Pengertian Guest Post

Pengertian guest post merupakan posting tamu maupun sebuah website yang telah membuka peluang bagi Anda yang bisa memposting artikel ke website tersebut. Di dalam website, Ada yang berbayar, ada juga yang gratis.

Anda bisa memilihnya sesuai kategori yang Anda inginkan. Menjadi seorang guest post ternyata bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah, Anda pun bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Dengan menjadi penulis guest post, maka akan menjadikan persahabatan Anda semakin terjalin dengan luas dan kuat. Selain itu, blog yang Anda miliki juga berkemungkinan besar mendapatkan trafik yang lebih tinggi dari para pengunjung blog hasil kerjasama Anda pada pemilik blog lain. Untuk menjadi seorang guest post, Anda bisa melakukannya dengan cara simple dan sederhana.

Apa itu Guest Post ?

Sebenarnya untuk untuk menjadi guest post ini sangatlah mudah dan sederhana. Anda hanya perlu melewati 5 prosedur atau tahapan yang akan dijelaskan berikut ini.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai pengertian guest post yang mana, menjadi guest post atau posting tamu, Anda bisa memanfaatkan website gratis maupun berbayar.

Namun sebelum menentukan pilihan tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin menjadi penulis guest post. Berikut ini cara menjadi guest yang berkualitas, yaitu:

1. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi

Menjadi penulis guest post, Anda diwajibkan untuk memiliki rasa percaya diri yang tinggi, terlebih lagi jika Anda menjadi guest post di website atau situs yang populer atau terkenal. Hal utama yang menjadikan kegagalan dari menjadi seorang penulis yaitu karena minimnya rasa percaya diri. Meskipun Anda ingin bergabung di website ternama, yakinlah bahwa Anda mampu.

Anda harus percaya diri pada diri sendiri bahwa menciptakan tulisan yang berkualitas sesuai kriteria website bisa Anda lakukan. Hilangkan perasaan takut atau minder maupun perasaan ditolak. Ada baiknya jika Anda menghargai karya Anda sendiri dan hilangkan rasa ragu-ragu. Jika memang Anda belum merasa yakin dengan tulisan Anda, periksa kembali lalu perbaiki setiap kesalahan dalam artikel.

2. Cari blog yang sesuai

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk menjadi guest post adalah dengan mencari blog yang nantinya akan dijadikan sebagai media penerbitan atau pengiriman konten artikel. Ada banyak website yang telah menyediakan tempat bagi para penulis tamu, dengan begitu Anda hanya tinggal mencarinya melalui search engine Google.

Setiap blog memberikan penawaran dari branding, backlink maupun fee. Namun sebelum memperhatikan hal tersebut, sebaiknya Anda menyesuaikan diri terlebih dahulu supaya apa yang Anda inginkan bisa tercapai. Pada kegiatan blogspot, biasanya website mengincar blog yang memiliki page rank tertinggi dan sudah mempunyai popularitas, karena dengan cara ini bisa mendapatkan manfaat dan keuntungan yang lebih banyak.

3. Perhatikan ketentuan guest post

Jika dirasa Anda sudah menemukan website sesuai dengan guest post Anda, langkah selanjutnya yaitu, Anda harus membaca dan memahami setiap peraturan dan ketentuan pada website tersebut. Dengan cara ini, maka akan lebih memudahkan Anda untuk bisa diterima serta mendapatkan manfaat maupun keuntungan dari aktivitas guest post itu sendiri.

Dari pengertian guest post, Anda harus megetahui bahwa, beberapa blog akan menyediakan tempat bagi para penulis lepas dan tentunya memiliki ketentuan dan peraturan yang tidak sama. Sebab itu, adanya syarat dan ketentuan yang telah diberikan harus benar-benar Anda pahami, supaya pekerjaan sebagai penulis guest post menjadi lebih menyenangkan dan tidak ada kendala apapun.

4. Konten artikel yang original

Penting untuk Anda pahami betul, bahwa tulisan yang akan Anda kirimkan harus benar-benar hasil karya Anda sendiri atau original. Semua blog atau website akan meminta Anda untuk tidak mengcopy paste hasil dari tulisan orang lain, tentu hal ini sama saja Anda menjadi seorang pencuri karena mengambil hasil karya yang bukan milik Anda sendiri.

Apabila Anda berani dan nekat melanggar peraturan ini, maka jangan heran apabila tulisan yang Anda kirimkan ditolak dengan mentah-mentah. Untuk memastikan bahwa artikel Anda bukan hasil dari copy paste, Anda bisa melakukan pengecekan plagiat melalui beberapa situs yang bisa Anda lakukan secara online dan secara gratis.

5. Kirim artikel

Apabila ke 4 langkah diatas sudah Anda lakukan, maka langkah selanjutnya yaitu dengan mengirim artikel pada blog yang telah disediakan. Pengiriman artikel pada biasanya dilakukan melalui email atau yang lainnya, karena hal ini tergantung permintaan dari pihak pemilik blog. Untuk bisa mendapatkan keuntungan dari guest blog adalah dengan mencantumkan nama penulis maupun url blog atau web.

Setelah itu, Anda hanya tinggal menunggu kabar dari hasil tulisan Anda. Apabila Anda diberikan kesempatan untuk ikut gabung menjadi anggota penulis guest post, maka pemilik blog akan secepatnya menghubungi Anda. Namun jika dirasa tulisan Anda belum sesuai yang diharapkan, maka jangan kecewa, karena Anda masih bisa memperbaiki kualitas tulisan Anda.

Hal Yang Akan Didapatkan Dari Menjadi Penulis Guest Post

Di balik dari pengertian guest post sebagai tamu posting, ternyata menjadi penulis guest post tidak hanya mendapatkan manfaat dan keuntungan saja. Akan tetapi Anda juga bisa mendapatkan pengalaman yang berharga dari pekerjaan Anda itu sendiri. Berikut ini pengalaman yang bisa Anda dapatkan, diantaranya:

Lebih banyak belajar

Ketika Anda menjadi seorang penulis guest post, Anda harus lebih banyak membaca supaya pengetahuan yang Anda dapatkan tersebut lebih banyak. Secara tidak langsung, hal ini mendorong Anda untuk belajar terus menerus. Dengan begitu pengetahuan Anda semakin luas serta Anda juga bisa mendapatkan pundi-pundi uang dari hobi menulis Anda tersebut.

Mengingat bahwa beberapa blog atau website menentukan beberapa konten dari berbagai tema, sehingga hal ini membuat diri Anda harus terus belajar mengenai banyak guest post artikel. Untuk memulai belajar, tidak perlu dengan cara yang meribatkan, karena Anda bisa mulai belajar dari berbagai sumber, salah satunya yaitu melalui internet.

Lakukan penelitian

Sebagai penulis guest post, bisa melakukan penelitian sebelum memutuskan terjun ke dunia blogging maupun menjangkau blog yang sudah Anda terbitkan. Anda harus melakukan penelitian, sehingga Anda tidak hanya mendaur ulang pada sebuah template, lalu menggunakan kerangka dalam membangun sebuah email.

Anda bisa menjadi penulis guest post di beberapa blog atau website dan bisa dilakukan lebih dari satu. Melalui cara ini, Anda akan mendapatkan pengalaman baru mengenai peraturan yang ada, bagaimana menjadi penulis yang baik dan berkualitas dan yang lainnya. Dari sini Anda bisa melakukan penelitian antara blog satu dengan blog yang lainnya. Cara ini akan membantu Anda berkembang jika ingin membangun blog sendiri

Seorang penulis blog ternyata tidak hanya mendapatkan pundi-pundi rupiah yang cukup besar, akan tetapi Anda pun juga bisa merasakan pengalaman menarik yang akan Anda dapatkan. Seperti pengertian guest post yang menuntut Anda untuk memiliki kemampuan yang handal