express memiliki beberapa platform media sosial untuk berinteraksi secara langsung dengan para pelanggan dan berikut ini daftarnya:

Media Sosial Link
Instagram https://www.instagram.com/idexpress_official/
Facebook https://www.facebook.com/idexpressofficial
Twitter https://twitter.com/idexpress_care

Jika kamu menggunakan sosial media untuk menyampaikan komplain, maka caranya adalah dengan mengirimkan Direct Message kepada admin sosial media. Sampaikan keluhan kamu dengan bahasa yang sopan dan tunggu admin memberikan feedback.

Namun, ketika memilih cara satu ini maka kamu wajib bersabar, karena sosial media ID Express tidak hanya melayani komplain saja. Mereka juga membalas semua pertanyaan dari para pelanggan yang jumlahnya sangat banyak, sehingga membutuhkan waktu untuk memberikan feedback.

Baca juga: Cara Request Pick Up ID Express

4. Pengaduan ID Express Lewat WhatsApp

WhatsApp
WhatsApp

Untuk memperluas akses pelanggan, ID Express menyediakan layanan pelanggan melalui whatsapp. Kamu bisa bertanya, menyampaikan kritik, saran, bahkan bisa komplain terkait pengiriman yang bermasalah.

Kamu bisa menghubungi whatsapp ID Express ke nomor 62 8820 0011 1000. Dengan adanya layanan ini, diharapkan pelanggan bisa lebih mudah untuk menghubungi ID Express.

5. Komplain ID Express Lewat Email

Email
Email

Cara komplain selanjutnya adalah melalui email resi ID Express. Jika mengadukan keluhan lewat cara ini, kamu harus bersabar untuk menunggu jawaban dari admin karena mereka harus menjawab keluhan dari banyak orang.

Kamu bisa langsung mengirim email ke [email protected], dengan melampirkan informasi terkait paket yang bermasalah seperti identitas pengirim, identitas penerima, nomor telepon, alamat lengkap, dan lainnya.

Dengan begitu, masalah yang kamu alami akan lebih mudah untuk dicarikan solusi oleh customer service ID Express.

6. Komplain ke Kantor ID Express

Cara lainnya untuk menyampaikan keluhan atas kendala yang terjadi pada pengiriman ID Express adalah dengan datang langsung ke kantor atau agen ID Express. Untuk mengetahui alamat kantor serta agen terdekat, kamu bisa mencari lewat google maps.

Jika ingin komplain dengan cara ini, kamu perlu membawa informasi paket yang mengalami masalah. kalau bisa, sertakan bukti seperti kerusakan pada paket berupa foto / video. Dengan cara ini, kamu akan mendapat respon cepat dan penanganan yang tanggap, karena bisa langsung berinteraksi dengan pihak ID Express.

Baca juga: Review ID Express

Penyebab Komplain ID Express

Penyebab Komplain ID Express
Penyebab Komplain ID Express

Berbagai macam kendala pengiriman bisa saja terjadi, baik pada jasa ekspedisi ID Express maupun jasa ekspedisi lainnya. Namun, pastinya setiap jasa ekspedisi memiliki cara masing-masing untuk mengatasi kendala yang terjadi demi kepuasan pelanggan. Berikut ini beberapa kendala pengiriman ID Express:

  • Penerima barang menerima paket dalam kondisi tidak semestinya, baik dalam kondisi rusak, cacat, atau bahkan tidak sesuai dengan yang dikirimkan. Dalam kondisi ini, penyebab terjadinya kerusakan diakibatkan oleh kesalahan dari penjual atau pihak ekspedisinya.
  • Hasil pelacakan, status pengiriman terakhir paket sudah diterima oleh penerima namun nama tidak sesuai dengan informasi atau bahkan tidak dikenal. Dengan demikian, barang belum benar-benar diterima oleh penerima asli.
  • Paket sudah sampai di agen ID Express terdekat dengan alamat tujuan, akan tetapi pengantar atau kurir tidak bisa menemukan alamat sesuai dengan data.
  • Kurir mengantarkan paket ke alamat tujuan yang salah, sehingga barang tidak sampai ke penerima asli meskipun pada status pengiriman sudah berhasil dikirim.
  • Status pengiriman pada saat pengecekan nomor resi tidak sesuai dengan data real time atau data belum diperbarui sama sekali.
  • Paket yang dikirimkan oleh pelanggan hilang dan tidak bisa ditemukan.

Itu tadi beberapa kendala yang paling sering terjadi ketika menggunakan ID Express, sehingga pelanggan mengajukan komplain kepada pihak ekspedisi.

Cara Klaim Asuransi Jasa Pengiriman ID Express

Cara Klaim Asuransi Jasa Pengiriman ID Express
Cara Klaim Asuransi Jasa Pengiriman ID Express

ID Express memiliki layanan asuransi yang bertujuan untuk meminimalisir risiko kerugian, baik berupa barang hilang maupun rusak selama proses pengiriman berlangsung.

Jika kamu memesan barang melalui marketplace Shopee, maka klaim asuransi dapat dilakukan maksimal 2 hari setelah paket berhasil diterima. Caranya mudah, kamu hanya perlu menghubungi Customer Service Shopee dan memberikan data terkait paket tersebut.

Data-data yang biasanya diminta oleh customer service untuk melayani klaim asuransi adalah nomor pesanan, kemudian nomor resi pengiriman dari ID Express, dan bukti paket telah rusak atau cacat, bisa menggunakan video maupun foto.

Setelah itu, customer service akan melanjutkan investigasi dengan mengajukan klaim secara langsung kepada tim ID Express, sehingga kamu hanya perlu menunggu prosesnya selesai.

Sekadar informasi, ID Express akan melakukan verifikasi klaim setelah mendapatkan laporan dari tim Shopee dan prosesnya maksimal 5 hari kerja. Apabila pengajuan klaim kamu berhasil, saldo ganti rugi akan secara otomatis masuk atau bertambah di Shopeepay.

Namun sebaliknya, jika klaim ditolak, maka customer service akan segera menghubungi kamu untuk memberikan pemberitahuan serta alasan penolakan klaim.

FAQ

FAQ

Ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh para pelanggan terkait layanan ID Express. Berikut adalah pertanyaan yang paling banyak diajukan oleh pelanggan beserta jawabannya:

Apa itu POD Scan ID Express?

POD Scan merupakan status pengiriman atau informasi yang memberitahukan pelanggan ID Express bahwa paket sudah diantar secara langsung kepada penerima.

Berapa lama pengiriman ID Express?

Pengiriman ID Express tergolong cepat, karena paket akan sampai ke lokasi tujuan maksimal 10 hari kerja.

Apa bisa komplain ID Express lewat email?

Bisa, Selain itu, kamu juga bisa menggunakan opsi lain untuk menghubungi ID Express mulai dari sosial media, call center, Live Chat, atau datang langsung ke kantor / agen terdekat.


Jika kamu mendapatkan kendala pengiriman saat menggunakan ID Express, maka jangan takut untuk mengajukan komplain. Kamu bisa memilih cara komplain ID Express yang paling efektif seperti yang telah dibahas di atas, sehingga bisa mendapat solusi terbaik.

Karena ID Express merupakan salah satu jasa ekspedisi yang mementingkan kepuasan pelanggan, jadi mereka akan merespon pengajuan komplain mu dengan baik dan akan berusaha semaksimal mungkin untuk menemukan solusi yang tepat.

Bagi yang belum tahu, ada tiga layanan paling populer dari jID Express, yakni pengiriman Reguler, ID Lite, dan Same Day. Setiap layanan memiliki ketentuan, karakteristik, dan biaya pengiriman yang berbeda-beda.

Corry Luqma Zunira

Corry adalah pebisnis yang sering menggunakan jasa pengiriman J&T, TIKI, Anteraja, Wahana, ID Express dan Ninja Xpress untuk mengirimkan paketnya.

Satu pemikiran pada “6 Cara Komplain ID Express 2023 (Terlambat, Rusak, Hilang)”

  1. Payah Pelayanan nya
    Kirim Ke daerah Jabodetabek aja Lama bngt

    Paket Pindah2 Dari Awal Masuk Bogor Pindah Ke Bogor Parung,Balik lagi ke Bogor Pindah ke Bogor Timur,Balik lagi ke Bogor,Pindah Ke Bogor Utara,Balik lagi Kebogor,Pindah Ke Citereup,Balik lagi ke Bogor ,sekarang baru ke cibinong baru dibawa ama kurir….Cs nya Late Respon, Chat via Web gak di Respon,chat via Wa Chat hari ini di bls Besok,via No tlp gak Nyambung, Browsing No Tlp Lokasi Outlet ID Ekspress nyaris gak ada no tlp nya …Payah asli Pelayannnya

    Balas

Tinggalkan komentar