Kirim Barang via Laut ke Malaysia: Efisiensi Pengiriman Internasional

Dalam dinamika globalisasi, kirim barang via laut ke Malaysia adalah salah satu solusi logistik yang efisien dan terpercaya. Dengan jalur maritim yang menghubungkan berbagai pelabuhan, pengiriman ini menjadi pilihan utama untuk bisnis yang mengutamakan keandalan dalam rantai pasok dan distribusi.

Keunggulan pengiriman laut mencakup kapasitas besar, biaya yang lebih terjangkau, dan kemampuan untuk mengangkut berbagai jenis barang, menjadikannya pilihan strategis dalam mengoptimalkan pergerakan barang secara internasional.

Proses Pengiriman Barang via Laut ke Malaysia 

Proses Pengiriman Barang via Laut ke Malaysia 
Proses Pengiriman Barang via Laut ke Malaysia  | id.pinterest.com

Proses kirim barang via laut ke Malaysia dimulai dengan pengemasan dan persiapan barang yang cermat di pelabuhan asal. Setelah itu, petugas menyiapkan kapal kargo untuk memuat barang-barang tersebut sesuai dengan rute dan jadwal pengiriman.

Selama perjalanan laut, wajib untuk memastikan keamanan dan integritas barang terjaga dengan ketat. Sementara itu informasi pelacakan secara real-time memungkinkan pengirim dan penerima untuk memantau posisi dan status pengiriman.

Persiapan Pengiriman via Laut

Dengan infrastruktur pelabuhan yang modern dan terintegrasi, kirim barang via laut ke Malaysia memainkan peran penting dalam mendukung konektivitas perdagangan internasional dan pertumbuhan ekonomi pada kawasan ini. Untuk mengirim barang via laut ke Malaysia tentunya memerlukan persiapan yang cermat.

Berikut adalah langkah-langkah dan hal-hal yang penting sebelum pengiriman:

  1. Pengepakan Barang

Pengemasan barang harus cermat menggunakan bahan yang sesuai, seperti bubble wrap atau kardus khusus pengiriman laut, untuk melindungi dari kerusakan selama perjalanan.

  1. Dokumen Pengiriman

Persiapkan dokumen-dokumen penting seperti faktur komersial, daftar kargo, dan dokumen lainnya sebagai kelengkapan pada tahap otoritas kepabeanan.

  1. Label Pengiriman

Setiap barang harus memiliki label dengan informasi lengkap, termasuk alamat pengirim dan penerima, deskripsi barang, dan jumlah koli.

  1. Pemilihan Kapal dan Rute

Pilih jenis kapal yang sesuai dengan jenis barang dan tentukan rute optimal untuk mencapai tujuan di Malaysia.

  1. Konsolidasi Barang

Jika memungkinkan, konsolidasikan barang untuk mengoptimalkan ruang kargo dan mengurangi biaya pengiriman.

  1. Dokumen Keamanan

Pastikan dokumen keamanan terkait pengiriman laut, seperti Shipping Order (S/O) dan Bill of Lading (B/L), telah siap dan terverifikasi dengan benar.

  1. Asuransi Kargo

Pertimbangkan untuk mengasuransikan kargo untuk melindungi dari risiko kerusakan atau kehilangan selama perjalanan.

  1. Pemeriksaan Kondisi Barang

Sebelum pengiriman, lakukan pemeriksaan kondisi barang untuk memastikan semuanya dalam keadaan baik.

  1. Peraturan Kepabeanan

Pahami peraturan kepabeanan Malaysia dan pastikan semua persyaratan terpenuhi untuk memperlancar proses kepabeanan.

10 Informasi Pelacakan

Jika tersedia, pastikan sudah memiliki akses ke informasi pelacakan real-time untuk memantau perjalanan dan posisi barang selama pengiriman.

Dengan memerhatikan hal-hal tersebut, pengirim dapat memastikan bahwa proses kirim barang via laut ke Malaysia berjalan lancar dan efisien.

Perusahaan Indonesia Penyedia Jasa Pengiriman Via Laut Ke Malaysia

Beberapa ekspedisi dan perusahaan logistik di Indonesia yang menyediakan layanan pengiriman barang via laut ke Malaysia antara lain:

1. JNE (Jalur Nugraha Ekakurir)

JNE
JNE | id.pinterest.com

JNE merupakan perusahaan logistik terkemuka di Indonesia yang menyediakan layanan pengiriman barang baik domestik maupun internasional, termasuk ke Malaysia.

2. Tiki

tiki
Tiki | id.pinterest.com

Tiki adalah perusahaan kurir dan ekspedisi yang menyediakan berbagai layanan pengiriman, termasuk pengiriman via laut ke destinasi internasional seperti Malaysia.

3. RPX

RPX adalah perusahaan logistik yang menyediakan berbagai solusi pengiriman dan logistik, termasuk pengiriman barang via laut ke berbagai negara, termasuk Malaysia.

4. Garuda Indonesia Cargo

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia menyediakan layanan kargo yang melibatkan pengiriman barang via laut ke berbagai tujuan, termasuk Malaysia.

5. Lion Parcel

Lion parcel
Lion Parcel | id.pinterest.com

Lion Parcel, sebagai bagian dari Lion Group, menyediakan layanan pengiriman barang internasional termasuk melalui jalur laut ke Malaysia.

6. Cahaya Abadi Cargo (CAC)

CAC adalah perusahaan ekspedisi dan cargo yang menyediakan layanan pengiriman barang internasional, termasuk ke Malaysia.

Kelebihan dan Kekurangan Pengiriman Barang Ke Malaysia Via Laut

Pengiriman Barang Ke Malaysia Via Laut
Pengiriman Barang Ke Malaysia Via Laut | id.pinterest.com

Tentunya kirim barang via laut ke Malaysia ada kelebihan dan kekurangannya. Simak apa saja kelebihan dan kekurangan mengirimkan barang ke Malaysia melalui jalur laut. 

Kelebihan Kirim Barang Via Laut Ke Malaysia

Ada banyak kelebihan atau keuntungan mengirimkan barang dari Indonesia ke Malaysia dengan menggunakan jalur laut. Apa saja itu? Berikut beberapa keuntungannya.

  • Pengiriman via laut memungkinkan pengangkutan barang dalam jumlah besar dan berat, ideal untuk pengiriman kargo dengan volume tinggi. 
  • Biaya pengiriman via laut cenderung lebih rendah daripada moda transportasi lainnya, terutama untuk pengiriman dalam skala besar.
  • Dengan banyaknya pelabuhan dan rute maritim, pengiriman via laut memberikan opsi yang berkelanjutan untuk mendukung distribusi barang secara efisien.
  • Pengiriman laut dapat mengangkut berbagai jenis barang, termasuk barang cair, kemasan besar, dan barang dengan persyaratan penyimpanan khusus.
  • Kapal kargo mampu untuk mengatasi cuaca buruk, sehingga memberikan ketahanan terhadap gangguan akibat kondisi cuaca ekstrem.

Kekurangan pengiriman barang via laut ke Malaysia

Meski memiliki banyak keuntungan, namun pengiriman barang via laut ini tentu saja tetap memiliki kekurangan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda pertimbangkan beberapa kekurangan berikut sebelum memutuskan untuk mengirim barang ke Malaysia via laut.

  • Meskipun kapal kargo modern memiliki kecepatan yang baik, waktu pengiriman via laut umumnya lebih lama daripada pengiriman via udara.
  • Cuaca buruk atau kondisi laut yang tidak menguntungkan dapat memengaruhi jadwal pengiriman, terutama selama musim badai atau kondisi laut yang sulit. 
  • Risiko kerusakan atau kehilangan barang selama perjalanan laut bisa lebih tinggi daripada moda transportasi yang lebih cepat.
  • Keterlambatan dalam pengiriman dapat berdampak pada rantai pasok dan memerlukan perencanaan yang cermat untuk menghindari ketidaksempurnaan jadwal.
  • Proses kepabeanan untuk pengiriman via laut bisa lebih kompleks dan memerlukan pemahaman yang baik tentang regulasi dan persyaratan pabean.

Akhir Kata 

Dalam mengejar efisiensi dan keandalan dalam rantai pasok global, kirim barang via laut ke Malaysia adalah bukti bahwa pilihan tersebut sudah baik. Dengan dukungan dari berbagai ekspedisi dan perusahaan logistik terkemuka di Indonesia, proses pengiriman ini adalah solusi yang efektif, dan mendukung konektivitas perdagangan internasional.

 

Devi Permata

Tinggalkan komentar