33 Istilah & Arti Status Pengiriman Pos Indonesia 2024 (Lengkap)

Salah satu jasa pengiriman paket yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia dari dulu hingga saat ini adalah Pos Indonesia. Bukan hanya untuk kebutuhan pengiriman paket saja melainkan juga untuk pengiriman barang dari belanja online.

Bukan hanya itu saja, alasan lain yang membuat masyarakat selalu mempercayai jasa pengiriman ini adalah karena sudah ada banyak cabang di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, status pengirimannya juga sangat mudah untuk di cek dan dilacak.

Jadi kamu tidak perlu merisaukan tentang bagaimana perjalanan pengiriman paket terkini. Agar kamu semakin memahami jasa pengiriman ini dengan baik, sebaiknya kamu paham kode, istilah dan arti status pengiriman Pos Indonesia.

Baca juga: Cara Komplain Pos Indonesia

Istilah & Arti Status Pengiriman Pos Indonesia

Istilah dan Arti Status Pengiriman Pos Indonesia
Istilah dan Arti Status Pengiriman Pos Indonesia

Ada beberapa jenis status pengiriman yang ada pada jasa ekspedisi ini. Bagi orang yang masih bingung mengenai apa saja istilah dan arti status pengiriman Pos Indonesia, sebaiknya pahami informasi berikut ini.

Status Pengiriman Arti Status Pengiriman POS Indonesia
Antaran Paket tengah diantar ke lokasi tujuan
Berangkat ke Kantor Penerusan Pengiriman dilakukan ke gudang kantor POS kota
Berangkat Ke Kantor Pos Tujuan Paket sedang dikirimkan ke kantor POS kota tujuan
Diteruskan ke Hub Paket dalam antrian untuk dikirimkan ke gudang kantor POS kota tujuan
Diteruskan ke Kantor Antaran Paketan tengah diantarkan ke lokasi gudang kantor POS sesuai kota tujuan
Manifest Serah Paketan telah diserahkan ke kantor POS dari kota pengirim
Manifest Terima Paket sudah diterima kantor POS kemudian akan diproses
Penerimaan di loket Paketan sudah diterima di loket kantor POS atau Agen POS kemudian terdaftar pada sistem
Posting Loket Paketan telah diterima loket POS
Proses Antar Paketan tengah diproses pengirimannya oleh kurir
Puri Kirim Proses pengiriman paket
Puri Terima Paketan telah diterima di kantor POS kota tujuan
Selesai Antar Pengiriman selai dilakukan sampai ke alamat tujuan
Tiba di Hub Pengiriman sampai ke gudang kantor POS dari kota pengirimnya
Tiba di Kantor Antaran Paket sampai ke kantor POS kota tujuan
Baca juga: Berapa Lama Pengiriman Pos Indonesia

1. Penerimaan Paket di Loket (Nama Kantor Pos/Agen)

Status pengiriman ini artinya paket yang kamu kirimkan sudah terdaftar dalam sistem di kantor pos maupun agen yang berkaitan. Oleh karena itu, sebelum kamu meninggalkan kantor pos sebaiknya mengecek bukti pengiriman.

Cek dengan teliti untuk memastikan bahwa huruf maupun angka yang tertera pada bukti pengiriman tersebut sudah terbaca dengan baik. Jika bagian nomor resi tidak terbaca dengan jelas, nanti akan menyusahkanmu untuk melacak paket.

2. Diteruskan ke Hub (Nama Kantor Pos/Agen)

Status pengiriman berikutnya ialah Diteruskan ke Hub (Nama Kantor Pos/Agen). Arti dari status pengiriman ini adalah keberadaan paketmu sedang dalam proses antrian pengiriman menuju ke gudang kantor pos di kota pengiriman. Nantinya, pada bagian status pelacakan paket terdapat kode pos terdekat.

Tahapan ini biasanya berada tepat setelah status pengiriman Penerimaan Paket di Loket. Jadi, pada status pengiriman ini, paketmu sedang diantarkan terlebih dahulu menuju gudang kantor pos di kotamu sebelum dilanjutkan ke proses pengiriman berikutnya.

3. Pengiriman Tiba di Hub (Nama Kantor Pos/Agen)

Status pengiriman selanjutnya setelah paket dikirimkan ke gudang kantor pos terdekat ialah Pengiriman Tiba di Hub (Nama Kantor Pos/Agen). Status pengiriman ini berarti paket yang kamu kirimkan sudah sampai di gudang kantor pos di kota pengirim.

Nantinya, paket yang dikirimkan akan diteruskan ke gudang kantor dari pihak penerima paket. Biasanya pada bagian status pengiriman akan ditampilkan kode lokasi dari keberadaan paket yang dikirimkan pengirim.

4. Diteruskan Menuju Kantor Antaran (Nama Kantor Pos/Agen)

Setelah paketmu tiba di gudang kantor pos terdekat dari kota pengiriman, berikutnya akan tampil status Diteruskan Menuju Kantor Antaran (Nama Kantor Pos/Agen). Artinya paket yang sudah kamu kirimkan sedang dalam perjalanan menuju ke kantor antaran.

Kantor antaran disini maksudnya adalah kantor pos yang berada di lokasi penerima paket. Nantinya kode lokasi dari keberadaan paket akan muncul pada bagian status pengiriman tersebut. Jadi, kamu bisa dengan mudah melakukan pengecekan.

5. Paket Telah Tiba di Kantor Antaran (Nama Kantor Pos/Agen)

Status pengiriman setelah Diteruskan Menuju Kantor Antaran adalah Paket Telah Tiba di Kantor Antaran (Nama Kantor Pos/Agen). Artinya paket yang kamu kirimkan sudah sampai di kantor antaran pos dekat penerima paket (paket sampai ke kantor POS kota tujuan).

Berikutnya, paket tersebut akan diteruskan untuk masuk ke daftar pengantaran oleh pihak kantor pos. Sebagai informasi, kode lokasi keberadaan paket akan muncul pada bagian status pengiriman dengan lengkap.

6. Proses Pengantaran Paket ke Penerima

Setelah paket yang kamu kirimkan sampai di kantor antaran, maka status pengiriman berikutnya yang akan muncul adalah Proses Pengantaran Paket ke Penerima. Jika muncul status pengiriman seperti ini, maka artinya paketmu sedang dalam proses pengiriman ke lokasi penerima oleh kurir.

Jadi, kurir kantor pos akan mengirimkan paketmu sesuai dengan alamat yang tertera. Pada laman tracking, kamu bisa memperhatikan bagian kode kantor pos yang tercantum, apakah sudah sesuai atau belum.

7. Paket Telah Selesai Diantar (Nama Kantor Pos/Agen)

Status pengiriman terakhir adalah Paket Telah Selesai Diantar. Maksudnya, paket yang tadi diantarkan oleh pihak kurir kantor pos sudah diterima oleh pihak penerima paket tersebut.

Jika paket belum diterima, namun status pengiriman sudah selesai, sebaiknya kamu menanyakan pada orang yang berada dekat dengan alamat tersebut. Bisa jadi paket tersebut justru diterima oleh sanak saudara lainnya yang kebetulan bertemu dengan kurir kantor pos.

Baca juga: Tarif Pos Indonesia

Daftar Penerima Paket Pos Indonesia

Daftar Penerima Paket Pos Indonesia
Daftar Penerima Paket Pos Indonesia

Selain mencermati istilah dan arti status pengiriman POS Indonesia, kamu juga perlu mencermati apa saja daftar penerima paket dari kantor pos. Ada begitu banyak daftar penerima paket yang bisa kamu cermati seperti berikut.

Status Pengiriman Arti Daftar Pengiriman POS Indonesia
Diri Sendiri Berarti paket tersebut diterima oleh orang yang bersangkutan atau sesuai nama penerima yang tertera di paket.
Orang Serumah Paketan diterima orang dalam satu rumah. Misalnya, kakak, adik, ayah, atau ibu.
Satpam Artinya paket yang kamu kirimkan sudah diterima dengan baik oleh satpam yang lokasinya berada di alamat penerima paket.
Mail Room Kiriman diterima oleh petugas mailroom.
Receptionist Seperti namanya, artinya paket terkirim sesuai alamat namun penerima adalah receptionist. Dan biasanya ini hanya akan tertulis jika kiriman di tujukan ke kantor/apartment.
Rekan Kerja/Pegawai Artinya paket sudah diterima oleh rekan kerja maupun pegawai yang berada di alamat penerima.
Pemilik Kos Paketmu sudah diterima oleh pemilik kos yang sesuai dengan alamat pihak penerima. Jadi, kamu bisa menghubungi pemilik kos untuk mengambil paketnya.
Petugas PO Box Berarti kamu perlu meminta agar penerima paket segera menghubungi petugas tersebut untuk mengambil paket.
Suami/Istri Jika kamu mengirim paket untuk orang yang sudah berkeluarga, bisa jadi yang akan menerima adalah pihak suami maupun istri. Karena itulah pastinya juga bisa muncul status penerima paket Suami/Istri.
Pembantu Sering juga penerimaan paket di serahkan ke pekerja rumah tangga.
Yang Diberi Kuasa Paketan telah diterima yang diberi kuasa. Artinya penerima tidak berada di lokasi sehingga membutuhkan pihak yang diberi kuasa untuk menerima paket dari kurir kantor pos.

Arti Status pengiriman Gagal POS indonesia

Arti Status Pengiriman Gagal Pos Indonesia
Arti Status Pengiriman Gagal Pos Indonesia

Bukan hanya paket yang berhasil diterima saja yang akan muncul statusnya. Akan tetapi, jika paketmu gagal terkirim juga akan muncul statusnya. Berikut merupakan beberapa daftar status untuk pengiriman yang gagal.

Status Pengiriman Arti Status Pengiriman gagal POS Indonesia
Alamat Tidak Jelas Paketmu gagal dikirim karena alamat yang dicantumkan tidak jelas sehingga kurir tidak dapat menemukan alamatnya. Dengan demikian, akan muncul status pengiriman yang gagal dengan bunyi Alamat Tidak Jelas.
Ditolak Paket ditolak oleh penerima, penolakan tersebut bisa dikarenakan oleh berbagai macam alasan. Misalnya, paket tidak sesuai, terjadi kerusakan paket, nama pengirim yang tidak dikenal dan sebagainya.
Pindah Alamat Pengiriman sudah dilakukan kemudian dibawa kembali kurir karena adanya perpindahan alamat
Penerima Tidak Dikenal Paket juga akan gagal dalam pengiriman apabila penerima tidak dikenal. Hal ini bisa terjadi ketika paket sudah dikirim lokasi tujuan, namun orang-orang di lokasi tujuan tidak mengenali nama si penerima.
Meninggal Dunia Apabila penerima paket sudah meninggal dunia, maka paket tersebut akan gagal dikirim. Nantinya akan muncul notifikasi bahwa paket tersebut gagal dikirim.
Rumah Kosong Jika rumah penerima paket dalam kondisi kosong, maka hal tersebut berarti bahwa paketmu juga gagal dikirim. Biasanya paket akan kembali ke kantor pos terdekat.
Kiriman Tidak Tersedia Terakhir, pengiriman akan dinyatakan gagal apabila terdapat kesalahan pada nomor resi pengiriman paket. Karena itulah, penting sekali bagi kamu untuk mengecek dengan teliti terkait nomor resi pengiriman paket.
Baca juga: Pos Kilat Khusus Shopee

Cara Mengecek Resi Pengiriman dari Pos Indonesia

Cara Cek Resi Pos Indonesia
Cara Cek Resi Pos Indonesia

Agar bisa mengecek status pengiriman dari Pos Indonesia, kamu bisa cek resi terlebih dahulu. Cara cek resi pengiriman pun tidak sulit untuk dilakukan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka https://www.posindonesia.co.id/id
  • Scroll ke bagian bawah sampai menemukan menu Lacak Pengiriman.
  • Silakan masukan nomor resi yang sudah kamu terima setelah selesai mengirimkan paket.
  • Jika sudah, kamu bisa langsung mengetuk opsi Tracking atau klik Enter.
  • Tunggu beberapa saat sampai layar menampilkan informasi yang kamu butuhkan.

Biasanya informasi yang akan tercantum dalam tampilan web tersebut dimulai dari kapan waktu pengiriman dilakukan, alamat pengiriman, status pengiriman, status, lokasi dan informasi lainnya yang relevan.


Kesimpulannya, kamu perlu mengetahui kode, istilah, dan arti status pengiriman Pos Indonesia. Dengan begitu, kamu bisa memahami status pengiriman setelah cek resi. Selain itu, kamu juga perlu tahu tentang bagaimana cara tracking paket, mengetahui daftar penerima paket, dan cara mengatasi paket yang gagal dikirim.

Daftar penerima paket juga banyak, mulai dari paket diterima oleh diri sendiri, pemilik kos, suami/istri, kerabat, sekretaris/resepsionis dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga harus memahami mengapa paketmu bisa gagal dikirim.

Bisa jadi paketmu gagal dikirim karena berbagai macam alasan, mulai dari alamat tidak jelas, rumah kosong, penerima tidak dikenal, penerima meninggal dunia, kiriman tidak tersedia, ditolak penerima dan sebagainya.

FAQ Terkait Status Pengiriman POS Indonesia

Bagaimana cara menghubungi kurir Pos Indonesia

Anda bisa kontak Pos Indonesia melalui media berikut:
Halopos 1500161.
Livechat: VIDAPOS.
Telegram: @posindonesia_officialbot.
Line: @posindonesia.

Apa nama Brand kurir PT Pos Indonesia?

HUT RI ke-76, Pos Indonesia Selenggarakan Soft Launching Brand Kurir Baru dan Rebranding Aplikasi ‘PosAja‘ Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76 pada tanggal 17 Agustus 2021, PT Pos Indonesia (Persero) memperkenalkan identitas Layanan Kurir yaitu ‘PosAja’

Kapan pengiriman pos indonesia?

Senin-Kamis: 07.00-22.00Jumat-Sabtu: 07.00-19.00Minggu dan Hari Libur: Jam operasional tergantung kebijakan lokasi cabang, umumnya tutup pada pukul 13.00.

Apa itu status posting loket di Pos Indonesia?

Posting Loket artinya adalah kiriman kalian sudah diterima di loket dan akan diproses ke kantor pos tujuan. Kalau kiriman diposkan berada di kantor cabang, makan barang akan dikirimkan ke kantor pos pusat atau besar terlebih dahulu, sebelum ke kantor pos tujuan

Bagaimana cara komplain ke Kantor Pos?

PT Pos Indonesia (Persero) melaksanakan peresmian penggunaan nomor akses 1500161 sebagai nomor baru layanan contact center.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Ahlinesia, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar